(021) 8838 2929 0813-6910-1014 [email protected] 0813-6910-1014
(pcs)
Thursday, January 16th 2020.

Cara memilih komputer server

cara memilih komputer server

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk bagaimana cara memilih komputer server. Yahh benar, jadi Komputer server merupakan salah satu jaringan perangkat keras yang paling penting untuk diperhatikan, mengapa? karna semua jaringan komputer yang akan dibuat membutuhkan server agar bisa menampung data dan juga informasi yang dibutuhkan di setiap komputer client. Komputer server biasanya berisi database dan juga berbagai macam informasi yang digunakan untuk mendukung kebutuhan akses informasi oleh user atau clientnya.

Komputer server memiliki fungsi yang sangat besar bagi kelangsungan sebuah jaringan, maka dari itu harus memiliki spesifikasi dan juga perlakuan yang lebih dimanjakan, agar tidak mengalami gangguan jaringan akibat kegagal server. Berikut adalah hal yang harus dilakukan pada server

Server harus mampu beroperasi 24 jam penuh sehari, sehingga membutuhkan ruang dengan suhu udara yang dapat membantu mempercepat proses pendingin pada server
Server membutuhkan kapasitas RAM dan juga hard disk yang cukup besar dan juga cepat
Server membutuhkan kinerja processor yang juga cepat
Memilih komputer server

Pada umumnya, dalam memilih komputer server, yaitu harus menentukan budget dan juga tujuan utama dari jaringan komputer tersebut. Berikut adalah tips dalam memilih server, yang dilihat dari aspek jenis servernya.

1. Value server

Valu server atau dikenal dengan nama entry level server. Penggunaan value server paling banyak digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki komputer sedikti, kira-kira sebanyak 10 komputer saja. Server bisa membantu tower ataupun rackmount.

Spesifikasi Value atau entry level server

  1. Single processor, biasanya menggunakan Intel core 13 hingga i7
  2. Kapasitas RAM minimal sebesar 2 GB
  3. Menggunakan kapasitas Hardi disk minimal 1TB

2. Midrange server

Midrange server merupakan jenis komputer server yang lebih besar kapasitasnya dibandingkan entry level server. Kebanyakan server dalam level mid-range ini dibuat dalam bentuk tower, dan mampu menangani berbagai macam pekerjaan berat dan tentu saja memiliki spesifikasi yang baik dan tinggi.

Spesifikasi Midrange server

  1. Menggunakan 2 hingga 4 buah processor Intel Xeon, ataupun AMD Opteron (catatan: jarang digunakan pada komputer PC personal biasa)
  2. Penggunaan RAM atau memory minimal 8 GB
  3. Menggunakan lebih dari satu storage drive, biasanya menggunakan 10 storage drive yang mendukung penyimpanan data dalam skala yang sangat besar.

3. Blade server

Blade server merupakan jenis server yang memiliki spesifikasi jauh lebih hebat dibandingkan dengan server yang menggunakan midrange. Blade server ini sangat berbeda, apabila dibandingkan dengan server level entry ataupun midrange, karena server ini tersusun pada sebuah rak khusus yang saling terintegrasi.

Spesifikasi Blade server

Pada umumnya, Blade server ditak memiliki spesifikasi yang istimewa, karena bisa berjalan dengan menggunakan satu buah single core processor saja. Namun, yang membuat blade server ini unggul yaitu, karena mampu mendukung jumlah processor hingga ratusan processor, maka tidak perlu diragukan lagi kecepatannya.

4. Enterprise server

Enterprise sever banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan besar. Karena kemampuan server bisa menangani pekerjaan yang sangat berat dan juga banyak.

Server dengan jenis enterprise biasanya disusun di dalam ruangan khusus, dengan bentuk rak – rak berisi komputer. Membutuhkan ruangan yang cukup luas dan juga besar, serta membutuhkan sistem pendingin ruangan yang juga optimal agar bisa bekerja dengan baik.

Spesifikasi Enterprise server

  1. Dapat digunakan 4 hingga 8 buah processor dengan kecepatan 32 hingga 63 bit.
  2. Beberapa server enterprise menggunakan processor hingga 64 buah.
  3. Menggunakan sisitem operasi linux atau unix.

Itu adalah beberapa jenis server yang ada. sekarang kalian sudah dapat memahami, kira-kira tips yang bisa anda terapkan dalam memilih komputer server, sesuai dengan kemampuan finansial dan juga kebutuhan anda. Demikian pembahasan kali ini, Semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu, terimakasih sudah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,

Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
sale
Printer Barcode Zebra GC420T

15%

Rp 3.650.000 4.300.000
Rp 3.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage