(pcs)

Bagian-bagian Komputer dan Fungsinya

Thursday, November 20th 2014.

Bagian-bagian Komputer dan Fungsinya

sebelum kita menjalankan komputer kita harus tau arti dari komputer. komputer adalah alat yang membantu meringankan pekerjaan penggunanya. komputer terbagi dalam 3 bagian penting yaitu terdiri dari perangkat input CPU (central processing unit), dan perangkat output. berikut ini saya akan menjelaskan bagian bagian pada komputer berserta dengan fungsinya,,,
1. Input Device
pada tahun 19990 input device hanya berupa keyboard saja.
perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse. dan untuk saat ini sudah ada input device berupa sentuhan jari atau sering kita sebut touch screen. namun pada umumnya input device pada komputer yang sering digunakan hanyalah mouse dan keyboard. input device berfungsi untuk memasukan data, baik berupa teks, foto, ataupun gambar ke komputer. seiring dengan perkembangan zaman input device bertambah dengan adanya scanner untuk memasukan gambar hasil kopian ke komputer. contoh input device adalah keyboard, mouse, light pen, dan scanner.
2. CPU
cpu merupakan induk atau pusat pomrosesan data dari sebuah perangkat komputer. didalam cpu juga terdapat komponen komponen yang saling berhubungan. berikut ini adalah komponen komponen yang ada pada cpu beserta fungsinya,,,
– VGA CARD
VGA card komponen yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.
tanpa VGA card layar komputer tidak akan menampilkan apa apa alias blank.
fungsinya untuk menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan design yang berbeda tergantung pihak manufaktur. untuk mendinginkan VGA card dibutuhkan kipas karna VGA card bekerja cukup berat.

– CASING
casing berfungsi untuk meletakan motherboard, power suplly, optical disc drive, hardisk, dll.
casing juga berfungsi melindungi bagian komponen lainnya didalam cpu dari debu, panas, air, dan kotoran.

– POWER SUPPLY
power supply berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.

– MOTHERBOARD
motherboard adalah tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lain yang saling berhubungan seperti processor, vidio card, sound card, dan hardisk.,motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi.

– PROSESOR
prosesor adalah alat yang berbentuk chip. chip ini berguna untuk proses berfikir dan logika sebuah perintah komputer. semakin tinggi kecepatan prosesor maka semakin cepat pula kinerja komputer.

– RAM
RAM berfungsi menampung data yang telah terproses oleh prosesor oleh prosesor sebelum dialirkan kebagian bagian yang membutuhkan. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan South Bridge pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah South Bridge yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

– HARDDISK
harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. semakin besar kapasitas harddisk, semakin banyak pula data yang disimpan. satuan kapasitas harddisk adalah byte. fungsi utama dari harddisk merupakan tempat untuk menyimpan data.
3. OUTPUT DEVICE
output device berfungsi untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif. uotput device terdiri dari layar monitor, printer, dan LCD proyektor.

 

Input device :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Joystick
5. Light pen
6. Ocr scanner
7. Image scanner
9. Digitizer
10. Voice recognition
11. Touch screen
12. vidio player
13. kamera

out device:
1. speaker
2. monitor
3. printer

perferal:
1. network card
2. modem
3. midi

storage device:
1. disket
2. hard disk
3. CD-room
4. opticaly disk
5. PCMCIA card
6. USB flash disk
7. cartridge

komponen inti CPU:
1. prosesor
2. RAM
3. ROM

Rp (Hubungi CS)
Rp 1.800.000
Rp 6.800.000
Rp 2.450.000
Rp 5.500
Rp 5.750.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage