Saturday, July 2nd 2022.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10

Permasalahan yang sangat sering muncul bagi pemakai windows 7, 8, 10/ 11 adalah adanya Blue Screen. Problem yang satu ini bisa saja terjadi dan menyerang perangkat baik itu pada komputer ataupun laptop. Blue screen muncul karena adanya sebuah kesalahan yang ada pada software ataupun hardware yang ada pada laptop atau komputer tersebut.
Jika terjadi blue screen, layar pada laptop Anda akan berwarna biru dengan tulisan putih, dan disertai dengan emoticon ekspresi wajah murung. Blue screen akan muncul saat komputer kalian mengalami kesalahan sistem yang fatal.
Blue screen memang menjadi masalah yang sering sekali dikeluhkan oleh pengguna laptop. Berikut ini ada 2 penyebab laptop blue screen yang perlu Anda ketahui yaitu:

Software Penyebab Laptop Blue Screen

  • Driver baru/update: uninstal driver yang baru saja diinstal yang mendahului blue screen karena ada ketidak cocokan pada driver secara tidak langsung menyebabkan kode STOP. Jika Anda memperbarui driver, Anda dapat memiliki opsi untuk mengembalikan driver laptop/PC Anda ke versi sebelumnya yang berfungsi dengan baik.
  • Driver lama: Begitu juga sebaliknya, bertentangan dengan saran sebelumnya, menginstal ulang semua driver perangkat atau file program baru bisa dapat menghilangkan blue screen. Seringkali, file program atau driver perangkat lama atau yang sudah tidak cocok dapat menyebabkan STOP Error.
  • File sistem yang rusak: Terkadang, Microsoft juga bisa melakukan kesalahan dan mendorong update yang secara tidak sengaja, jadi menyebabkan sistem error. Jika pembaruan yang memperbaiki blue screen tersedia, lanjut dan install. Jika tidak, hapus instalan pembaruan tersebut. System Restore atau Pemulihan Sistem adalah untuk memperbaiki file yang rusak.
  • Virus/Malware: Virus dan malware, dapat merusak file sistem dan/atau driver sehingga menyebabkan blue screen. Pastikan antivirus Devender Anda diperbarui ke versi terbaru sebelum Anda memulai upaya ini.
  • BIOS: BIOS adalah salah satu hal yang jarang disarankan untuk diperbarui karena biasanya ini berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun, namun terkadang tidak cocokan dapat menyebabkan blue screen. Memperbarui BIOS lama ke versi terbaru dapat menghilangkan kode STOP.

Hardware Penyebab Laptop Blue Screen

  • Sirkulasi udara bermasalah: Kipas fan prossesor yang kotor menjadikan tidak berfungsi dengan baik menjadi menghentikan pendinginan komputer sehingga dapat menyebabkan blue screen. Periksa suhu perangkat Anda dan bisa dengarkan apakah kipas berfungsi dengan baik. Anda mungkin perlu membersihkan akumulasi kotoran yang menyumbat insang pada laptop/komputer Anda.
  • Ruang penyimpanan internal kecil: Selama instalasi/upgrade ke sistem operasi baru, kurangnya ruang penyimpanan yang cukup dapat menyebabkan blue screen. Periksa apakah Anda memiliki ruang yang cukup untuk menampung sistem operasi yang baru.
  • Penambahan device yang tidak perlu: Selain keyboard dan mouse, Anda dapat mencabut device lain seperti flash drive dan kartu SD, hard drive portabel, monitor sekunder, kabel HDMI, ponsel cerdas, dan lain-lain. Karena aksesori tambahan ini dapat mengganggu peningkatan sistem operasi.
  • Kabel longgar: Hard drive yang tidak terpasang, chip RAM, dan kabel yang longgar dapat mengembalikan kode STOP. Periksa apakah semua komponen perangkat keras terpasang dengan benar, terutama jika Anda baru saja membuka komputer. Yang aman adalah dengan mencabut, kemudian memasang kembali semua komponen ini untuk memastikan semuanya terpasang dengan baik dan benar.
  • Ada komponen yang rusak: Terkadang, perangkat keras mencapai akhir masa pakainya dan mengirimkan petunjuk SOS berupa blue screen. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat cadangan semua file. Lakukan tes diagnostik untuk memahaminya. Bisa berupa harddisk, RAM, Motherboard atau komponen lainnya. Ganti perangkat, firmware atau seluruh komputer sesuai kemampuan Anda.
  • Install Ulang Windows: Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang laptop Anda. Dengan cara ini, sistem akan baru lagi dan tidak akan ada kerusakan. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

Itulah ulasan terkait penyebab laptop blue screen, jika ada kesalahan atau ada yang kurang mohon maaf, semoga artikel ini dapat membantu Anda yang membacanya. untuk mendapatkan informasi aktual seputar teknologi, mein kasir, serta sistem security. Software POS bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis online atau offline hanya di kiosbarcode.com.

Youtube Channel
KiosBarcode

Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Irman
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 1.900.000
Rp 2.000.000
Rp 1.500.000
Rp 13.500.000
Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage