(021) 8838 2929 08111 62689, 0812 8074 8364 info@kiosbarcode.com 08111-62689, 0856-9463-7485
(pcs)

Memilih Laptop yang baik

Tuesday, November 4th 2014.

Memilih Laptop yang baik

tips-membeli-laptop-atau-notebook-baru

Kebanyakan orang masih banyak yang bingung memilih Laptop . Laptop yang bagaimana sih yang seharusnya dibeli ? Kalau beli laptop diliat apanya sih ? apa bedanya laptop dengan notebook ?

Nah kali ini admin akan memberikan tips memilih laptop yang anda butuhkan .

1. Pilih Merk/Brand Laptop Yang Sudah Terkenal
biasanya merk/brand yang sudah terkenal pasti akan tetap menjaga kualitas produknya.
2. Perhatikan Spesifikasi Dan Fitur Yang Dimiliki
masih banyak diantara kalian yang pastinya masih bingung spesifikasi yang bagaimana di pilih untuk laptop, sebenarnya yang terpenting dalam membeli laptop yaitu spesifikasi dan fitur yang ditawakan, karena semakin banyak keperluan anda terhadap laptop tentunya fitur yang ada pada laptop harus memadai.
3. Sesuaikan Harga Dengan Kebutuhan
Setelah anda mengetahui fitur-fitur yang ada pada laptop yang anda inginkan anda harus mencocokkan harga laptop tersebut, biasanya laptop yang memiliki spesifikasi tinggi harga laptop tersebut cukup mahal.
4. Mencoba Sebelum Membeli
Cobalah dan rasakan terlebih dahulu sebelum anda membeli, apakah laptop tersebut terasa nyaman untuk anda gunakan atau tidak. Jika anda merasa kurang nyaman, makan anda bisa mencari merk ataupun tipe laptop lainnya yang paling cocok untuk anda gunakan.
5. Perhatikan Lama Garansi Laptop
carilah laptop yang memiliki garansi lama. Terkadang laptop yang sering digunakan lama-kelamaan ada kerusakan. Disinilah keuntungan kita jika laptop yang kita miliki memiliki garansi yang lama, sehingga kita bisa memperbaiki laptop secara gratis.

Untuk beli bekas, tidak ada ciri-ciri kas dari sebuah laptop/notebook itu baik atau tidak. Notebook bekas pasti sudah dibongkar/diperbaiki oleh pemiliknya yang jual atau pemilik sebelumnya. Biasanya yang diganti oleh toko penjual adalah:
1. Battery, pastikan anda membeli dengan battery yang baru sebab battery lama pasti umurnya cuman hitungan menit. Battery baru juga pastikan bukan merek yang jelek banget yang pasti cepet juga rusaknya. Jangan mengharapkan battery diganti battery original. Coba untuk di carge apakah bisa atau tidak.

2. Hard Disk Drive, biasanya HDD diganti oleh toko dengan kapasitas lebih besar. Penggantian ini bukan diganti barang baru, tetapi barang lama juga. Biasa disebut refurbish.
Pastikan hdd anda tidak bersuara saat dipakai terutama saat booting dan defrag. Coba scandisk hdd anda dengan full mode sehingga tahu ada tidaknya cacat.

3. ODD (optical disk drive) adalah CDROM atau DVDROM atau CDRW atau COMBO atau DVDRW yang terpasang. Umur lensa itu tidak kekal, jadi semakin tua dan semakin sering dipakai semakin lemah. Pastikan anda mencoba odd dengan beberapa cd atau dvd yang ada dipasaran khususnya yang cd dari produk bajakan dan beberapa merek cdr atau dvdr. Sebab ciri optik lemah itu akan kesulitan membaca (lama dan kadang gagal) dalam membaca cd atau dvd tertentu yang diluar standart.

4. Memory, udah pasti ditambah atau diganti. Karena itu pastikan memory yang terpasang berjalan dengan baik. Untuk type tertentu dari notebook ada test hardware pada biosnya, gunakan test tersebut jika ada untuk cek memory apakah kompatible atau full kapasitas.

5. LCD, layar kadang juga dapat diganti dengan layar yang hasil service. Karena itu pastikan layar yang terpasang menampilkan gambar yang benar. Layar LCD yang baik gambar tidak kabur (berkabut), kecerahan cahaya dapat sama seperti perintah, tidak ada titik hitam, putih atau abu-abu di layar. Pastikan juga tidak ada titik merah, hijau dan biru di layar. Gunakan warna solid merah, hijau, biru, putih, hitam dan abu-abu untuk test titik tersebut. Mereka biasanya bilang 5 titik normal, tetapi ada baiknya memilih yang tidak ada titiknya. Titik dapat timbul sendiri setelah beberapa tahun untuk produk LCD yang kurang baik.

6. Keyboard kadang dibongkar dan dibersihkan. Karana itu test masing-masing tombolnya apakah berfungsi dengan baik atau anda harus menekan keras. Termasuk juga mosenya.

7. Pastikan semua bagian anda test, seperti sound out, sound in, inframerah, bluetooth, wifi, lan, modem, firewire, pcmci, com, keyboard dan mouse socket, printer port dan lain-lainnya. Test dan coba semua jangan dilewati.

8. Jangan membeli notebook yang retak atau ada bekas seperti habis terjatuh. Jangan membeli notebook yang terlihat kurang rapi tutup-tutup dan bodynya.

9. Jangan membeli notebook tanpa garansi. Biasanya garansi mulai dari 3 minggu sampai 3 bulan. Pastikan garansi jelas saat misalkan rusak apa diganti baru atau diservice atau uang kembali. Selama masa garansi coba habis-habis seluruh fungsinya dan pakai setiap hari untuk cek kemampuannya, jika ok maka memang anda membeli notebook yang ok.

Semoga bermanfaat Tipsnya ya :)

Rp 1.100.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.800.000
Rp 2.300.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage