Thursday, February 2nd 2023.

Cara Kerja Printer Thermal

Cara Kerja Printer Thermal

Printer Thermal adalah jenis printer yang memiliki cara kerja dengan menggunakan teknologi transfer panas untuk mencetak gambar atau teks pada media cetak. Berikut adalah cara kerja printer thermal:

  1. Siapkan Media Cetak: Printer thermal membutuhkan media cetak khusus yang dapat membawa tinta termal. Media cetak ini terdiri dari kertas thermal yang dilapisi dengan lapisan hitam yang terasa kasar.
  2. Pemindahan Tinta: Pada saat mencetak, head print (alat pencetak) mengeluarkan panas yang sangat tinggi pada area-area tertentu dari media cetak. Panas ini menyebabkan lapisan hitam pada media cetak mencair dan memindahkan warna ke permukaan kertas.
  3. Aliran Listrik: Aliran listrik diteruskan ke head print untuk memanaskan tinta. Kemampuan head print untuk memanaskan tinta secara selektif memungkinkan printer thermal mencetak gambar atau teks dengan warna yang kontras.
  4. Proses Cetak: Setelah head print selesai memanaskan tinta, kertas dipindahkan ke depan untuk mencetak gambar atau teks. Printer thermal mampu mencetak dengan kecepatan tinggi karena tidak memerlukan waktu untuk menunggu tinta mengering seperti pada jenis printer lain.
  5. Hasil Cetak: Hasil cetak akan terlihat dengan jelas dan tahan lama karena lapisan hitam pada media cetak tidak akan mengelupas atau memudar.

 

Fitur Tambahan

Selain cara kerja dasar, printer thermal juga memiliki beberapa fitur tambahan yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk aplikasi tertentu. Berikut adalah beberapa fitur tambahan yang umum ditemukan pada printer thermal:

  1. Pemotong Otomatis: Beberapa printer thermal dilengkapi dengan pemotong otomatis yang memotong kertas setelah proses cetak selesai. Fitur ini memudahkan pengguna untuk memotong kertas dengan presisi dan membuat hasil cetak lebih rapi.
  2. Konektivitas: Printer thermal sering dilengkapi dengan berbagai jenis konektivitas, seperti USB, Ethernet, atau Wi-Fi, yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data cetak dari jarak jauh.
  3. Kemampuan Cetak Label: Beberapa printer thermal dirancang khusus untuk mencetak label, seperti label produk, label pengiriman, atau label aset. Fitur ini membuat printer thermal cocok untuk aplikasi yang memerlukan cetak label dengan presisi tinggi.
  4. Kemampuan Cetak Barcode: Printer thermal juga sering dilengkapi dengan kemampuan untuk mencetak barcode, seperti barcode 1D atau 2D. Fitur ini membuat printer thermal cocok untuk aplikasi yang memerlukan cetak barcode dengan presisi tinggi.

 

Dengan demikian, printer thermal memiliki beragam fitur tambahan yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk aplikasi tertentu. Namun, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan budget sebelum membeli printer thermal agar memiliki printer yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Tags:

#perangkatkasir #kasir #perangkat #komputerkasir #komputerkasirminimarket #minimarket #printer #printerkasir #barcodeprinter #barcode #barcodescanner #softwarekasir #software #jualkomputer #jualkomputerkasir #jasapasangmesinkasir #mesinkasir #cashdrawer #mesinantrean #jualmesinantrean #sewamesinantrean #kertasstruk #mesinstruk

 

Kami menyediakan berbagai perangkat kasir yang tentunya bisa menunjang usaha bisnis atau segala keperluan lainnya. Pastinya, bisa didapatkan dengan harga yang pas di kantung Anda!

Demikian konten kali ini yang dapat kami sajikan, ikuti kami terus untuk mendapatkan informasi seputar perangkat kasir, mesin antrean, hingga perangkat elektronik lainnya!

Kontak Kami

Kunjungi laman sosial media kami!

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 4.800.000
Rp 1.500.000
Rp 12.600.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.600.000
Rp 600.000