(pcs)

Langkah Pembuatan Database

Tuesday, December 1st 2015.

LANGKAH PEMBUATAN DATABASE

Berikut ini langkah-langkah pembuatan database sistem penjualan barang menggunakan Microsoft Access 2007:

  1. Klik tombol Start→ pilih Program→ Microsoft Office→ Microsoft Access 2007.

langkah 1

2.  Klik File→ New→ pilih Blank Database.

 

langkah 2

3.  Beri nama file database tersebut dengan nama penjualan.mdb dan klik Create untuk menyimpan file database baru tersebut pada direktori kerjaa anda.

 

langkah 3

4.  Dibawah ini tampilan awal hasil pembuatan database. Langkah selanjutnyaklik Create table in Design View untuk pembuatan tabel baru pada database tersebut.

langkah 4

5.  Untuk desain tabel pertama, yakni tabel login dimana tabel ini berfungsi sebagai pengolah akses login untuk setiap user yang akan menggunakan program penjualan. Dibawah ini hasil pengisian field dan konfigurasi nilai pada field-field pada tabel tersebut.

1langkah 5

6.  Selanjutnya tabel yang akan dibuat adalah tabel barang. Sekarang lakukan langkah-langkah sebelumnya seperti pada pembuatan tabel Login kemudian konfigurasi nilai field-field yang ada dalam daftar nama field pada tabel barang seperti dibawah ini.

 

2langkah 6

7.  Pembuatan tabel selanjutnya adalah tabel Master Pelanggan. Tabel ini difungsikan seebagai penampung data pelanggan (konsumen) di mana data pelanggan tersebut dibutuhkan atau digunakan pada saat terjadinya transaksi penjualan. Berikut ini hasil akhir desain tabel tersebut.

3langkah 7

8.  Tabel selanjutnya yang akan dibuat adalah tabel Master transaksi penjualan verlangsung. Di bawah ini hasil akhir desain tabel tersebut.

4langkah 8

  1. Pembuatan tabel selanjutnya adalah tabel Detail Jual. Fungsi dari tabel ini tidak jauh berbeda dengan tabel master jual di mana tabel ini menyimpan data kegiatan transaksi penjualan. Hanya saja transaksi penjualan tersebut menampung data transaksi dari kegiatan transaksi penjualan secara detail yang sebelumnya disimpan pada tabel master penjualan. Berikut ini hasil akhir desain tabel tersebut.5langkah 9
  2. Pembuatan tabel selanjutnya adalah tabel Temporari. Berikut ini hasil akhir desain tabel tersebut.6langkah 10
best
Software Apotek dan Klinik

33%

Rp 1.000.000 1.500.000
Rp (Hubungi CS)
sale
Printer Barcode Zebra GC420T

15%

Rp 3.650.000 4.300.000
best
Barcode Scanner Postronix 2D Pro

16%

Rp 2.950.000 3.500.000
Rp 2.300.000
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage