Friday, January 14th 2022.

Begini Cara Kerja Printer Barcode

Cara kerja printer barcode pada umumnya menggunakan teknologi thermal atau pemanasan. Printer mencetaknya di kertas dengan memanaskan kertas tadi sehingga kertas menjadi “terbakar.” Sebagai gambaran, apabila anda pernah menggunakan mesin ATM bank, maka sistem pencetakan label barcode juga sama seperti itu. Tulisan yang tercetak pada kertas ATM bank terbentuk dari pemanasan. Untuk printer barcode sendiri terdapat dua cara kerja yang digunakan untuk membakar atau mencetak di kertas. Cara kerjanya ialah dengan DIRECT THERMAL dan THERMAL TRANSFER.

Printer Barcode DIRECT THERMAL

Printer ini memanaskan kertas secara langsung oleh thermal head (bagian pemanas) dari printer. Meskipun begitu, kelemahan jenis direct thermal ini adalah hasil cetak barcode yang mudah pudar atau rusak, karena mudah terpengaruh oleh suhu.

Printer Barcode THERMAL TRANSFER

Sebenarnya ada media lain untuk mencetak menggunakan printer ini. Jadi selain menggunakan kertas, printer ini juga bisa menggunakan media yang disebut ribbon. Jadi ribbon ini dipanaskan, sehingga warna dari ribbon akan lengket ke kertas atau media. Hasil cetak menggunakan jenis ini jelas sudah tidak terpengaruh suhu, karena pelengketan dengan panas. Biasanya Printer ini digunakan oleh alat cetak atau printer foto profesional. Jika anda masih bingung dengan cara kerjanya, sebenarnya cara kerjanya sangat mirip dengan stiker tempel yang dulu pernah terkenal dengan merek RUGOS. Yang membedakan kalau pada rugos, pemindahan tulisan di rugos ke kertas adalah dengan penggosokan, sedangkan pada thermal transfer dengan pemanasan.

Cara penggunaan dan lokasi pemakaian printer

Umumnya printer thermal digunakan pada beberapa bidang pekerjaan tertentu yang membutuhkan hasil cetak yang cepat seperti mencetak resep pesanan, kasir, daftar harga, label barcode dan lain-lain. Sehingga penggunaan printer ini sering digunakan pada bisnis-bisnis retail dan pom bensin. Cara menggunakan printer thermal yaitu dengan menyalakan printer kemudian masukkan kertas thermal dalam printer. Kemudian otomatis akan menggerakkan kepala printer sampai menghasilkan panas, kemudian kepala printer akan menyentuh kertas lalu kepala printer akan mengaktifkan tinta. Perlahan tinta akan mencetak data diatas kertas thermal dan hasil cetakan sesuai dengan data yang diinginkan.

Saat ini sudah ada software FastBarcode yang bisa mencetak pada baris dan kolom tertentu pada kertas flat paper, sehingga tidak akan ada kertas yang terbuang. Harga printer barcode saat ini sudah semakin murah. Dan ada beberapa merek dengan harga terjangkau yang kami rekomendasikan seperti produk dari TSC dan Postek.

Itu dia penjelasan dari kami mengenai cara kerja printer barcode. Jika anda berminat untuk mencari tahu lebih lanjut produk printer barcode apa saja yang tersedia bisa di klik disini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Contact us on :

Kios Barcode

Store:
Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp (Hubungi CS)
Rp 2.300.000
Rp 650.000
Rp 1.600.000
Rp 1.250.000
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage