Sunday, September 18th 2022.

Cara Input Retur Pembelian Apotik dan klinik 4.0

Cara Input Retur Pembelian Apotik dan klinik 4.0

Cara Input Retur Pembelian Apotik dan klinik 4.0

 

Pengertian Apotek & Klinik 4.0

Program Apotek dan Klinik 4.0 adalah program komputer untuk mengelola obat atau barang yang dijual dan dibeli pada apotek. Program ini dilengkapi fitur Klinik berobat dari pendaftaran pasien, diagnosa dokter dan pembayaran klinik.

Anda dapat dengan mudah dan cepat mengelola data obat, data pasien, sejarah berobat pasien, menyiapkan obat pasien, termasuk juga mengelola keuangan apotek dan klinik sampai menghasilkan laporan laba/rugi dan neraca.

Program ini menggunakan database PostgreSQL dengan kemampuan sangat baik pada jaringan komputer lokal dapat digunakan untuk client-server atau standalone komputer.

Pengertian Retur Pembelian:

Retur pembelian adalah pengembalian barang dari pihak pembeli kepada pihak penjual sebab barang yang udah dikirim tidak sama dengan spesifikasi yang sudah dijelaskan. Selain itu, dapat  terjadi karena barang rusak. Dengan retur pembelian, maka akan ada pengurangan utang pihak penjual atau pemilik barang.

Retur Pembelian  berfungsi untuk mengembalikan barang ke supplier dan juga bisa menampilkan transaksi retur pembelian, selain itu juga bisa untuk menambah, mengubah dan menghapus transaksi retur pembelian.

Sistem retur pembelian digunakan dalam perusahaan untuk pengembalian barang yang sudah dibeli kepada pemasoknya. Barang yang sudah diterima pemasok terkadang tidak sesuai dengan barang yang dipesan menurut surat order pembelian. Ketidaksesuaian itu terjadi kemungkinan karena barang yang diterima tidak cocok dengan spesifikasi yang tercantum dalam surat order pembelian, barang mengalami kerusakan dalam pengiriman atau barang yang diterima melewati tanggal pengiriman yang dijanjikan oleh pemasok.

Secara umumnya retur pembelian adalah pengembalian barang yang udah dibeli oleh pihak pembeli kepada pihak penjual karena barang yang sudah dikirim tidak sesuai maupun tidak lengkap bahkan rusak. Alasan adanya retur pembelian, keuntungan dari pihak pembeli yaitu utang pihak pembeli kepada pihak penjual akan menjadi berkurang ketika membeli barang secara kredit.

Pada akun retur pembelian,takan dicatat pada bagian kredit dalam jurnal keuangan, namun pada akun utang dagang akan dicatat di bagian debit. Kemudian pada saat penyesuaian retur pembelian tersebut akan mempengaruhi pencatatan pada laporan seperti arus kas.

 

Berikut cara input Retur pembelian di program apotek & klinik 4.0

  1. Sebelum melakukan input pembelian, cek stok item terlebih dahulu di daftar item
  2. Setelah cek stok item, Klik menu pembelian -> Daftar pembelian -> Klik (+) Tambah
  3. Lalu, isi nama item yang habis di kolom Kode item -. Ubah jumlah item
  4. Pilih supplier -> Isi kolom Tunai/ DP -> Klik simpan & Ok.
  5. Untuk melihat stok item apakah sudah bertambabh. Silahkan cek di daftar item. Daftar item-.> Klik symbol Refresh.
  6. Untuk melihat history pembelian Klik Kartu Stok-> Pilih bulan pada kolom Periode-> Klik proses.

Demikianlah Cara Input Retur Pembelian Apotik dan klinik 4.0 semoga bermanfaat buat kalian semua. Untuk Informasi lebih lanjutnya lagi silahkan klik disini atau hubungi nomor yang ada di bawah ini.

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode

Youtube Channel

Rp (Hubungi CS)
Jual Printer Passbook Epson PLQ 20 Murah dan Bergaransi Resmi

4%

Rp 8.500.000 8.900.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.000.000
Rp 6.800.000
Rp 3.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage