Tuesday, June 20th 2023.

Barcode Scanner Tidak Bisa Membaca Kode Barcode: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Barcode scanner adalah alat yang penting dalam berbagai industri untuk membaca dan mengumpulkan data dari kode barcode. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika scanner tidak dapat membaca kode barcode dengan akurat atau sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dan cara mengatasi masalah tersebut.

  1. Kode barcode yang rusak atau buram: Penyebab paling umum dari scanner barcode tidak bisa membaca kode barcode adalah karena kode tersebut rusak atau buram. Hal ini dapat terjadi akibat pencetakan yang tidak sempurna, tergores, atau tinta yang memudar. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mencetak ulang kode barcode dengan kualitas yang lebih baik atau menggantikan barcode yang rusak dengan yang baru.
  2. Posisi atau sudut pemindaian yang tidak tepat: Scanner barcode memerlukan posisi dan sudut pemindaian yang tepat agar dapat membaca kode barcode dengan akurat. Jika scanner tidak diposisikan dengan benar atau sudut pemindaian tidak optimal, maka akan sulit untuk membaca kode tersebut. Pastikan bahwa scanner ditempatkan secara langsung di atas kode barcode dan dijaga dengan sudut pemindaian yang benar untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Format atau jenis barcode yang tidak sesuai: Scanner barcode memiliki kemampuan untuk membaca berbagai jenis barcode, seperti kode 1D atau 2D. Jika scanner tidak sesuai dengan jenis barcode yang digunakan, maka akan sulit atau tidak mungkin untuk membacanya. Pastikan bahwa scanner yang digunakan mendukung format atau jenis barcode yang Anda gunakan di lingkungan kerja Anda.
  4. Koneksi atau komunikasi yang tidak stabil: Beberapa scanner barcode menggunakan koneksi nirkabel atau kabel USB untuk berkomunikasi dengan perangkat lain, seperti komputer atau sistem POS. Jika koneksi tersebut tidak stabil atau terputus, maka scanner mungkin tidak dapat membaca kode barcode dengan benar. Pastikan bahwa koneksi atau komunikasi antara scanner dan perangkat terjaga dengan baik. Coba periksa kabel, pindahkan perangkat ke posisi yang lebih dekat, atau reset pengaturan koneksi jika diperlukan.
  5. Perangkat scanner yang perlu diperbarui atau diservis: Terakhir, masalah scanner barcode yang tidak dapat membaca kode barcode mungkin disebabkan oleh perangkat itu sendiri. Ada kemungkinan bahwa perangkat tersebut perlu diperbarui perangkat lunaknya atau memerlukan pemeliharaan atau perbaikan. Pastikan untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak terbaru dan menghubungi dukungan teknis jika diperlukan.

Dalam mengatasi masalah scanner barcode yang tidak dapat membaca kode barcode.

penting untuk mengetahui penyebab yang mungkin terjadi dan mencoba langkah-langkah pemecahan masalah yang relevan. Jika masalah terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi produsen scanner barcode atau dukungan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Demikian Artikel ini

Barcode Scanner Tidak Bisa Membaca Kode Barcode: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya? semoga bermanfaat, Apabila ada yang kurang paham atau ada yang tidak sesuai mohon maaf.  Pastikan anda Membeli Peralatan kasir  di KiosBarcode yang pasti Original dan sudah terpercaya.

Kontak Kami

Kunjungi laman sosial media kami!

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • cs 1– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • cs 2– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 4.500.000
Rp 1.000.000
Rp 1.500.000
Rp 11.900.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.500.000