(pcs)

Inilah Jenis-Jenis Perangkat Kasir

Friday, January 20th 2017.

Pengertian Komputer Kasir

Komputer kasir adalah jenis mesin kasir yang sudah menggunakan platform komputer. Berbeda dengan mesin kasir tipe cash register yang mempunyai banyak keterbatasan, mesin kasir jenis komputer kasir menawarkan fleksibilitas dan kapasitas penyimpanan yang tidak dibatasi. Komputer kasir mempunyai dua bagian yang sama-sama penting, yaitu hardware komputer kasir dan software program kasir.

Jenis Komputer Kasir

Komputer kasir terdiri dari modul-modul yang terpisah, namun untuk penempatannya biasa berdekatan sehingga seperti satu kesatuan. Pemisahan modul ini dengan alasan, jika terjadi kerusakan pada satu modul, anda tinggal mengganti untuk modul tersebut saja dan modul lain masih tetap dapat berfungsi secara baik. Ada banyak merek komputer kasir yang terkenal yaitu Postronix. Jika anda merasa membeli satu merek terlalu mahal, anda bisa menggabungkan modul satu dan lainnya. Misalnya menggunakan CPU mesin kasir merek Postronix dan mengkombinasikan dengan printer kasir Epson.

Ada beberapa modul yang biasanya dijumpai pada komputer kasir yang umum digunakan, yaitu :
– CPU kasir
– LCD atau POS display
– Printer kasir
– Laci uang atau cash drawer
– Customer display
– Barcode Scanner adalah mesin pembaca barcode

 

 

Modul Software Toko

Selain hal di atas tersebut, program kasir juga memegang peran yang sangat penting. Program kasir menentukan keakuratan dan kelengkapan dari fitur yang dimiliki oleh komputer kasir.

Software kasir  dari kami yaitu Program Toko Ipos 4.0.4.2 sudah sangat terbukti baik dan lengkap dari sisi fitur, kemudahan operasional, serta kehandalannya. Kebanyakan pelanggan kami beralih dari Program lain ke Program Ipos4. Sebelum anda menentukan pilihan program kasir yang terbaik, sebaiknya anda meninjau langsung atau menanyakan referensi kepada pemilik usaha yang sudah memakai software tersebut.

 

 

 

 

 

Penjelasan Komputer Kasir

CPU Kasir

CPU Kasir dapat disebutkan seperti fungsi otak dalam sebuah komputer kasir. anda bisa menggunakan komputer biasa untuk difungsikan sebagai komputer kasir. Namun hal yang perlu diingat adalah tingkat kehandalan komputer kasir. CPU biasa pada umumnya dirancang untuk digunakan dalam pemakaian standar, dan bukan untuk toko yang buka secara hampir 24 jam non-stop.

Bukan spesifikasi tinggi yang dibutuhkan, namun stabilitas kinerja, manajemen suhu panas prosesor suhu panas biasanya menyebabkan in-efisiensi dan menyebabkan komputer kasir hang, distribusi power-supply untuk mencegah kerusakan data karena tegangan, dan banyak faktor lain. Tidak ada salahnya anda mencoba melakukan komparasi sebelum anda memutuskan membeli CPU komputer kasir. Komputer kasir Postronix adalah salah satu yang bisa anda pertimbangkan. Dengan harga yang bisa dijangkau, komputer kasir ini salah satu mesin kasir terhandal yang kami rekomendasikan.

LCD

Untuk tampilan display atau layar, anda dapat menggunakan jenis LCD yang berdaya listrik rendah dan memiliki radiasi yang rendah. Jika anda menginginkan tampilkan yang kecil dan ringkas POS LCD 10″, Untuk alternatif murah dan cukup baik, anda bisa memilih layar LCD LED LG yang berukuran 16″

 

 

 

 

 

Printer Kasir

 

Printer kasir atau disebut juga dengan istilah mini printer, printer struk. Printer kasir atau printer mini banyak dipakai untuk usaha retail. Sesuai dengan namanya, printer mini berukuran kecil yang berarti memakan sedikit ruang sehingga sangat cocok digunakan di toko anda.

Printer kasir juga mempunyai kecepatan cetak relatif lebih tinggi dibanding dengan printer biasa. Hal ini akan mengurangi antrian di kasir. Keunggulan lain dari printer kasir adalah menggunakan kertas roll. Dengan kertas roll maka pemakaian kertas menjadi fleksibel. Misalnya untuk pelanggan yang membeli sedikit item maka struknya akan pendek, sebaliknya jika membeli banyak item maka struknya juga akan panjang. Ini berbeda dengan pemakaian kertas sheet/lembar dimana minimal pemakaian kertas adalah 1 lembar. Klik disini untuk melihat printer kasir

 

 

 

 

Cash Drawer

Laci uang atau cash drawer berguna untuk menyimpan uang saat terjadi transaksi di toko. Cash drawer dapat diprogram untuk dapat membuka otomatis saat terjadi transaksi pembayaran pada counter kasir. Cash Drawer Postronix ini hampir setiap program kasir sudah dapat support untuk fitur ini.

Untuk cash drawer, pastikan anda memilih jenis laci uang yang terbuat dari bahan metal. umumnya bahan dari metal lebih kuat dari plastik/ABS. Ini juga termasuk penjepit uang kertas yang sebaiknya juga terbuat dari metal. Penjepit uang kertas yang terbuat dari plastik cenderung lebih mudah patah dan rusak, apalagi mengingat pemakaian cash drawer oleh SDM.

 

 

Customer Display

Untuk konsep toko, dimana kasir dan pembeli saling berhadapan, maka pembeli atau pelanggan anda akan mengalami kesulitan untuk melihat tampilan di layar display LCD dari kasir anda. Terkadang pelanggan lebihmenyukai jika mereka bisa melihat apa yang dikerjakan kasir anda sehingga pelanggan merasa yakin dia terlayani dengan harga dan jumlah yang benar. Untuk kasus seperti ini dibutuhkan display yang menghadap ke pelanggan dan ini disebut dengan istilah customer display.

 

 

 

 

 

 

Demikian jenis-jenis komputer kasir, jika anda ingin tau produk kami klik disini atau anda bisa hubungi kami di bawah ini. Terima Kasih sudah berkunjung.

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07
Jl. Raya Kaliabang / Jl. Lingkar Utara
Harapan Baru – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929, (021)2520 98746
Suryo

Telp/SMS/WA : 0811162689

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014
BBM PIN : 290CAFAC

Risya

Telp/SMS/WA : 081369101064
BBM PIN : 59FCB23B

 

Rp (Hubungi CS)
JUAL PERANGKAT KOMPUTER KASIR (PAKET B)

6%

Rp 7.600.000 8.100.000
Rp 300.000
Rp 3.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage