(pcs)

Sejarah, Jenis Dan Cara Kerja Printer

Tuesday, November 11th 2014.

Sejarah, Jenis Dan Cara Kerja Printer

hai hai pasti tau dong sama yang namanya printer? printer itu mesin yang memiliki kegunaan sebagai alat cetak tulis dan gambar yang dihubungkan melalui komputer, yah fungsinya hampir sama kaya mesin foto copy gitu.
karna zaman semakin maju apa lagi dibidang teknologi jadi sekarang makin banyak aja deh tuh berbagai model, merk, dan tipe jenisnya. saat ini telah banyak kegunaan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mesin printer.
selain sebagai alat cetak tulisan sekarang printer juga bisa digunakan sebagai printer ID CARD dimana kegunaannya telah banyak digunakan oleh kalangan pengusaha.

Printer Barcode Argox OS-214 Plus

Printer Barcode Argox OS-214 Plus

sejarah printer

Pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di kawasan Eropa yang menyebabkan kebutuhan proses produksi dokumen tulisan sangat murah dan instan. Seorang usahawan dan tukang emas asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak secara revolusioner. Penemuan ini bahkan dianggap penemuan paling penting di era Millenium silam, meski efek yang ditimbulkannya terhadap perekonomian global tidak terlalu signifikan.
Dari masa ke masa, teknologi printer kian berkembang. Bahkan kebanyakan orang di seluruh penjuru dunia menganggap alat tersebut sebagai bagian dari kebutuhannya. Kini, printer telah banyak diproduksi oleh produsen-produsen ternama seperti Epson, Hewlett-Packard (HP), Canon, Brother, Lexmark, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jenis-jenisnya pun sangat beragam, dan tentu saja cara kerja printer nya juga berbeda pula.
pada tahun 1953, printer pertama dikembangkan oleh Remington-Rand untuk digunaka pada komputer Uivac.
pada tahun 1938 Chester Carlson menemukan proses pencetakan kering yang disebut Electrophotography yang biasa disebut Xerox, sebagai dasar untuk printer laser yang akan datang.
Printer laser asli disebut EARS dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center dimulai pada 1969 dan selesai pada bulan November , 1971 . Xerox Engineer, Gary Starkweather diadaptasi teknologi mesin fotokopi Xerox menambahkan sinar laser untuk itu datang dengan printer laser.
Menurut Xerox , ” The Xerox 9700 Electronic Printing System , produk laser printer xerographic pertama , dirilis pada tahun 1977 . The 9700 , keturunan langsung dari aslinya PARC ” TELINGA ” printer yang dirintis di optik laser scanning , elektronik generasi karakter , dan halaman – format perangkat lunak , merupakan produk pertama di pasar yang akan diaktifkan oleh penelitian PARC .
Pada tahun 1992 , Hewlett – Packard merilis LaserJet populer 4 , pertama 600 dengan 600 titik per inci resolusi laser printer.

 Berikut ulasan lebih lengkapnya perihal jenis-jenis dan cara kerja printer.

Jenis dan Cara Kerja Printer

Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix merupakan jenis printer dengan metode pencetakan menggunakan pita dan resolusi cetaknya tergolong masih rendah. Cetakan yang dihasilkan nampak seperti titik-titik yang saling berkolerasi, sehingga hasil cetakannya cenderung tidak halus dan kurang bagus. Menurut sejarahnya, jenis printer ini pada awalnya menggunakan 9 pin. Artinya, dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi 9 titik. Kemudian metode jenis printer ini semakin berkembang yakni menjadi 24 pin yang tentunya hasil cetakannya akan lebih halus dibanding metode sebelumnya. Produsen printer Dot Matrix yang cukup terkenal yakni Epson, dengan produknya bernama Epson LX-300, LX-800 dan semacamnya.

Cara kerja printer Dot Matrix : head dari printer jenis printer ini terdiri atas 7, 9, dan 24 jarum yang tersusun vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang tersedia akan membentuk karakter images melalui gesekan-gesekan jarum pada kertas dan karbon. Kecepatan printer Dot Matrix cukup bervariasi, namun untuk Epson LX-80 kecepatannya mencapai 80 karakter per detik.

Printer Ink Jet
Printer Ink Jet pertama kali dikembangkan sejak tahun 1950. Printer ini merupakan jenis printer dengan metode pencetakan menggunakan tinta cair. Hasil cetakan yang dihasilkan lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer Dot Matrix. Selain lebih bagus, printer Ink Jet juga dapat menghasilkan cetakan berwarna.

Cara kerja printer Ink Jet : printer ini menggunakan teknologi dor on demand, artinya dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui lubang pipa yang sangat kecil (nozzle). Karena menggunakan tinta cair, hasil cetakannya harus menunggu beberapa detik untuk proses pengeringan.

Printer Laser Jet
Printer Laser Jet pertama kali ditemukan di Xerox oleh Gary Starkweather pada tahun 1969. Printer ini merupakan jenis printer dengan metode pencetakannya menggunakan tinta bubuk atau biasa disebut toner yang ditunjang dengan perangkat infra merah. Hasil cetakannya lebih bagus dibanding jenis Dot Matrix maupun Ink Jet. Selain itu, kecepatan dari jenis printer ini sangat cepat dan proses pengeringannya pun lebih singkat.

Cara kerja printer Laser Jet : cara kerja printer jenis ini nyaris mirip dengan mesin fotocopy yakni menggunakan photographic drum.

Printer LCD
Printer ini menggunakan konsep LED atau LCD sebagai penembak ion-ion pada photoreceptor. Jenis printer ini memiliki kecepatan yang lebih maksimal dibanding jenis printer lainnya karena ion ditembakkan langsung secara menyeluruh ke permukaan kertas.

Cara kerja printer LCD mirip dengan jenis printer Laser Jet, dan perbedaannya hanya penggunaan laser saja. Printer LCD menghasilkan cetakan yang sangat bagus dengan grafis berkualitas tinggi.

Rp 1.100.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage