Thursday, November 20th 2014.

Pembuatan Program Barcode

 

Program barcode yang akan dibuat diambil dari studi kasus penjualan barang pada suatu toko penjualan barang secara retail. Untuk studi kasus parkir dan absensi, silahkan Anda merujuk pada CD pendukung. Anda dapat melihat pengujian atas kedua atudi kasus tersebut pada bab berikutnya. Dalam bab ini akan dibahas bagaimana merancang database yang akan digunakan pada studi kasus penjualan barang, merancang struktur program, mendesain rancangan form yang akan digunakan, serta menuliskan listing program di setiap desain form dan pembuatan listing program barcode. Dalam hal ini simbologi barcode yang digunakan adalah simbologi CODE39.

Perancangan Program Database

Perancangan database merupakan pekerjaan penting dalam pengambangan sistem komputerisasi guna mendapatkan susunan data (tabel) yang efisien dan efektif. Ada dua teknik perancangan database. Anda dapat menggunakanERD (Entity Relationship Diagram) atau menggunakan normalisasi data. Dalam hal ini normalisasi data diambildalam perancangan database pada program sistem penjualan barang.

Untuk mempermudah perancangan database, program ini menjadi 3 bagian, yakni:

  1.  Normalisasi Data Sistem Penjualan
  2.  Spesifikasi Kebutuhan Tabel
  3.  Langkah Pembuatan Database

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Normalisasi Data

Normalisasi data merupakan cara pendekatan dalam pembangunan desain database yang tidak secara langsung berkaitan dengan model data, akan tetapi dengan menerapkan beberapa aturan dan kriteria standar untuk menghasilkan struktur tabel yang normal.

Dalam proses pengelompokan elemen data (yang sebelumnya sudah didapat, misalnya data nota transaksi secara manual) menjadi tabel-tabel yang menunjukan entitas dan keterhubungan antartabel lainnya, yang memanfaatkan atribut-atribut unik di dalam suatu tabel. Oelh karenanya di bawah ini beberapa macam kunci (key) digunakan untuk melakukan proses penyaringan, penghapusan, dan lain sebagainya guna proses normalisasi data dan membentuk suatu tabel yang utuh.

Beberapa diantara kunci itu bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Kunci Calon (Candidate Key) Adalah kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik.
  2. Kunci Primer (Primary Key) Adalah suatu atribut atau satu set minimal atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik untuk suatu kejadian yang spasifik, akan tetapi dapat juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.
  3. Kunci Alternatif (Alternative Key) Merupakan kunci kandidat yang tidak terpakai sebagai sebagai primary key. Kunci alternatif banyak digunakan untuk kunci pengurutqan dalam pembuatan laporan.
  4. Kunci Tamu (Foreign Key) Adalah suatu atribut atau satu set minimal atribut yang melengkapi satu relasi (relationship) yang menunjukan induknya (primary key).

 

Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,  Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

CS2 – Telp/SMS/WA : 081369101014
CS3 – Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.600.000
Rp (Hubungi CS)
Scanner Barcode Postronix 2DSCAN

15%

Rp 2.990.000 3.500.000
Rp 1.500.000
Rp 3.900.000
Rp 4.300.000