Wednesday, January 11th 2023.

Barcode Sebagai Alat Pembayaran

Barcode Sebagai Alat Pembayaran

Barcode merupakan teknologi yang digunakan untuk menyimpan dan mentransmisikan informasi melalui sebuah pola garis yang dapat dibaca oleh perangkat barcode scanner serta dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Teknologi ini pertama kali digunakan pada tahun 1960-an dan sejak saat itu telah banyak digunakan dalam berbagai industri, termasuk dalam proses pembayaran.

Pembayaran dengan barcode dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone atau perangkat lain yang dilengkapi dengan kamera dan aplikasi yang dapat membaca barcode. Pelanggan dapat memindai barcode yang terdapat pada struk belanja atau tiket, kemudian melakukan pembayaran melalui aplikasi yang digunakan.

Salah satu keuntungan dari pembayaran dengan barcode adalah proses yang cepat dan mudah. Pelanggan tidak perlu mengantri untuk melakukan pembayaran, karena cukup dengan memindai barcode yang terdapat pada struk belanja atau tiket. Selain itu, pembayaran dengan barcode juga dapat digunakan dalam berbagai situasi. Barcode bisa digunakan untuk pembayaran di toko-toko, pembelian tiket di tempat wisata, atau pembayaran di restoran.

Selain itu, Barcode juga dapat digunakan dalam e-commerce. Contohnya, barcode ini digunakan pada sistem pengecekan barcode yang digunakan dalam pengiriman barang e-commerce. Barcode akan mempermudah proses pengiriman barang, karena mempermudah dalam pengecekan lokasi dan proses pengiriman.

 

Cara Kerja

Barcode bekerja sebagai sarana pembayaran dengan cara menyimpan informasi harga produk atau jasa yang akan dibayar dalam sebuah pola garis yang dapat dibaca oleh perangkat barcode scanner. Proses pembayaran dengan barcode melibatkan tiga pihak utama yaitu pelanggan, penjual, dan perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran dengan barcode.

Pertama, pelanggan akan mencari barcode yang terdapat pada produk atau jasa yang ingin dibeli. Barcode ini dapat ditemukan pada struk belanja atau tiket yang dikeluarkan oleh penjual. Kemudian pelanggan akan menggunakan smartphone atau perangkat lain yang dilengkapi dengan kamera dan aplikasi yang dapat membaca barcode untuk memindai barcode tersebut.

Setelah barcode dibaca, aplikasi akan mengirimkan informasi harga produk atau jasa yang dibeli ke perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran dengan barcode. Perusahaan ini akan melakukan verifikasi dan validasi pembayaran dengan mengecek saldo atau kartu kredit yang digunakan oleh pelanggan. Jika pembayaran valid, maka perusahaan akan mengirimkan konfirmasi pembayaran kepada penjual dan pelanggan.

Penjual akan menerima konfirmasi pembayaran dan mengkonfirmasikan pembelian produk atau jasa. Kemudian pelanggan akan menerima barang atau layanan yang dibeli.

Selain itu, Barcode juga dapat digunakan dalam e-commerce dengan proses yang serupa. Namun, di e-commerce, barcode dapat digunakan untuk pembayaran dari jarak jauh. Barcode akan mengandung informasi produk yang akan dibeli. Dengan ini pelanggan dapat memindai barcode tersebut dengan aplikasi dan melanjutkan proses pembayaran seperti yang dijelaskan sebelumnya.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.450.000
sale
Printer Barcode Zebra GC420T

15%

Rp 3.650.000 4.300.000
Rp 650.000
Rp 3.850.000
Rp 1.800.000