Monday, November 23rd 2020.

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Jika anda memiliki usaha, untuk memudahkan dalam menjalankan bisnis tentunya Anda membutuhkan aplikasi atau software agar semua pembukuan dapat tertata dengan baik. Sehingga anda dapat mengetahui perkembangan toko dan berapa pendapatan yang diperoleh setiap hari. jika anda menggunakan sebuah software, tentunya anda harus mempersiapkan perangkat pendukung seperti komputer kasir.

Definisi Komputer Kasir

Komputer kasir merupakan jenis mesin kasir yang telah menggunakan platform komputer. Berbeda dengan mesin kasir tipe cash register yang memiliki banyak keterbatasan, mesin kasir jenis komputer ini menawarkan fleksibilitas dan kapasitas penyimpanan yang tak terbatas. Komputer jenis ini memiliki dua buah bagian yang bisa dibilang sama-sama penting yaitu hardware komputer kasir dan software program kasir.

Hardware/Modul Komputer Kasir

  1. CPU Kasir

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Fungsi CPU kasir seperti otak di komputer kasir. Dalam memilih CPU kasir, Anda dapat menggunakan komputer biasa yang berfungsi sebagai komputer kasir. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah spesifikasi komputer kasir harus mumpuni.

Sebagian besar Penjual komputer hanya berfokus pada harga rendah. Memilih Komputer kasir bukan hanya soal spesifikasi Tetapi juga ketahanan dan kinerja prosesor terhadap suhu panas (suhu panas ini biasanya dapat menyebabkan komputer kasir hang). Tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat perbandingan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli CPU komputer kasir.

  1. LCD atau Point Of Sales Display

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Waktu memilih LCD, anda bisa memanfaatkan jenis LCD yang berdaya dan tingkat radiasi yang rendah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tipe display khusus  untuk Point of sale. Sebagai contoh anda bisa menggunakan Postronix LCD 10 atau 12

Apabila anda ingin tampilan yang lebih kecil dan ringkas maka POS LCD 10 bisa jadi pilihan terbaik untuk anda. Namun jika anda ingin LCD dengan harga yang relatif murah dan cukup baik, maka anda bisa memilih layar LCD komputer yang berukuran 15,6.

  1. Cash Drawer atau Laci Uang

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Cash drawer atau dalam bahasa indonesia laci uang elektronik adalah alat yang mepunyai kegunaan untuk menyimpan uang kertas maupun koin di meja kasir. Perbedaannya dengan laci uang biasa adalah kemampuannya yang dapat diintergrasikan ke dalam cash register atau komputer POS. Saat transaksi penjualan telah berakhir, cash register ini bisa secara otomatis terbuka, sehingga kasir bisa memasukkan uang dari pelanggan ke laci tersebut, serta mengambil uang kembalian untuk pelanggan.

Dalam memilih cash drawer ini anda harus memastikan untuk memilih jenis laci uang yang terbuat dari bahan metal. Alasannya adalah bahan metal lebih kuat dari bahan plastik atau ABS. Hal ini juga berlaku untuk penjepit uang kertasnya yang terbuat dari plastik yang biasanya cenderung lebih mudah patah dan rusak.

  1. Barcode Scanner

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan barcode) yang terdapat pada label atau tag sebuah produk. Penggunaan barcode scanner ini memiliki dua keuntungan tambahan yaitu memperkecil kesalahan input pada computer yang dilakukan pengguna dan mempercepat proses masukan data, mengurangi jumlah antrian yang panjang. Dalam memilih Barcode Scanner sebaiknya anda memilih Barcode Scanner yang menggunakkan Teknologi Laser karena kecepatan bacanya cepat dan akurat.

Tips Memilih Komputer Kasir

Apabila anda telah memutuskan untuk menggunakan komputer kasir, maka ada banyak sekali pilihan yang bisa anda pilih. Namun, secara umum paling tidak ada dua jenis komputer kasir yaitu:

  1. Komputer Kasir Compact

Komputer kasir jenis Compact adalah penerus dari generasi cash register, tapi Komputer Kasir Compact ini telah memanfaatkan teknologi komputer. Keuntungan yang bisa anda peroleh dari penggunaan jenis komputer ini adalah bentuknya yang lebih ringkas, jadi mudah jika ingin memindahkannya. Dan tidak memakan banyak ruang

Di sisi lain, kerugian atau kekurangannya sendiri akan sangat terasa ketika salah satu modul yang ada mengalami kerusakan. Biasanya biaya maintenance dan spare part nya jauh lebih mahal.

Pada Komputer Kasir Compact, kerusakan pada salah satu modul, artinya satu unit komputer tersebut tidak akan bisa digunakan, hingga modul yang rusak tersebut selesai diperbaiki. Contoh Komputer Kasir Compact yang tersedia di Kiosbarcode.com seperti

  • Kassen CV-890

Pedoman Dalam Memilih Komputer Kasir

  • Codesoft TCP 138

Komputer Kasir Modular

  1. Komputer Kasir Modular

Berbeda dengan komputer jenis Compact, komputer yang satu ini tersusun dari modul-modul yang terpisah satu dengan yang lainnya. Sebenarnya, jika dipikirkan lebih jauh lagi, hal ini bisa jadi sebuah keuntungan tersendiri.

Alasannya karena, modul-modul ini dapat ditempatkan sesuai dengan meja komputer kasir yang ada, atau menyesuaikan dengan furniture yang ada di toko anda. Keuntungan lainnya adalah sistem maintenance nya yang akan menjadi lebih mudah.

Jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada salah satu modul yang ada, maka unit komputer tetap bisa digunakan. produk modular komputer kasir yang ada di Kiosbarcode yaitu.

  • Paket C

Paket C

  • Paket D

Paket D

Cara yang paling mudah dalam memilih komputer jenis ini adalah dengan memastikan jika anda mendapatkan jaminan garansi hardware yang cukup bagus. Selain itu anda juga perlu diperhatikan adalah harga spare partnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. terimakasih sudah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Mobile Printer Codesoft HPM 200E

21%

Rp 1.500.000 1.900.000
Rp 650.000
Rp 650.000
Rp 16.500.000
Rp 2.250.000
Rp 300.000