Monday, January 16th 2023.

Apa itu Manajemen Inventori?

Apa itu Manajemen Inventori?

Apa itu manajemen inventori? Manajemen inventori adalah proses perencanaan, pengendalian, dan pengawasan sumber daya yang digunakan dalam proses produksi dan pemasaran produk. Ini termasuk pengendalian persediaan bahan baku, produk jadi, dan produk setengah jadi serta pemantauan ketersediaan dan permintaan untuk memastikan bahwa perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tepat waktu. Manajemen inventori juga melibatkan pengambilan keputusan tentang pembelian, penjualan, dan persediaan optimal dari produk.

Manajemen inventori juga melibatkan pengendalian biaya dan risiko yang terkait dengan persediaan. Hal ini termasuk pengendalian biaya pembelian, biaya penyimpanan, dan biaya ketinggalan peluang. Manajemen inventori juga memerlukan pemantauan kondisi persediaan dan tingkat pemakaian untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki jumlah yang tepat dari produk yang tepat pada saat yang tepat. Ini dapat dilakukan melalui teknik seperti sistem pengendalian persediaan (inventory control system) yang digunakan untuk mengatur pembelian, penjualan, dan persediaan produk.

 

Manfaat

Manfaat manajemen inventori dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori:

  1. Efisiensi operasional. Manajemen inventori yang baik dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional dengan memastikan bahwa persediaan yang dibutuhkan tersedia pada saat yang tepat, sehingga mengurangi masalah keterlambatan dalam proses produksi atau pemasaran.
  2. Penghematan biaya. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya pembelian, penyimpanan, dan ketinggalan peluang.
  3. Menjaga ketersediaan produk. Menjaga ketersediaan yang baik dapat membantu perusahaan dalam memastikan bahwa produk yang dibutuhkan oleh pelanggan tersedia pada saat yang tepat.
  4. Membuat keputusan yang lebih baik. Membuat keputusan yang baik dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai pembelian, penjualan, dan persediaan produk.
  5. Pengendalian risiko. Mengendalikan risiko yang baik dapat membantu perusahaan dalam mengendalikan risiko yang terkait dengan persediaan. Contohnya seperti risiko kehabisan stok atau risiko persediaan yang tidak laku.
  6. Meningkatkan kualitas layanan. Kualitas layanan yang baik dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dengan memenuhi permintaan produk dengan tepat waktu.
  7. Analisis data. Menganalisa data terhadap perusahaan dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk menganalisis tren penjualan, permintaan produk, dan tingkat pemakaian produk. Hal ini dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang lebih baik mengenai pembelian, penjualan, dan persediaan produk di masa depan.
  8. Peningkatan efektivitas. Efektivitas yang baik terhadap perusahaan dapat meningkatkan efektivitas operasional dengan memastikan bahwa persediaan yang dibutuhkan tersedia pada saat yang tepat.
  9. Peningkatan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang baik dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan dengan memastikan bahwa persediaan dikelola dengan baik, biaya dikendalikan, dan pelanggan dilayani dengan baik.
  10. Peningkatan kinerja. Kinerja yang baik dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja dengan memastikan bahwa persediaan dikelola dengan baik, biaya dikendalikan, dan pelanggan dilayani dengan baik.

 

Metode

Ada berbagai metode manajemen inventori yang dapat digunakan, seperti metode ABC, metode FIFO, dan metode LIFO. Metode ABC mengklasifikasikan produk berdasarkan tingkat aktivitasnya, sementara metode FIFO dan LIFO menentukan urutan pengeluaran produk dari persediaan. Ada juga metode pengendalian persediaan reorder point yang digunakan untuk menentukan kapan persediaan harus diisi ulang.

Manajemen inventori juga dapat digabungkan dengan teknologi, seperti sistem pemantauan persediaan elektronik (Electronic Inventory Monitoring Systems) yang dapat membantu perusahaan dalam mengendalikan dan mengevaluasi persediaan mereka.

 

Secara keseluruhan, manajemen inventori adalah bagian penting dari operasi perusahaan yang membantu dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memastikan ketersediaan produk yang dibutuhkan pelanggan.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 3.900.000
Rp 16.850.000
Rp 1.850.000
Rp 11.900.000
Rp 8.900.000
Rp 1.100.000