Friday, January 6th 2023.

Apa itu Brand Awareness?

Ilustrasi Apa itu Brand Awareness?

Apa itu brand awareness? Brand awareness merupakan tingkat kesadaran seseorang terhadap keberadaan sebuah merek atau brand. Semakin tinggi tingkat brand awareness seseorang, maka semakin mudah bagi orang tersebut untuk mengingat dan mengenali brand tersebut di kemudian hari.

Brand awareness bisa diukur dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menanyakan kepada seseorang tentang apa yang mereka ketahui tentang sebuah merek atau brand tertentu. Tingkat brand awareness juga bisa diukur dengan melakukan survei kepada masyarakat untuk mengetahui seberapa sering mereka mengenali sebuah merek atau brand yang ditanyakan.

Tingkat brand awareness yang tinggi sangat penting bagi sebuah perusahaan karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Orang yang memiliki tingkat brand awareness yang tinggi terhadap suatu merek atau brand tertentu akan lebih mudah memilih untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dibandingkan dengan merek atau brand lain.

 

Meningkatkan Brand Awareness

Untuk meningkatkan brand awareness, perusahaan bisa melakukan beberapa strategi berikut ini:

  1. Melakukan promosi melalui media sosial. Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan menggunakan media sosial, perusahaan bisa meng-post foto atau video produk atau jasa, mengikuti trend terkini, dan melakukan interaksi dengan follower.
  2. Mengadakan event atau kegiatan yang berkaitan dengan merek atau brand. Mengadakan event atau kegiatan yang berkaitan dengan merek atau brand bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness. Misalnya, mengadakan workshop atau seminar yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, atau mengadakan acara fashion show untuk menampilkan produk fashion.
  3. Menggunakan influencer. Menggunakan influencer bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan brand awareness. Influencer yang terkenal di media sosial bisa mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada jutaan followersnya, sehingga membantu meningkatkan tingkat brand awareness.
  4. Membuat konten yang menarik. Membuat konten yang menarik bisa membantu meningkatkan brand awareness. Misalnya, membuat video tutorial yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, atau membuat artikel. Lakukan apa saja yang memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Konten yang menarik akan membuat orang tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang merek atau brand yang bersangkutan.
  5. Menggunakan iklan. Menggunakan iklan bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan brand awareness. Iklan bisa ditampilkan di media cetak seperti surat kabar atau majalah. Bisa juga di media elektronik seperti televisi atau radio, atau di media online seperti Google AdWords atau Facebook Ads. Iklan yang tepat sasaran dan menarik akan membantu meningkatkan tingkat brand awareness.

 

Manfaat Lainnya

Selain itu, brand awareness juga bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan nilai merek atau brandnya di mata masyarakat. Perusahaan yang memiliki tingkat brand awareness yang tinggi dianggap lebih terpercaya dan memiliki reputasi yang baik, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Untuk meningkatkan brand awareness, perusahaan bisa melakukan berbagai strategi seperti melakukan promosi melalui media sosial. Bisa dengan mengadakan event atau kegiatan yang berkaitan dengan merek atau brandnya, atau bahkan menggunakan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Secara keseluruhan, brand awareness merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Hal ini serta meningkatkan nilai merek atau brand di mata masyarakat. Dengan meningkatkan tingkat brand awareness, perusahaan bisa meningkatkan penjualan dan mencapai keberhasilan yang lebih besar.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Rp 10.600.000
Rp 7.500.000
Rp 1.800.000
Rp 300.000
Rp 2.000.000