Wednesday, October 26th 2022.

Apa Manfaat Kode Item Barang?

Apa Manfaat Kode Item Barang?

Apa Manfaat Kode Item Barang?

 

Apakah anda sudah menggunakan Kode Item Barang? Terkadang kita mungkin pernah mengalami kendala pada saat mencari Item Barang yang kita inginkan namun sulit k dan membuang waktu. Padahal salah satu fungsi Kode Item untuk memudahkan kita dalam mencari Item Barang.

Tahukah Anda bahwa Kode Item itu memiliki beberapa istilah yang sering digunakan, seperti ‘part number’ , ‘nomor model’ ,  ‘kode produk’ , ‘kode barang’ dan lain sebagainya.

 

Yuk kita kenali lebih dalam lagi tentang Kode Item agar Anda dapat menggunakan Kode Item Barang lebih baik dan Benar!

Kode Item atau Nomor Identifikasi Barang (Penomoran Barang) ini dipakai untuk mengidentifikasi item barang secara menarik yang anda input di dalam susunan Daftar Item atau Persediaan Barang (inventory). Tapi bagaimanapun anda menyebutnya, kode item paling penting untuk Anda dan sistem inventory barang yang dipakai. Apabila Anda ataupun sistem tidak dapat mengidentifikasi item barang secara unik, Anda tidak akan dapat memperhitungkan kegiatan dan eksistensi dalam inventory secara efektif. Kode Item juga bermanfaat sebagai singkatan untuk pemaparan item barang. Dibandingkan Anda memasukkan nama item atau deskripsi untuk item barang tertentu, Anda dapat menggunakan Kode Item yang jauh lebih pendek. Hal ini akan mempercepat proses data entry dan pengelolaan inventory.

apa saja sih Manfaat dari Kode Item Barang?

  1. Memudahkan pengelompokan barang
  2. Memudahkan pemanggilan data barang
  3. Memudahkan pengelolaan data barang
  4. Memudahkan pembuatan laporan

Bagaimana cara membuat kode item barang yang baik dan benar?

Dalam pembuatan Kode Item, ada baiknya gabungan dari Angka dan Huruf

  • Minimal 5 digit
  • Maximal 10 digit
  • Hindari memulai penomoran kode dengan angka 0 (nol)
  • Manfaatkan huruf untuk memulai pengkodean sehingga memudahkan identifikasi barang.

 

Ada beberapa Fungsi dari kode item barang yaitu :

  1. Meningkatkan efisiensi pendaftaran atau membuat daftar operasional, akuntansi dan finansial menjadi lebih ringkas dan sistematis. Efisiensi pencatatanpun terlihat pada sistematika daftar yang menjadi jauh lebih apik dan tertata dengan memakai kode akun dikomparasikan dengan tanpa kode akun.
  2. Meningkatkan control pencatatan, kode akun menjadi identitas transaksi atau kejadian yang mudah disaksikan dan dikenang oleh semua pemakai. Dengan demikian, catatan-catatan menjadi lebih mudah dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis, baik untuk tujuan menilai absah atau tidaknya sebuah catatan, maupun untuk menilai informasi dalam rangka pemungutan keputusan pemakai informasi yang bersangkutan.
  3. Mempermudah perbaikan atau penyesuaian, maksudnya yakni tindakan-tindakan mengerjakan penyesuaian (adjustment) terhadap catatan-catatan yang merasakan perubahan sebab kejadian atau transaksi ekstra ataupun sebab kesalahan yang dilaksanakan oleh semua pemakai.
  4. Mempermudah pemrosesan atas hasil-hasil catatan, dengan kode akun yang efektif, maka semua pemrosesan data atau hasil-hasil daftar akan dapat dilaksanakan dengan gampang dan jauh lebih terkontrol.
  5. Mempermudah penyusunan laporan, kode akun yang baik menjadi modal untuk pembuatan laporan-laporan yang baik, dan ini dengan kata lain memberikan dasar untuk pengambilan keputusan.
  6. Mempermudah pembaca laporan dari sekian banyak pihak untuk pemungutan

 

Demikian apa manfaat kode item barang?. Semoga bermanfaat dan mudah di pahami. Untuk informasi produk tentang  IPOS 5 Online atau produk alat kasir yang lainnya  yang lebih lengkap, hubungi kami dan dapatkan HARGA SPECIAL..!!!

klik disini untuk melihat produk perangkat kasir dan mesin antrian.

View larger map kios barcode 

Store:
Kios Barcode(spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

  • Idha
    – Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy
    – Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 3.000.000
Rp 1.500.000
Rp 3.750.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 4.700.000