Thursday, March 10th 2022.

Cara Jitu Merawat Printer Kasir Thermal

Cara Jitu Merawat Printer Kasir Thermal

 

Cara Jitu Merawat Printer Kasir Thermal

Deskripsi

Printer thermal adalah salah satu jenis printer yang masuk pada golongan printer impact. Proses cetak printer ini dengan memakai media gulungan kertas. Proses kerjanya adalah dengan menarik gulungan kertas itu hingga berubah menjadi gelap jika dipanaskan. Biasanya printer ini digunakan pada beberapa bidang bisnis yang membutuhkan hasil cetak cepat seperti untuk mencetak resep makanan, resi, daftar harga, kasir, label barcode dan lainnya.

Sekarang ini banyak sekali yang menggunakan printer thermal dalam pekerjaan baik dalam sekala besar atau kecil. Pentingnya thermal printer dalam operasional mengharuskan printer harus selalu kondisi terbaik. Berikut ini beberapa tips agar printer thermal awet & selalu optimal.

 

Tips Pertama

Jagalah print head dan pastikan tetap bersih. Baca secara detail instruksi dan ikuti rekomendasi dari masing-masing jenis tipe dan merk pabrik untuk membersihkan kepala printer atau print head. Umumnya kepala printer harus dibersihkan dengan alkohol Isopropil dengan kadar setidaknya 70% dan di tuangkan secukupnya ke kain halus, lalu usap secara perlahan-lahan.

 

Tips Kedua

Dilarang menggunakan benda tajam untuk menghilangkan berkerak atau kemacetan saat terjadi pada kertas ataupun label. Printer thermal memiliki plat-plat bahan karet biasanya yang mendorong kertas keluar dari bagian depan printer. Rol ini juga memberikan tekanan balik ke kepala cetak atau print head sehingga kalian dapat mencetak dengan jelas dan maksimal. Pastikan juga untuk membersihkan plat-plat tersebut dengan alkohol sebulan sekali minimal untuk menghindari penumpukan residu yang dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang.

 

Tips Ketiga

Bersihkan debu pada printer thermal sekali atau dua kali setiap minggu. Bersihkan juga bagian pemotong kertas untuk yang printer thermal yang memiliki automatic cutter dari sisa-sisa kertas yang menempel. Jika ruangan tempat kalian menyimpan printer thermal tersebut ber AC, pastikan untuk printer tersebut agar tidak dalam keadaan lembab. Apabila printer thermal terus menerus dalam keadaan lembab. Hal tersebut akan cepat dan mudah rusak.

 

Untuk memaksimalkan cara membersihkan dan merawat printer thermal kalian, alangkah baiknya untuk mengikuti instruksi yang tertera dalam buku panduan dari masing-masing merk, jenis, dan tipenya. Dan pastinya memiliki cara dan perawatan yang berbeda agar lebih dapat hasil yang maksimal untuk printer tersebut lebih tahan lama.
Demikian artikel singkat kali ini, Cara Jitu Merawat Printer Kasir Thermal, untuk harga printer thermal bisa Kalian bisa menghubungi melalui WhatsApp/SMS no.
Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Irman
– Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Rp 2.700.000
Mesin Kasir Android ACACIA Series A

16%

Rp 4.200.000 5.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 650.000
Rp 1.100.000
Rp 2.500.000