(pcs)

Penerapan Tata Letak Barcode

Thursday, November 13th 2014.

Penerapan Tata Letak Barcode

Barcode adalah informasi terbacakan mesin ( machine readable ) dalam format visual yang tercetak. Barcode dibaca dengan menggunakan sebuah alat baca barcode atau lebih dikenal dengan Barcode Scanner. Seiring semakin bertambahnya penggunaan barcode, kini barcode tidak hanya bisa mewakili karakter angka saja tapi sudah meliputi seluruh kode ASCII. Disini kami akan menerangkan penerapan tata letak barcode, di bawah ini contoh penerapan tata letak barcode pada sistem labeling di bidang retail.

 

  1.  Tata Letak Label Harga Barcode. Berikut ini salah satu kaidah pengaturan layout dan informasi yang perlu dicantumkan di label pada contoh produk kosmetik.

    Penerapan tata letak barcode

    Tata Letak Label Harga Barcode

  2.  Tata Letak Shelf (Rak) Label Harga Barcode. Kita perlu menulis informasi detail ini adalah agar pelanggan mengetahui spesifikasi dan perlakuan untuk peroduk tersebut sehingga cukup mudah dipahami oleh calon pembeli produk.

    penerapan tata letak barcode

    tata letak shelf (rak) label harga barcode

Coba perhatikan betapa sangat detailnya informasi yang di muat pada contoh shelfing tag di atas. Selama ini masih sangat jarang ditemukan informasi selengkap ini pada toko-toko retail di indonesia pada umumnya. Mungkin alasan utamanya adalah biaya yang di anggap kurang berguna bagi pelanggan karena pelanggan sendiri tidak paham akan hal ini sehingga menjadi mubazir nantinya.

contoh pengaturan standar shelf label
Rp 3.050.000
Rp 700.000
Rp 2.300.000
Rp 3.300.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage