(pcs)

Penggunaan Barcode Dalam Dunia Usaha

Friday, October 24th 2014.

Manfaat Barcode

Hampir semua jenis industri di zaman sekarang menggunakan teknologi barcode. Penggunaan barcode sangat dirasakan manfaatnya sehingga perusahaan atau industri bisa meningkatkan profitnya. Berikut ini bisa Anda lihat beberapa industri atau perusahaan yang memanfaatkan serta menggunakan teknologi barcode.

1.     Manufaktur

Banyak hal detail dalam operasional industri manufaktur perlu diawasi secara ketat. Karena sedikit saja kesalahan dalam komponen, semisal masalah stok barang, bisa menyebabkan inefisiensi. Dalam hal ini barcode sering digabungkan dengan sistem MRP (Manufacturing Requirements Planning), agar bisnis memiliki data yang akurat terutama dalam sistem kerja di pergudangan

2.     Pergudangan

Siapapun yang menangani pergudangan seharusnya menggunakan barcode. Bayangkan saja kalau Anda harus mendata seluruh produk Anda secara manual. Bisa dibayangkan entah kapan selesainya pekerjaan tersebut? Satu atau dua jam, puluhan jam, atau bahkan berhari-hari.

3.     Jasa distribusi

Jika perusahaan Anda secara konsisten melakukan pengecekan barang yang masuk dan keluar, sudah seharusnya Anda menggunakan barcode. Dijamin lebih cepat dan akurat untuk mengetahui stok barang yang Anda punyai pada suatu waktu.

4.     Penjualan retail (eceran)

Solusi pengadaan perangkat kasir, scanner barcode, printer, label, software, manfaat barcode dalam dunia usaha

manfaat barcode pada penjalan retail

Seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya, sebagaimana bila seorang kasir harus melakukan pengecekan secara manual dengan mengetikan setiap jenis barang beserta harganya. Bayangkan bilamana setiap pebisnis retail melakukan hal yang sama. Peluang untuk membuat kesalahan tentu sangat besar. Mereka akan bangkrut karena kurang teliti dan kuranng akurat. Padahal sekarang ini semuanya menuntut efisiensi, yakni efisiensi yang diciptakan dengan memanfaatkan barcode. Jenis usaha ini merupakan yang paling banyak menggunakan teknologi barcode.

5.    Transportasi

Apa yang muncul dalam pikiran Anda ketika bicara tentang pengiriman paket tepat waktu? jawabannya tentu Fedex atau UPS. Kedua perusahaan tersebut kini sedang merajai bisnis pengiriman paket dunia karena merekan membuat sistem pengangkutan barang yang efektif. Kunci utama keberhasilan Fedex dan UPS terletak pada pemanfaatan teknologi barcode. Liat saja ketika mereka memasukan data pada Portable Data Collectort, mereka berkomunikasi melalui sistem database secara tepat waktu.

Sebetulnya masih banyak industri lain yang menggunakan barcode, tidak terbatas pada industri kontruksi, bidang kesehatan, farmasi, instasi, pemerintahan/swasta, security system, starter pack label, event organizer ataupun toko rental, kelontong, tetapi juga kartu identitas, absensi, manajemen dokumen, dan lain-lain.

Memang setelah menggunakan sistem barcode ini perusahaan banyak merasakan manfaatnya, seperti adanya peningkatan yang signifikan terhadap kualitas dan akurasi pengolahan data dibanding dengan sistem manual. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah ingin mencoba menerapkan sistem tersebut?

Rp (Hubungi CS)
Rp 2.300.000
Rp 3.200.000
Rp 1.250.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.800.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage