Tuesday, June 15th 2021.

3 Komponen Utama Komputer

3 Komponen Utama Komputer

3 Komponen Utama Komputer

Seperti internet, computer ialah benda yang wajib dipunyai di zaman digital seperti sekarang ini. Beberapa hal yang dapat Anda kerjakan secara kontribusi computer seperti mengerjakan tugas sekolah, menuntaskan tugas kantor atau sekedar hanya untuk menjelajahi internet. Sadarkah Anda jika mekanisme computer terdiri dari 3 bagian utama yakni hardware, software dan brainware. Keterangan detil mengenai elemen mekanisme computer akan diuraikan dalam artikel di bawah ini.

1. Hardware/ Piranti Keras

Hardware sebagai piranti keras yang nyata dan mempunyai bentuk fisik yang bisa disentuh. Hardware pada computer sendiri masih dipisah kembali jadi empat sisi yakni input piranti, output piranti, processing piranti dan penyimpanan piranti. Berikut penjelasannya :

Sisi pertama ialah input piranti atau piranti saran. Yang terhitung dalam input piranti ini ialah keyboard, mouse, webcam dan scanner. Piranti itu digolongkan input piranti karena perannya untuk alat memasukkan bermacam data dan perintah pada computer. Sebuah data atau perintah harus di input lebih dulu saat sebelum dibuat jadi info yang seperti kita harapkan, oleh karenanya diperlukan sebuah unit input sebagai sebuah gerbang untuk data yang dari dunia luar masuk ke mekanisme computer. Beberapa bentuk data yang sudah diinputkan akan diubah jadi code binary hingga bisa dibaca oleh memory khusus.

Data yang dimasukkan lewat input piranti seterusnya akan diproses lewat processing piranti. Dalam kata lain, processing piranti ialah piranti yang berperan untuk memproses bermacam data yang dari input piranti. Yang terhitung dalam processing piranti ialah CPU (Central Processing Unit). Peranan CPU penting di dalam sebuah computer karena sebagai otak dari mekanisme computer. CPU juga sekaligus piranti yang mengendalikan semua piranti intern dan external di computer.

Piranti keluaran atau output piranti ialah piranti yang memberinya atau keluarkan dari hasil data yang masuk dan sudah diolah. Contoh dari output piranti ini ialah monitor, printer, earphone, speaker, webcam dan mikrofon. Dalam kata lain output piranti ini menyuguhkan semua info yang didapatkan dari pemrosesan mekanisme computer seperti gambar, suara dan video.

Piranti paling akhir pada hardware ialah piranti penyimpanan. Sesuai namanya, piranti ini ialah alat yang dipakai untuk simpan bermacam data. Penyimpanan piranti sendiri terdiri dari 2 jenis yakni intern penyimpanan dan external penyimpanan. Contoh dari intern penyimpanan ialah harddisk dan RAM. Sedang eksternal penyimpanan misalkan ialah harddisk external, CD, DVD dan flashdisk.

2. Software/ Piranti Lunak

Elemen mekanisme computer setelah itu software. Berkebalikan dari hardware, software ialah elemen yang tidak nyata. Software dalam computer ialah bagian utama karena berperanan jalankan semua perintah yang masuk ke hardware. Software bisa disimpulkan sebagai satu kelompok data electronic yang disimpan dan ditata oleh computer, dapat berbentuk program atau jaringan untuk jalankan bermacam jenis perintah perintah.

Software dipisah jadi tiga yakni software mekanisme, software program dan software tambahan. Software mekanisme sebagai software khusus yang penting karena bekerja mengendalikan elemen pada computer secara detail. Contoh software salah satunya ialah Windows Xp, Windows 2000, Windows 7, Linux, IOS dan sebagainya. Software program ialah kelompok untuk software yang dipakai oleh pemakai untuk menuntaskan sebuah pekerjaan tertentu. Dalam masalah ini dapat disebutkan jika software program sebagai software pendamping pada computer yang dipakai sebagai fasilitas pemrosesan data. Misalnya ialah situs browser, software office, games dan yang lain. Sedang software tambahan ialah software yang jalankan beberapa tugas khusus atau tambahan sekalian membuat perlindungan hardware. Misalnya seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup, dan sebagainya.

3. Brainware

Elemen paling akhir yang menutup rangkaian elemen mekanisme computer ialah brainware. Brainware yakni orang yang jalankan atau menjalankan computer. Brainware penting karena computer tidak bisa berguna bila tidak dioperasionalkan oleh manusia . Maka brainware sebagai tiap orang yang turut serta dalam beberapa kegiatan pendayagunaan computer. Contoh dari brainware salah satunya ialah programmer, mekanisme riset, operator dan administrator.

Usai telah serangkaian info yang dapat Anda baca berkenaan elemen mekanisme computer. Lewat artikel di atas, Anda jadi tahu jika computer terdiri dari 3 elemen khusus yakni hardware, software dan brainware. Disamping itu Anda jadi memahami mengenai peranan dan beberapa contoh dari bermacam elemen mekanisme computer barusan. Selainnya berguna, mudah-mudahan info di atas bisa menambahkan wacana dan pengetahuan Anda semua.

Sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.250.000
Rp 21.000.000
Mesin Kasir Bougenville Type C Siap Pakai

5%

Rp 9.500.000 10.000.000
Mesin Penghitung Uang ZSA 5000S

1%

Rp 19.300.000 19.500.000
Rp 2.000.000
Rp (Hubungi CS)