(pcs)

Tanya Jawab tentang Software Toko

Friday, June 20th 2014.

 Kembali ke Software Toko

Beberapa hal yang sering ditanyakan untuk Software Toko iPOS4.0 yang kami rangkum diantaranya :

Q : Berapa harga Software Toko?

A : Software Toko dijual dengan harga Rp. 750.000 / lisensi. Setiap 1 lisensi dapat diaktivasi sebanyak 3x, baik pada komputer yang sama maupun komputer yang berbeda.

Q : Apakah Software Toko yang dijual Asli dan unlimited?

A : Software Toko yang kami jual 100% Asli, dan sebagai garansinya kami memberikan dukungan support system dan konsultasi gratis kapan pun sepanjang Anda membeli software toko dari Kios Barcode.

Software yang dijual adalah unlimited, dalam arti dapat digunakan sampai kapan saja sepanjang komputer tidak diinstall ulang setelah melakukan aktivasi. System restore juga dapat mengakibatkan hilangnya aktivasi software, jadi harap memastikan komputer Anda selalu dalam keadaan yang baik.

Q : Apakah Software Toko ada tutorialnya?

A : Setiap pembelian Software Toko di Kios Barcode, kami memberikan BONUS Gratis video tutorial installasi dan penggunaan Software Toko. Kami juga memberikan bonus tambahan Tutorial berbentuk ebook yang berisi detail cara installasi dan penggunaan software toko.

Q : Apakah ada layanan untuk training software toko?

A : Layanan training/workshop untuk installasi dan penggunaan software toko kami berikan dengan tambahan biaya Rp. 1.000.000,- untuk wilayah Jabodetabek. Training/workshop dilakukan selama satu hari dengan durasi 4-5 jam. Jumlah peserta training/workshop dalam satu sesi maks 5 orang.

Untuk di luar wilayah Jabodetabek ada tambahan biaya transport dan akomodasi, silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Q : Spesifikasi Minimal Software Toko apa saja?

A : Software Toko dapat berjalan dengan baik di komputer dengan spesifikasi minimal sbb:

  •  Pentium 4; 1 Ghz/setara
  •  Memory min. 512Mb
  •  Windows XP,Vista, 7, 8
  •  Minimum .NetFramework 2.0 SP2
  •  Standalone/client server

Q : Pada Modul KASIR, printer apa yang support ketika mencetak bukti kasir?

A: Mencetak bukti Kasir gunakanlah printer dot matrix / mini printer seperi Postronix TX-250, Epson TMU, Epson LX 310, Postronix R-80, Postronix TX-99, Epson TM-T81

Q : Apakah Software Toko iPOS4.0 dapat diakses dalam jaringan LAN/WiFi?

A: Ya, Software Toko iPOS4.0 dapat diakses dalam LAN/WiFi, dengan catatan masing-masing PC sudah terinstal dan teraktivasi Software Toko iPOS4.0

 

Q : Pada jaringan LAN, berapa maximal user yang dapat online untuk mengakses satu database yang sama?
A: Maximal 10 user agar optimal.

Q : Saya sudah mengaktivasi Software , tapi kenapa tiba-tiba aktivasinya hilang dan software dianggap trial?
A: Pastikan PC/komputer Anda tidak terinstal Deep Freeze, jika ada, uninstal terlebih dahulu Deep Freeze & restart PC Anda. Ulangi proses  aktivasi.

Q : Usaha saya memiliki sekitar 30.000 kode item. Apakah Software Toko iPOS4.0 mampu menampung database sedemikian besar? adakah batasan maximal pada Software ini?
A: Pada database iPOS4.0 tidak ada masalah untuk 30.000 item, namun pastikan server database juga memiliki kapasitas harddisk, memory, dan prosesor yang besar pula.
Q : Disebutkan bahwa Software Toko iPOS4.0 mampu berjalan di jaringan LAN dan WiFi. Berapa jarak maximal LAN dengan kabel atau dengan WiFI untuk Share data pada iPOS4.0 ?
A: Hal ini tergantung pada kualitas instalasi jaringan. Jika Kabel yang dipakai berkualitas baik/kualitas 1 , maka bisa sampai 100meter . Lalu tambahkan switch agar bisa menjangkau 100meter lagi. Dan seterusnya.

Pada Wifi akan bergantung pada kualitas sinyal radio. Jika dapat sinyal bagus tentunya koneksi akan semakin bagus dan cepat.

Q: Untuk printer barcode type/merk apa yang sebaiknya dipakai?
A: saat ini sudah dicoba pakai printer Barcode TSC TTP 244 Plus, Argox OS214Plus, Zebra TLP-2844 . Untuk merk dan type lain bisa dicoba dari sisi user. Jangan lupa minta pendampingan/tutorial/penjelasan yang lengkap dari penjual Printer barcode tersebut.
Q : Setelah melewati menu login/masuk ke menu login,pada daftar item muncul Error Message : “Maaf Program Gagal Memproses Data . Pesan Error: ERROR 58P01,could not access $libdr/plpgsql. No such file directory” . Bagaimana hal ini bisa terjadi?
A: Error tersebut keluar karena ada library yang tidak bisa diakses/terhapus. Terhapus di sini bisa secara tidak sengaja, sengaja, ataupun oleh antivirus.
Folder tersebut letaknya di  ipgsql/lib . Oleh karena itu jangan mengubah semua isi dalam folder ipgsql (baik folder di hidden atau proteksi security) .

Solusi atas permasalahan ini adalah :
-Backup database
-Uninstall Database
-Instal ulang database IpSQL dari CD/link download
-Restore database yang tadi di backup

Q: ketika ingin memulai installasi,muncul : installer integrity check has failed.Common causes include incompete download and damaged media.Contact the installer’s author to obtain a new copy.More information at:http//nsis.sf.net/NSIS_Error.
 Bagaimana solusinya?

 

A:Jika di install tidak bisa juga kemungkinan disebabkan oleh hal berikut ini :

-Fisik CD dalam keadaan rusak, atau
-Head DVD/CD rom sudah lemah, tidak bisa membaca.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan installernya.

Q: Apakah keuntungan bersih dari penjualan kasir harus kita input di kas masuk?

 A: Tidak,klik proses bulanan,nanti laba langsung di jurnal ke akuntansi untuk mendapatkan laba rugi.

 Q: Berapa maximal jenis + data item yang diinput?
A: Tidak ada batasan. Jika data barang diatas 150ribu & transaksi diatas 500/hari,sebaiknya pakai server dengan Intel Xeon,prosesor & harddisk yang besar dilengkapi UPS dan beberapa  peralatan pendukung lainnya

Q: Berapa maximal kode item barang , kode supplier dan kode pelanggan yang dapat dibuat?
A: Untuk kode item barang maximal 90 karakter; Untuk panjang kode supplier/pelanggan/supplier : 40 karakter

Q:  Apakah bisa struk kasir di ubah ukurannya?

 A: Tidak,karena memakai mini printer,dimana ukuran kertasnya/struk kasir 40 kolom atau 32 kolom. Lihat di menu pengaturan->Mini Printer.

 Q: Saya sudah membuat stok opname di Tahun 2012 tapi stok fisik tidak sesuai ketika cek di kartu stok,Bagaimana solusinya?
A: Sesudah menyimpan stok opname,lalu klik PROSES DATA->PROSES BULANAN->CHEKLIST PERBAIKAN STOK->KLIK PROSES.

Q:   Apakah bisa cetak struk kasir dengan menggunakan printer LX300 dan kertas struk kasir?

A: Bisa.

Q: Ketika mencetak struk bukti penjualan Kasir , printer dot matrik tidak mau mencetak, padahal  dengan Software sebelumnya sebelumnya kami biasa mencetak . Bagaimana solusinya?
A:  Pastikan bahwa komputer Anda sudah tersetting dengan benar printer dot matrik tersebut . Periksa dari menu Control Panel -> Printer & Faxes (pada Windows XP) . Jika printer tersebut belum tercantum di list default Printer, lakukan Add Printer/instal CD driver dari printer tersebut.

Setelah Printer sudah diset as default pada komputer Anda, login ke  Software Toko iPOS4.0 . Klik Pengaturan -> Mini Printer . Pada kolom printer pilih printer dot matrix/mini printer Anda.

Q: Ketika mencetak struk bukti kasir,  kolom sebelah kiri terpotong sehingga tulisan tidak lengkap. Padahal kami sudah memakai ukuran struk kasir yang sesuai ( 32 kolom / 40 kolom) . Bagaimana settingannya?
A: Coba pilih Format Text dalam keadaan DRAFT CONDENSED . Settingan ini ada di menu Software Toko iPOS4.0 Pengaturam -> Mini Printer .

 Q: Jika Jarak antar Toko sekitar 50 meter koneksi apa yang sebaiknya saya pakai dan apakah optimal?
A: Untuk Koneksi jaringan bisa pakai kabel LAN / WiFi, jarak 50 meter pada ipos 4 bisa optimal. Keoptimalannya juga dipengaruhi oleh faktor sinyal WiFi dan bagus atau tidaknya installasi kabel LAN.

Q: Kenapa sisa stok bulan lalu tidak bisa masuk ke bulan sekarang,  Bagaimana solusinya?
A: Yang harus Anda lakukan Adalah :

1. Masuk ke Menu Proses data
2. Pilih Proses Bulanan
3. Pilih Periode Bulan dan Tahunnya. dalam contoh ini, Pilih Bulan Januari dahulu
4. Klik Proses
5. Tunggu sampai Proses selesai
6. Masuk Kembali ke Proses Data
7. Proses Bulanan (pilih bulan berjalan) dalam contoh ini, Pilih Bulan Februari
8. Centang Perbaikan Stok
9. Klik Proses
10. Periksa di Daftar Item atau kartu Stok

 

Q:  Pada menu Pengaturan -> Pengaturan DB  terdapat menu Vacuum . Apa fungsi Vacuum Database?

A : Fungsinya untuk mengcompact dan merepair database

Q:  Bagaimanakah cara mencegah file iPOS 4.0 yang di anggap virus?

A : File iPOS 4.0 akan dianggap virus oleh beberapa Antivirus seperti NOD32, Kaspersky atau yang lainnya. Pada kenyataannya file Exe iPOS 4.0 bukanlah virus, file tersebut dianggap virus oleh antivirus karena program iPOS 4.0 di Enkripsi agar program tidak bisa di bongkar oleh para hacker yang biasa membajak program.

Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mencari Artikel tentang pengecualian File saat scanning pada masing-masing antivirus.

 Q:  Pada awal penggunaan Software Toko iPOS4.0 , saya sudah input Saldo Awal Stok Item, tetapi pada Neraca , nilai Saldo Awal Stok Item belum masuk.
Bagaimana caranya agar Nilai Saldo Awal Stok Item bisa terinput di Neraca?

A :  Klik menu Akuntansi -> Saldo Awal Perkiraan. Akan terlihat tabel akuntansi AKTIVA dan Kewajiban + Modal .

Pada tabel Aktiva, jika kode akun 1-1301-Persediaan Barang masih bernilai nol, klik tombol Cek Saldo Awal (di bagian bawah tabel) . Maka nilai Saldo Awal Item akan terinput pada kode akun 1-1301-Persediaan Barang .
Balance-kan dengan Kewajiban + Modal agar nila tabel Aktiva=Kewajiban + Modal .

Klik Simpan jika tabel Saldo Awal Perkiraan sudah balance.

Klik Proses Data Bulanan

Cek Laporan Neraca untuk melihat Nilai Aktiva Persediaan Barang.

Q:  Bagaimanakah cara memasukkan penyusutan kendaraan pada iPOS 4.0 ?

A : Untuk penysutan jika akan di input di saldo awal per tanggal 1/3/2012.
Maka yg diinput hanya sisa penyusutannya dan jumlah nilai akumulasi penyusutannya saja.
Contoh Perusahaan A, Memiliki Kendaraan Januari 2010, dengan harga 100.000.000, dengan penyusutan tetap per tahun.
Akhir tahun 2010, disusutkan 20.000.000, sisanya 80.000.000
Akhir tahun 2011, disusutkan 20.000.000, sisanya 60.000.000
Jadi pada saat mulai menggunakan program ipos, per tanggal 1/3/2012
Maka di saldo awal diisi
Kendaraan                                             60.000.000
Akumulasi penyusutan kendaraan -40.000.000

Gambar ada di bawah.

Sehingga penyusutan tahun-tahun sebelumnya memang tidak akan tampil dalam program karena periode mulai akuntansinya adalah 1/3/2012.
Untuk penyusutan tahun sebelumnya dilihat di catatan manualnya (buku akuntansinya / laporan manual yang di miliki perusahaan).

 

Q: Ketika saya klik Print transaksi, muncul pesan :

Maaf gagal memproses berkas. Pesan Error : There are following error in script(s): line 0, column 0:error CS0009: Metadata file ‘c:WinsowsassemblyGAC_64System.Web2.0.0.0_b03f5f7f11d50a3aSystem.Web.dll’ could be opened — ‘No metadata was found.’

Bagaimana Solusinya ?

A: Berikut solusi mengenai error printing transaksi.

  1. Buka Faktur Penjualan yang akan diprint. Klik tombol CETAK (sebelumnya
    transaksi tersebut sudah ada status pembayaran , apakah Kredit atau Tunai,
    lalu SIMPAN) .
    2. Pada Pilihan Faktur Jual mana yang akan dicetak, pilih salah satu, misal
    Faktur Jual 1. Setelah dipilih , klik tombol DISAIN.
    3. Muncul Design Report.
    4. Pada tab bagian tengah , cari tombol bertuliskan SCRIPT dan Klik . Saya
    beri warna merah pada capture terlampir.
    5. Hapus tulisan script yang tertera di situ.

Q : Untuk mencetak bukti penjualan Kasir, apakah bisa dengan printer Inkjet / Laser? 

Bisa, namun bentuknya Faktur (bukan struk/kertas roll), berikaut caranya :

  1. Klik Tab Pengaturan
  2. Klik Setting Mini Printer
  3. Pada Mode Printer pilih : PRINTER UMUM / Back Office
  4. Simpan.

Q:  Ketika mencetak laporan Laba Kotor Jual Rekap, terlihat harga pokok yang tidak sesuai dengan settingan awal sehingga menimbulkan kerugian.
Kenapa hal ini terjadi?

A: Penyebabnya bisa bermacam-macam, tergantung kasus. Secara umum , hal ini bisa terjadi karena ada perubahan harga pokok pada bulan tertentu (bulan sebelum saat ini) tetapi belum melakukan Proses Data Bulanan, sehingga pada laporan saat ini dianggap memakai harga pokok yang lama sehingga minus.  Analisa ini dapat dilihat dengan memanfaatkan fitur Analisa Laba Jual Detail yang ada di menu LAPORAN – > Laba Jual -> Analisa Laba Jual Detail. Lalu tentukan tanggal dan kode barang yang ingin dianalisa.

Q: Pada Software Toko iPOS4.0 terdapat beberapa menu baru yang saya temui di Pengaturan -> Pengaturan DB yaitu Vacuum Standard, Vacuum Full,Patch,Reindex. Bisa dijelaskan ini maksudnya apa ya?
A:  Vacuum Standard :  pembersihan sampah (cache yg tidak dipakai lagi) yang ada di database mode standar, prosesnya lebih cepat.
Vacuum Full : sama fungsinya seperti Vacuum Standard, dimana prosesnya lebih lama.
Re-Index: Untuk membuat index database, biasanya untuk database yang sudah banyak datanya. fungsinya mempercepat database
Patch Database : untuk memperbaiki database, kasus tertentu saja (atas arahan dari admin inspirasi)
**** vacuum = repair/compact database

Q: Apakah yang dimaksud Analisa Laba Jual Detail yang terdapat di menu Laporan -> Laba Jual ?
A : Analisa Laba Jual : untuk mengetahui jumlah laba penjualan per item. Beserta untuk mengetahui dari mana datangnya harga pokok tersebut

Q: Apakah fungsi dari  Analisa Jurnal Tidak Seimbang yang terdapat di menu Laporan -> Data Jurnal ?
A : Analisa Jurnal Tidak Seimbang berfungsi untuk mengetahui debet dan kredit pada jurnal yang totalnya tidak sama, ini akan mengakibatkan kesalahan pada perhitungan Neraca

Q : Kami mengalami eror ketika proses bulanan. Ada pesan : error :42883 : function Prosesjurnaltrs_pesanan(integer, integer, integer) does not exist.Bagaimana solusinya?
A : Solusinya yaitu :
1. Backup database.
2. Instal Update program.
3. Buka program, buat database baru.
4. Restore Database dari point 1. Saat restore pastikan sudah tidak ada error.
5. Setelah restore program berhasil. Tutup Program
6. Buka program. Proses ulang

 Q : ipos 4.0 tidak dapat connect ke database server setelah instal ulang windows xp?

A : alternatifcoba ketik IP

  •  iPos 4 databasenya Postgree.
  • Jadi Beda sistem database, database pun tidak bisa digabungkan.
  •  iPos 4 dengan sistem Sharing Protocol TCP/IP.
  •  Jadi database iPos 4 tidak bisa di dengan metode File Sharing.

Q : Bagaimana cara mengcopy data ke komputer 1 ke komputer lainnya?
A : Dapat mengikuti step by step dibawah ini :

Cara Copy Folder Database iPos 4.0 ke Komputer Lain .

Untuk mengcopy data dari Komputer A ke Komputer B :

1. Pada Komputer A
Ambil folder “data” dari tempat instalasi database :
Umumnya di c:ipgsql atau d:ipgsql, simpan folder data pada Flashdisk

2. Pada Komputer B (Point/Nomor 2 dan seterusnya)
    Instal Database iPos 4.0 letakan pada drive D: atau drive non system.

3. Masuk ke Control Panel->Administrative Tools->Services
Klik 2x Services

4. Carilah Service “iPgSQL”

5.  Klik 2x service “iPgSQL” maka akan tampil seperti dibawah,
Setelah itu klik tombol Stop.

6. Setelah service di stop (Pada Komputer B), dan agar tidak terjad
kesalahan maka rename dulu folder “data” menjadi“data_lama”
yang ada di komputer B
Seperti Gambar dibawah :

7. Setelah di rename maka copy folder “data” dari Flashdisk ke tempat instalasi database, seperti gambar dibawah :

8.  Setelah selesai di copy anda kembali buka Control Panel->Administrative Tools->Services
9. Cari Service “iPgSQL”
10. Klik 2x Serive “iPgSQL”
11. Klik Start, seperti gambar dibawah :

(Gambar kanan menunjukan service telah berhasil running dengan status “Started”)

12.    Jalankan program iPos 4.0 cek database.

Konfigurasi penting Penting Apabila :
Komputer A Windows Vista/Win7 dan
Komputer B XP, sbb : (jika windows sama maka abaikan ini)

 

  1. Edit File “pg_hba.conf” yang ada pada folder “c:ipgsql” atau “d:ipgsql”
    Gunakan notepad.
  2. Pada baris ke 2 Tabahkan tanda “#” didepannya, seperi berikut :
    host    all        all        0.0.0.0            0.0.0.0            md5
    #host  all        all        ::          ::          md5
  3. Simpan File.

 

Cara Mengetahui Database iPos 4.0 Aktif atau Tidak

Apabila Database Program Toko iPos 4.0 tiba-tiba tidak dapat diakses kemungkinan service database tersebut dalam keadaan tidak aktif atau mati.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab database tidak bisa aktif :

  • Diblokir oleh antivirus
  • Database terhapus secara sengaja atau tidak sengaja
  • Program database rusak
  • Program database terkena virus

 

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui status database aktif atau tidak :

  1. Klik Tombol Start Windows
  2. Klik Control Panel
  3. Cari Administrative Tools (Win XP)
    Cari System and Maintenace, klik Administrative Tooks (Win 7)
  4. Klik Services
  5. Cari Service dengan nama “iPgSQL” kemudian klik 2x
  6. Kemudian Lihat status servicenya.

7. Klik tombol Start, kemudian tunggu informasi statusnya.
Apabila status berubah menjadi “Started” maka Database bisa aktif kembali
Apabila ada pesan error maka database tidak bisa dijalanlankan, silahkan kirim informasi error tersebut.

 

Restore Database iPos 4.0 yang benar.

Berikut ini adalah cara restore database yang benar :

  1. Masuk ke menu Pengaturan->Restore Database
  2. Klik Browse kemudian Pilih file backup
  3. Tunggu sampai proses selesai.
  4. Setelah selesai cek Informasi proses, dengan klik tombol “Info Proses”
  5. Apabila terdapat info Error seperti diatas “WARNING: error dan seterusnya…” maka lakukan proses restore database lagi sampai tidak ada error. Seperti gambar dibawah :
  6. Setelah info proses tanpa error maka anda harus TUTUP PROGRAM dahulu, kemudian buka kembali.

 

Software Toko Ipos 4.0

Program Toko Ipos 4.0

 

Cara setting Ukuran Kertas Nota/Bukti/Laporan pada Program Toko iPos 4.0

Berikut ini adalah cara untuk mengatur Ukuran kertas Nota/Bukti/Laporan pada Program Toko iPos 4.0. Untuk mengganti/mendisain ukuran kertas maka anda harus aktivasi terlebih dahulu.

  1. Buat sebuah transaksi yang akan diedit. Contoh adalah : Transaksi Penjualan
  2. Klik tombol Cetak.
  3. Pilih Nota/Bukti yang akan di edit, Contoh : Faktur Jual 1
  4. Klik tombol Design
  5. Window Design Report akan tampil
  6. Carilah panel Property Grid pada bagian Kanan Bawah, seperti gambar dibawah ini :
  7. Terdapat Combo Box, pilihlah “xReport Report”, seperti gambar dibawah :
  8. Carilah Pengaturan Property dengan Nama “Page Setting”, seperti gambar dibawah :
  9. Ubahlah jenis kertas pada “Paper Kind”
  10. Jika menggunakan ukuran sendiri seperti ½ letter maka ubahlah “Paper Kind” menjadi “Custom”Kemudian setting ukuran kertasnya sebagai berikut :
    Pada Paper Height : 1397
    Pada Paper Width : 2159
    Lihat gambar dibawah ini :
  11. Kemudian simpan Report, dari menu File->Save

Keterangan :
1.    Design Report ini tidak berlaku pada nota kasir.
2.    Design Report bisa digunakan setelah Akltivasi.

 

 

Menggunakan IPOS 4.0 Pada Jaringan Pada Windows 7 Sebagai Server Database

Berikut ini adalah cara untuk setting jaringan pada Windows 7 (Pada Bagian Server) :

  1. Instal Program iPos 4.0 pada Windows 7.
  2. Instal Database iPos 4.0 pada Windows 7.
  3. Buka Program Toko 4.0 / iPos 4.0, kemudian buat database baru.
  4. Klik tombol Start Windows->Control Panel->System and Security
  5. Kemudian klik “Windows Firewall”
  6. Klik “Advance Setting“
  7. Akan tampil “Windows Firewall and Advance Setting”,
    Kemudian klik “Inbound Rules”
  8. Lalu klik “New Rules”
  9. Akan tampil “New Inbond Rule Wizard”
    Pada “What type of rule would you like to create?
    Pilihlah “Port

 

 Kembali ke Software Toko

Rp (Hubungi CS)
Rp 5.950.000
Rp (Hubungi CS)
Scanner Barcode Scanlogic CS 6200-2D

5%

Rp 4.200.000 4.400.000
Rp (Hubungi CS)
best
Barcode Scanner Postronix 2D Pro

16%

Rp 2.950.000 3.500.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage