Wednesday, September 2nd 2020.

Jenis-jenis Socket Processor Intel Dan Penjelasannya

Jenis-jenis Socket Processor Intele

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa prosesor memang disebut sebagai otaknya komputer. Dan komponen ini juga sangat penting untuk membuat komputer dapat bekerja. Umumnya processor bisa juga disebut dengan microprocessor atau CPU(Central Procsessing Unit). Dan fungsi utama dari Processor yaitu memproses Perhitungan Arithmatical Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan pemrosesan sistem.

Prosesor sudah banyak diproduksi oleh berbagai produsen teknologi, dengan berbagai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Setiap produsen tentu saja memiliki berbagai macam seri produk, keunggulan serta harganya masing-masing.

Setiap produk tentu juga mengeluarkan berbagai socket di setiap peluncuruan prosesor barunya.

pengertian Socket adalah tempat dudukan atau tancapan pada motherboard. Dudukan ini berbentuk persegi empat dengan lubang-lubang kecil tempat melekatnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Definisi sederhananya adalah Socket sebagai konektor atau pengubung antara motherboard dengan prosesor.

Jenis-jenis Socket Processor Intel

Socket, penghubung, atau konektor ini ternyata memiliki berbagai macam jenis. Intel dan AMD merupakan pabrikan yang telah meluncurkan banyak sekali socket yang berbeda untuk produk-produk prosesor mereka. berikut ini adalah jenis-jenis socket prosesor yang harus anda diketahui:

– Socket Prosesor Intel

1. Socket 423

Socket 423 ini adalah socket prosesor yang memiliki jumlah pin sebanyak 423 buah pin dan digunakan pada komputer generasi pertama prosesor Intel Pentium, yang berbasis pada teknologi Willamette Core. Namun sayangnya socket prosesor jenis ini cenderung memiliki umur yang pendek dan tidak berlangsung lama.

2. Socket 478

Kemudian, Jenis Socket 478 ini merupakan revolusi dari Socket sebelumnya yaitu Socket 432, dan juga pembaharuan fitur serta kemampuan efektif dibanding socket versi sebelumnya. Socket ini memiliki jumlah pin sebanyak 478 buah pin, dan digunakan untuk seri Intel Pentium 4 dan seri Intel CPU Celeron. Socket 478 dibuat menggunakan teknologi yang bernama Northwood Core, khusus dirancang untuk menandingi prosesor AMD berjenis 462-pin Socket A dan Athlon XP pada masanya.

3. Socket LGA 775

Jenis-jenis Socket Processor Intel

Pada Socket jenis ini juga memiliki pembaharuan, karena jenis socket ini menggunakan teknologi LGA atau singkatan dari “Land Grid Array”. Yang artinya socket LGA 775 ini tidak memiliki lubang socket, tapi memiliki 775 pin yang berbentuk menonjol. Peluncuran jenis socket ini ternyata sempat menguasai pasar teknologi pada perangkat komputer PC.

4. Socket LGA 1156

Jenis-jenis Socket Processor Intel

Selanjutnya, Jenis Socket LGA 1156 ini dikenal dengan sebutan Socket H . Socket jenis ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari versi socket sebelumnya. Jikalau versi sebelumnya terhubung langsung pada chipset Northbridge yang menggunakan Front Side Bus (FSB), maka socket LGA 1156 justru mampu mengintegrasikan fitur sederhana yang tersemat di Northbridge untuk berpadu dengan prosesor yang digunakan.

5. Socket LGA 1155

Hasil gambar untuk socket lga 1155

Socket LGA 1155 ini merupakan revolusi dari socket LGA 1156, Socket LGA 1155 juga dikenal dengan sebutan socket H2. Socket ini dibuat dan juga dikhususkan untuk digunakan pada jenis processor intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge. Kedua chipset tersebut baik itu Sandy Bridge ataupun Ivy Bridge tentu memiliki perbedaan yang terletak pada dukungan memori. Prosesor Sandy Bridge tentu telah mendukung hingga memori DDR3-1333, sementara Ivy Bridge mendukung hingga DDR3-1600.

6. Socket LGA 1150

LGA 1150 merupakan socket yang dikenal dengan sebutan H3. Socket ini sendiri telah mendukung seri prosesor Hasswell dan Broadwell atau generasi ke -4 dan ke -5. Yang mana kedua prosesor tersebut termasuk keluaran baru untuk prosesor PC dan diluncurkan pada pertengahan tahun 2015 silam.

7. Socket LGA 1151

Jenis-jenis Socket Processor Intel

Socket Intel LGA 1151 (juga dikenal sebagai Socket H4) datang dalam dua versi berbeda, yakni pilihan soket yang kompatible dengan mikroprosesor Intel Skylake dan Kaby Lake yang dikenal sebagai revisi pertama, dan revisi kedua yang hanya mendukung Processor Coffee Lake.

LGA 1151 dirancang sebagai pengganti LGA 1150 dan memiliki 1151 pin yang menonjol untuk mengkoneksikan prosesor pada motherboard. Kebanyakan motherboard untuk socket revisi pertama biasanya mendukung beberapa jenis memori, termasuk DDR3 (L), Slot DDR3 hingga DDR4, tetapi hanya satu jenis memori yang dapat dipasang. Sedangkan Motherboard soket revisi kedua hanya mendukung memori DDR4.

Skylake, Kaby Lake, dan Coffee Lake tidak mendukung antarmuka PCI konvensional lama; Namun, vendor motherboard dapat menerapkannya dengan menggunakan chip eksternal. Disisi lain, keuntungan pengguna yang memiliki soket LGA 1151, 1150, 1155, dan 1156 adalah urusan heatsink, diaman fitur ini dapat dipertukarkan karena semuanya memiliki jarak yang sama 75 mm antara setiap lubang sekrup.

Itu dia pembahasan singkat kali ini mengenai Jenis-Jenis socket processor intel dan Semoga Bermanfaat untuk anda dan saya ucapkan Terima Kasih sudah berkunjung!

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

 

 

Rp 2.450.000
Rp 1.750.000
Rp 1.000.000
Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.900.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage