Monday, January 2nd 2023.

Bagaimana Membuat Strategi Pemasaran?

Ilustrasi Bagaimana Membuat Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah seperangkat tindakan yang direncanakan secara sistematis untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan, lantas bagaimana membuat strategi pemasaran? Tujuan pemasaran bisa berupa meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, atau meningkatkan loyalitas pelanggan.

Untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif, perusahaan harus memahami pasar sasaran, kompetitor, dan posisi produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, perusahaan juga harus menentukan target pemasaran, budget pemasaran, serta menyusun rencana aksi yang tepat untuk mencapai tujuan pemasaran tersebut.

 

Strategi yang Digunakan

Berikut ini beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan:

  1. Pemasaran langsung (direct marketing): Merupakan strategi pemasaran yang menghubungkan perusahaan langsung dengan pelanggan melalui media seperti telepon, email, atau surat.
  2. Pemasaran terpusat (centralized marketing): Merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan pusat pemasaran untuk mengelola kegiatan pemasaran perusahaan secara keseluruhan.
  3. Pemasaran tersegmentasi (segmented marketing): Merupakan strategi pemasaran yang menyasar pasar sasaran dengan cara membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil (segment) yang memiliki kebutuhan dan preferensi yang sama.
  4. Pemasaran terkonsentrasi (concentrated marketing): Merupakan strategi pemasaran yang menyasar pasar sasaran dengan cara memfokuskan kegiatan pemasaran pada satu atau beberapa segment pasar tertentu.
  5. Pemasaran terintegrasi (integrated marketing): Merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai aktivitas pemasaran, seperti public relations, promosi penjualan, dan pemasaran digital, dalam upaya mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan.
  6. Pemasaran langsung ke konsumen (direct-to-consumer marketing): Merupakan strategi pemasaran yang menghubungkan perusahaan langsung dengan konsumen melalui media seperti website perusahaan atau aplikasi mobile.
  7. Pemasaran sosial (social marketing): Merupakan strategi pemasaran yang menggunakan prinsip-prinsip pemasaran untuk mempromosikan ide atau perilaku yang bermanfaat bagi masyarakat.
  8. Pemasaran internasional (international marketing): Merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan pasar global dalam upaya meningkatkan penjualan perusahaan.

Untuk memilih strategi pemasaran yang tepat, perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti target pemasaran, budget pemasaran, serta keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, perusahaan juga harus terus memantau dan mengevaluasi strategi pemasaran yang telah disusun, serta melakukan perbaikan jika diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah menyusun strategi pemasaran yang tepat, perusahaan harus menerapkan strategi tersebut dengan tepat dan konsisten agar dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa strategi pemasaran tersebut sesuai dengan target pemasaran, budget pemasaran, serta keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Sesuaikan aktivitas pemasaran dengan media yang tepat, seperti menggunakan media sosial untuk mencapai konsumen milenial atau menggunakan media cetak untuk mencapai konsumen tua.
  3. Pastikan bahwa pesan pemasaran yang disampaikan jelas dan sesuai dengan target pemasaran, serta menarik perhatian konsumen dengan cara yang efektif.
  4. Buat rencana aksi yang jelas dan terukur, serta lakukan evaluasi secara terus-menerus. Hal ini untuk mengetahui apakah strategi pemasaran tersebut efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan.
  5. Jangan lupa untuk memperhatikan kebijakan dan regulasi yang berlaku, terutama jika perusahaan melakukan pemasaran internasional.
  6. Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, karena pelanggan yang puas akan memberikan efek yang positif bagi brand image perusahaan.
  7. Terus belajar dan mengembangkan diri untuk mengikuti perkembangan pasar dan tren pemasaran yang terjadi.

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan konsisten, perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan dengan efektif dan efisien. Namun, perusahaan harus terus memantau dan mengevaluasi strategi pemasaran yang telah disusun. Perusahaan juga mesti melakukan perbaikan jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan pasar yang terjadi.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 3.850.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 4.000.000
Rp 100.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.500.000