(021) 8838 2929 08111 62689, 0812 8074 8364 info@kiosbarcode.com 08111-62689, 0856-9463-7485
(pcs)

Tips Cara Memilih Scanner Barcode

Saturday, January 7th 2017.

Fungsi Scanner Barcode

Scanner Barcode atau sering disebut juga Barcode Reader berfungsi untuk membaca kode barcode yang biasa ditempel atau dicetak pada kemasan produk, atau penanda barang/asset.

Ada banyak macam scanner barcode yang beredar di pasaran, dari yang murah 300 ribuan sampai harga jutaan. Bagi yang masih awam soal per-barcode-an tentu akan bingung untuk memnentukan pilihan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini tips berikut dapat menjadi panduan Anda dalam menentukan pilihan sebelum membeli scanner barcode :

  1. Bidang pekerjaan, atau pekerjaan di bidang apa yang hendak di lakukan, misalnya toko ritel, grosir, warehouse, industri, tiket, perparkiran, atau expedisi?
  2. Jenis barcode yang digunakan, ada beberapa jenis barcode yang digunakan saat ini, misal EAN-13, CODE-39. CODE-128, PDF47, QRCODE, dll
  3. Ukuran barang yang hendak discan, ini berkaitan dengan jarak baca scanner barcode.
  4. Penggunaan di dalam atau di luar ruangan
  5. Kondisi ruang kerja, basah / kering, ruang tertutup, berdebu, dll
  6. Pengguna alat itu sendiri.

Setelah memetakan kebutuhan yang ada, maka Anda dapat menentukan jenis barcode mana yang sesuai untuk mendukung pekerjaan Anda. Berikut ini jenis-jenis barcode yang banyak digunakan :

 

Scanner Barcode Gun (tembak).

Memiliki bentuk seperti pistol, dsn terdapat tombol dibawah untuk menyalakan lampu laser pada saat membaca barcode.

157402836

Scanner barcode ini digunakan untuk membaca barcode 1D linier maupun 2D dimana membaca barcode didepannya dengan posisi lurus horisontal. Anda juga dapat membaca artikel tentang jenis-jenis barcode disini.

Banyak digunakan untuk operasional di kasir toko, pergudangan, expedisi, tiket, perparkiran, perpustakaan, dan lain-lain.

Contoh scanner barcode jenis ini, Data Scan DS-900, Postronix Lasercode. Postronix 2D Pro, Symbol LS1203, Symbol LS2208, Honeywell 1900, Scanlogic CS700, Postronix Wireless Econo, dll.

 

Scanner Barcode Orbit

Scanner Barcode Postronix Table Scan

Scanner Barcode Postronix Table Scan memiliki kemampuan membaca barcode yang sangat responsive, dan dirancang secara khusus untuk pemakaian di kasir.

 

Scanner orbit umumnya dipakai di kasir supermarket dimana transaksi kasir cukup banyak. Scanner Barcode jenis ini mudah digunakan karena sinar laser tidak hanya searah, namun kesegala arah, sehingga memudahkan pada saat scanning barcode.

Tidak seperti scanner barcode linier, scanner barcode jenis ini diciptakan mampu membaca barcode lebih cepat dan akurat, dan mudah digunakan bahkan bagi orang awam sekaliapun

Dengan menggunakan scanner jenis ini, antrian kasir yang panjang mengular bisa diselesaikan lebih cepat.

Salah satunta adalah merk Postronix Tablescan.

 

 

Barcode Scanner Wireless

Sesuai dengan namanya, scanner Barcode jenis wireless mempunyai flexibilitas yang tinggi dalam pemakaian. Karena tidak menggunakan kabel sehingga lebih mobile dalam penggunaannya.

Sebagai Symbol LS4278 Wirelessganti kabel scanner wireless menggunakan bluetooth atau WiFI sebagai media koneksinya. Dengan bluetooth bisa menjangkau jarak hingga 300 meter (ruang terbuka), sedangkan kalau jika menggunakan WiFI bisa lebih jauh lagi, tergantung ketersediaan signal WiFI Router.

Scanner Barcode wireless juga sangat memudahkan pekerjaan terutama apabila barang yang di scan memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga tidak perlu di angkat ke dekat komputer.

 

Personal Data Terminal (PDT)

PDT merupakan scanner barcode yang dapat menyimpan hasil scan ke dalam alat (scanner) untuk kemudian di masukkan ke database sistem, output dari data biasanya berupa file text sehingga programmer dengan mudah dapat membuat program bantu (konverter) untuk melakukan import ke sistem database.

scanner barcodeContoh barcode scanner jenis ini adalah Chiperlab 8000 dan Postronix PDT Dual. 2 jenis scanner ini banyak digunakan pada sistem pergudangan atau expedisi.

Penggunaannya sangat simple, dan bahkan pada Chiperlab 8000 kolom-kolomnya dapat dibuat sesuai kebutuhan.

Harga scanner ini lumayan mahal, antara 5 – 7 jutaan dengan kurs Rp. 13.500 / dollar.

Untuk scanner barcode 2D harganya hampir 2x lipatnya.

Demikian sharing info kami, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang merencanakan penggunaan barcode sistem.

Kios Barcode menjual scanner barcode, printer, label dan lain-lain yang untuk memberikan dukungan kepada para customer yang ingin membuat sistem barcode.

Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

 

 

Rp 7.500.000
Rp 5.750.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 3.900.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.800.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage