Tuesday, January 10th 2023.

Apa itu NFC?

Apa itu NFC?

Apa itu NFC? NFC (Near Field Communication) adalah teknologi jaringan komunikasi nirkabel yang memungkinkan pertukaran data antara perangkat elektronik melalui sinyal radio yang dikirimkan ketika perangkat tersebut berada dalam jarak dekat (biasanya kurang dari 4 cm). Metode ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memindai tag NFC untuk mengakses informasi, mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, atau bahkan membayar dengan menggunakan perangkat mobile sebagai kartu pembayaran.

NFC terkait erat dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification), yang juga merupakan teknologi jaringan komunikasi nirkabel yang memungkinkan pertukaran data dengan menggunakan sinyal radio. Namun, NFC memiliki beberapa perbedaan dari RFID, seperti jarak yang lebih dekat dan kemampuan untuk mentransfer data dua arah.

NFC juga memiliki beberapa kelebihan lain, seperti mudah digunakan, cepat, dan aman. Hal ini karena NFC hanya akan bekerja ketika perangkat yang akan terhubung benar-benar berada dalam jarak dekat. Ini menambah keamanan sehingga mengurangi risiko akses tanpa izin atau pencurian data. Selain itu, NFC juga memiliki kecepatan transmisi yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan untuk mentransfer data dalam waktu yang relatif singkat.

 

Manfaat

Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan NFC:

  1. Kemudahan penggunaan. NFC mudah digunakan karena hanya perlu menempelkan perangkat yang terhubung ke NFC ke perangkat lain untuk mentransfer data.
  2. Kecepatan. NFC memiliki kecepatan transmisi yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan mentransfer data dalam waktu yang relatif singkat.
  3. Aman. NFC hanya akan bekerja ketika perangkat yang akan terhubung benar-benar berada dalam jarak dekat. Keamanan tetap terjaga sehingga mengurangi risiko akses tanpa izin atau pencurian data.
  4. Fleksibilitas. NFC dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mentransfer data, membayar, atau mengakses informasi dengan memindai tag.
  5. Dapat digunakan di berbagai perangkat. NFC dapat digunakan di berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone, kartu pembayaran, dan lainnya.
  6. Dapat digunakan untuk membayar. NFC dapat digunakan sebagai kartu pembayaran mobile, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran dengan hanya menempelkan perangkat mobile ke mesin pembayaran.
  7. Dapat digunakan untuk mengakses informasi. Dengan NFC, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi dengan memindai tag NFC yang terdapat pada produk atau display informasi.

 

Cara Kerja

NFC (Near Field Communication) bekerja dengan cara mentransfer data melalui sinyal radio dengan frekuensi rendah (antara 13,56 MHz) yang dikirimkan oleh perangkat yang terhubung ke NFC. Perangkat yang terhubung ke NFC dapat berupa smartphone, kartu pembayaran, atau perangkat lain yang dilengkapi dengan chip NFC.

Saat perangkat yang terhubung ke NFC ditempelkan atau berada dalam jarak dekat dengan perangkat lain yang juga dilengkapi dengan chip NFC, maka sinyal radio akan dikirimkan dan mampu mengakses data yang tersimpan di dalam perangkat tersebut. Proses ini dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu melakukan konfigurasi atau setting apapun.

NFC juga memiliki kemampuan untuk mentransfer data dua arah. Hal ini memudahkan sehingga perangkat yang terhubung ke NFC dapat mengirimkan atau menerima data dari perangkat lain. Hal ini memungkinkan NFC untuk digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mentransfer data, membayar, atau mengakses informasi dengan memindai tag.

Sebagai contoh, ketika seseorang ingin membayar dengan menggunakan smartphone yang terhubung ke NFC, maka cukup dengan menempelkan smartphone tersebut ke mesin pembayaran yang juga dilengkapi dengan chip NFC. Sistem pembayaran akan secara otomatis terkoneksi dan mentransfer data yang diperlukan untuk melakukan pembayaran. Begitu juga sebaliknya, ketika seseorang ingin mentransfer data dari smartphone ke perangkat lain yang terhubung ke NFC, cukup dengan menempelkan kedua perangkat tersebut dan data akan tertransfer secara otomatis.

Saat ini, NFC telah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pembayaran mobile, sistem akses kontrol, dan pemindai tag informasi. Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, NFC diyakini akan semakin populer dan banyak digunakan dalam berbagai aplikasi di masa yang akan datang.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 650.000
Mesin Kasir Aster (Paket B)

-10%

Rp 10.000.000 9.100.000
Rp 3.400.000
Rp 1.900.000
Rp 21.000.000
Rp 200.000