Thursday, January 5th 2023.

Cara Kerja Printer Kasir

Ilustrasi Cara Kerja Printer Kasir

Bagaimana cara kerja printer kasir? Printer kasir adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak struk atau nota transaksi di toko atau bisnis. Printer kasir ini biasanya digunakan di kasir untuk mencetak struk pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Selain itu, printer kasir juga dapat digunakan untuk mencetak laporan penjualan, laporan stok barang, dan laporan lainnya yang diperlukan oleh pemilik bisnis atau toko.

Perangkat ini biasanya terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah printer kasir dot matrix, printer kasir thermal, dan printer kasir inkjet. Printer kasir dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan titik-titik untuk mencetak struk atau nota transaksi. Jenis alat ini biasanya memiliki kualitas cetak yang lebih rendah dibandingkan dengan printer kasir jenis lainnya, namun harganya lebih murah. Printer kasir thermal adalah jenis printer yang menggunakan panas untuk mencetak struk atau nota transaksi. Alar ini memiliki kualitas cetak yang lebih baik dibandingkan dengan printer kasir dot matrix, namun harganya lebih mahal. Printer kasir inkjet adalah jenis printer yang menggunakan tinta untuk mencetak struk atau nota transaksi. Mesin cetak ini memiliki kualitas cetak yang sangat baik, namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan printer kasir jenis lainnya.

Printer kasir juga dapat terhubung ke sistem komputer yang digunakan untuk mengelola bisnis atau toko. Dengan demikian, struk atau nota transaksi yang dicetak oleh printer kasir dapat disimpan dalam sistem komputer. Hal ini menguntungkan karena memudahkan pemilik bisnis atau toko dalam melakukan pengelolaan dan pengawasan terhadap penjualan yang dilakukan.

 

Keuntungan Menggunakan

Keuntungan menggunakan printer kasir adalah memudahkan pemilik bisnis atau toko dalam melakukan pengelolaan dan pengawasan terhadap penjualan yang dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau toko dengan adanya struk atau nota transaksi yang tercetak dengan rapi dan jelas. Namun, pemilik bisnis atau toko juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan untuk membeli dan menggunakan printer kasir, serta mempertimbangkan jenis printer kasir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau tokonya.

 

Cara Kerja

Cara kerja printer kasir tergantung pada jenis printer yang digunakan. Namun, secara umum, printer kasir bekerja dengan cara mencetak struk atau nota transaksi yang diperintahkan oleh sistem komputer yang terhubung.

  1. Pada printer kasir dot matrix. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sebuah head print yang terdiri dari beberapa baris titik-titik yang disusun secara horizontal. Head print ini akan bergerak ke kiri dan ke kanan di atas kertas yang akan dicetak, sambil mencetak titik-titik pada kertas tersebut sesuai dengan informasi yang diterima dari sistem komputer.
  2. Pada printer kasir thermal. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan panas untuk mencetak struk atau nota transaksi. Printer ini memiliki sebuah head print yang terbuat dari bahan termal yang akan mengeluarkan panas saat head print bergerak di atas kertas yang akan dicetak. Panas yang dihasilkan oleh head print akan menyebabkan kertas menjadi hitam di tempat yang terkena panas, sehingga tercetak struk atau nota transaksi yang diinginkan.
  3. Pada printer kasir inkjet. Cara kerjanya adalah dengan menyemprotkan tinta ke kertas yang akan dicetak melalui sebuah head print yang terdiri dari beberapa lubang kecil. Tinta yang disemprotkan akan menempel pada kertas dan menyebabkan struk atau nota transaksi tercetak dengan warna yang jelas dan tajam.

Setelah struk atau nota transaksi selesai dicetak, printer kasir akan mengeluarkan kertas yang telah tercetak ke luar printer. Struk atau nota transaksi yang telah tercetak ini kemudian dapat diserahkan kepada pelanggan sebagai bukti transaksi yang telah dilakukan.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Printer Mobile Bluetooth Kassen MT200A Auto Cutter

13%

Rp 1.400.000 1.600.000
Rp 1.900.000
Rp 100.000
Rp 12.400.000
Rp 650.000