Thursday, February 13th 2014.

Pada dasarnya setiap benda apapun yang kita miliki dan yang kita pergunakan sehari-hari pasti membutuhkan perawatan. Seperti sepeda motor contohnya untuk perawatannya harus kita rawat dengan cara mengganti oli, busi dan beberapa mesin lainnya dalam priode masa tertentu. Begitu juga dengan Cash Register/mesin kasir, berikut ini tips untuk merawat Cash Register/mesin kasir :

Paket Komputer Kasir

 

Tips Dalam Merawat Cash Register/Mesin Kasir

Peralatan yang kita miliki akan lebih awet bila kita melakukan perawatan. Sering juga kita menggunakan barang/mesin yang mungkin kita tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Berikut cara-cara atau tips dalam merawat cash register/mesin kasir.

TEGANGAN :

Pastikan kabel listrik menancap ke stop kontak dengan rapat. Jangan menancapkan pada stop kontak yang longgar. Karena pada kondisi tertentu bisa merusak bagian power supply Cash Register/ Mesin Kasir.

>  Jangan menggabung atau jadikan satu antara Cash register dan peralatan elektronik yang derdaya besar dalam satu titik stop kontak.

>  Tegangan kerja adalah 220 Volt ± 10%

>  Gunakan Stavolt (stabiliezer voltage) apabila kondisi tegangan sering naik – turun. Stavolt yang bagus biasanya menggunakan motor.

>  Apabila terjadi listrik tiba-tiba mati, segera cabut colok listrik nya.

>  Biarkan listrik menyala beberapa saat ± 1menit terlebih dahulu, lalu Tancap kembali listriknya. Ini perlu sekali di lakukan guna menghindari kejutan pada listrik yang baru menyala.

PERAWATAN FISIK :

Dalam jangka periode pemakaian yang lama biasanya mesin sudah mulai kelihatan kotor, debu sudah mulai masuk ke sela-sela keyboard, casing terlihat kotor, berikut beberapa cara utuk membersihkannya :

*  Gunakan lap yang lembut, basahi sedikit dengan air yang sudah di kasih sabun pembersih (rinso), jangan sampai ada tetesan. Tidak dianjurkan menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol…!!

*  Matikan power Cash Register/Mesin Kasir dan Cabut kabel listriknya.

*  Bersihkan/Lap bagian luar (chasing) sampai merata.

*  Jangan membersihkan/lap bagian keyboard dan printer di kawatirkan lap terlalu basah yang memungkinan bisa menetes dan masuk ke dalam sele-sela keyboard dan printer. Ini bisa merusak Cash Register anda.

*  Ambil lap kering dan sedikit basah, lalu lap bagian yang telah di usap dengan cairan pembersih.

*  Untuk bagian keyboard dan printer sebaiknya dibersihkan menggunakan kuas yang bersih. Atau dengan menggunakan semprotan angin (memakai blower), apabila anda tidak ada blower bawalah Cash Register anda ketempat tambal ban yang ada kompresor. Tiupkan anginnya ke sela-sela keyboard dan printer.

*  Sebelum di tiup angin, lepas kertas pada printer, dan biarkan printer keadaan terbuka.

Itulah cara sederhana yang bisa membuat Cash Register anda akan selalu terlihat seperti baru.

BATTREY BACKUP (BATTREY MEMORY)

Pada Cash Register/Mesin Kasir dilengkapi dengan Battrey memory. Jadi, semua data menu dan data program beserta data laporan disimpan dalam memory (RAM) yang dijaga oleh battrey memory. Pada Cash Register Sharp battrey memory biasa ditempatkan di pojok dekat printer. Type batrey AA biasa. Battrey ini pada masanya bisa habis/rusak yang bisa berakibat seluruh data akan hilang (clear-all). Bila ini terlanjur terjadi, data anda tidak akan bisa di kembalikan alias anda harus input kembali datanya satu per satu.

Bagaimana antisipasi agar data tidak sampai hilang..??

Indicator “low-battrey” akan muncul di layar pada saat power battrey memory sudah mulai berkurang. Disinilah saat anda harus mengganti battrey tersebut dengan battery yang baru.

Caranya adalah :

*  Biarkan Cash Register/Mesin Kasir anda tetap kondisi menyala

*  Buka tutup battrey memory (tempat batrey berada di dekat printer)

*  Ambil/lepas battrey tiga-tiganya

*  Ganti battrey dengan yang baru, gunakan type battery Alkaline untuk kekuatan lebih lama

*  Pasang kembali penutup battrey nya.

Ingat…..!!!

Jangan memasang battrey dengan keadaan Cash Register mati.

Biarkan Cash Register anda menyala pada saat penggantian battery.

 

Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,  Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

CS2 – Telp/SMS/WA : 081369101014
CS3 – Telp/SMS/WA: 081259417100

Printer Mobile Bluetooth Kassen MT200A Auto Cutter

13%

Rp 1.400.000 1.600.000
Rp 3.400.000
Rp 2.800.000
Rp 2.500.000
Rp 4.600.000
Rp 1.000.000