(021) 8838 2929 08111 62689, 0812 8074 8364 info@kiosbarcode.com 08111-62689, 0856-9463-7485
(pcs)

QR CODE

Saturday, November 15th 2014.

QR CODE

 

QR CODE merupakan suatu jenis matriks kode atau barcode dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Danzo Wave yang pada waktu itu merupakan sebuah devisi Denso Corporation, sebuah perusahaan jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota Group. QR di sini merupakan kependekan dari Quick Responce, sebuah harapan dari pembuatnya bahwa kode ini akan cepat di-decode. Awalnya, digunakan untuk mendata sparepart kendaraan dalam perusahaan, namun kini penggunanya semakin luas, apa lagi setelah spesifikasi QR CODE di lepas ke publik.

Tidak seperti barcode yang satu sisinya saja yang mengandung data, QR CODE mempunyai dua sisi yang berisi data. Hal ini membuat QR dapat lebih banyak membuat informasi dibandingkan barcode. misalnya, dapat menampung informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna handphone berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca, QR CODE dapat langsung men-scan dan masuk ke website ysng dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya. kegunaan lain, misalnya, digunakan untuk menyimpan data teks mengenai informasi produk atau hal lain, sms, atau informasi kontak yang mengandung nama, nomor telepon, dan alamat.

Kapasitas data untuk QR CODE dibandingkan matriks kode yang lain dapat dikatakan cukup besar, yaitu dapat menampung 7.089 data numerik, 4.296 data alfanumerik, 2.953 data biner, atau 1.817 karakter kanji, dengan dukungan kecepatan pendekodean dan ukuran cetak yang kecil. Hasil cetakan juga tahan terhadap kerusakan sampai dengan 30% agar tetap dibaca. Selain itu, dapat di baca dari segala arah dengan hasil yang sama sehingga meminimalkan kesalahan baca akibat salah posisi.

Untuk menghasilkan suatu gambar atau simbol QR CODE, suatu informasi di-encode melalui aplikasi QR CODE generator. Beberapa aplikasi  generator yang dapatdigunakan antara lain:

  1. Aplikasi web sepreti Kaywa QR CODE (bisa anda lihat pada situs http://qrcode.kaywa.com/), SnapMaxe QR CODE Generator (bisa anda lihat pada situs http://snapmaze.com/?q=qrcode) dan beberapa lagiyang bisa dicari dengan kata kunci “QR CODE Generator” pada google.
  2. Add-on untuk firefox yang dapat digunakan untuk menghasilkan QR CODE dari alamat website yang sedang diakses seperti Mobile Barcoder (bisa anda lihat pada situs http://snapmaze.com/?q=qrcode) atau SnapMaze QR CODE Firefox Extension (bisa anda lihat pada situs http://snapmaze.com/?q=node/7).
  3. Google Chart API (bisa anda lihat pada situs http://code.google.com/apis/chart/#qrcodes) yang memang sudah mendukung.

Untuk membaca QR CODE, reader untuk scanner yang dapat digunakan antara lain:

  1. QR OCDE reader untuk perankat handphone seperti yang disebutkan pada halaman Nokia ( bisa anda lihata pada situs http://mobilecodes.nokia.com/scan.htm). Contoh lainnya adalah Kaywa Reader (bisa anda lihat pada situs http://reader.kaywa.om/).
  2. Aplikasi java yang dapat digunakan untuk desktop maupun perangkat handphone  dapat di-download dari situs http://www.intelcom.ru/2d/english/demo.php.
  3. Aplikasi QR CODE reader dan 2D code lainnya untuk iPhone seperti yang disediakan iMatrix yang tersedia pada situs http://www.imatrix.lt/default.aspx.
  4. ZXing Decoder Online (http://zxing.org/w/decode.jspx) yang dapat digunakan untuk men-decode berupa image dengan memasukan URL image maupun dengan meng-upload-nya.

Proyek terkait dengan encode/decode QR CODE bisa Anda dapatkan pada situs:

  1. Zxing (http://code.oogle.com/p/zxing/), proyek open-source, imple-mentasi library  berbasis java untuk pembacaan barcode 1D/2D termasuk QR CODE.
  2. Open Source QR Code Library (http://qrcode.sourceforge.jp/) untuk encode/decode dibawah lisensi GPL V.2.

Pelopor penggunaan barcode dua dimensi di Indonesian adalah koran KOMPAS. Berikut ini langkah gambar penggunaan QR CODE pada koran KOMPAS.

cara penggunaan qr code

cara penggunaan qr code

uji coba pembacaan qr code

uji coba pembacaan qr code

PDF417

Contoh lain dari barcode 2 dimensi selain QR CODE adalah simbology PDF417 yang dapat menyimpan lebih dari 2000 karakter di dalam sebuah ruang (space) yang berukuran 4 inci persegi (in2). Berikut gambaran dari barcode 2 dimensi PDF417.

PDF417

PDF417

Rp 6.200.000
Software Restoran 3.0

33%

Rp 1.000.000 1.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.250.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage