Tuesday, July 5th 2022.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

 

Memang sangat menyebalkan ketika Kinerja laptop yang lambat dan mulai lemot sangat cukup mengganggu sekali, bahkan untuk keperluan yang penting bener-bener bikin kesel.
Di saat pandemi Covid-19 seperti ini hampir semua kegiatan belajar, kerja, hingga usaha sangat membutuhkan penggunaan laptop.

Saat laptop kalian mulai lemot, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan laptop baru. Karena masih ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang mungkin saja akan membantu. tapi jika mau kalian upgrade biaya lebih mahal dari laptopnya lebih baik ganti saja denga yang baru hehehe…

Penyebab Laptop Lemot

Sebelum ulas masalah laptop yang kinerjanya mulai lemot, tidak ada salahnya untuk membuka lebih dahulu kemungkinan-kemungkinan penyebab dari laptop yang mulai melambat. Siapa tahu salah satu penyebab laptop lemot yang disebutkan di bawah ini ditemukan pada laptop kalian:

  1. Performa laptop terlalu suram yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan dan akan aktif pada saat laptop dihidupkan.
  2. Kapasitas hard disk sudah terlalu penuh menjadikan kinerja laptop menjadi lebih terbebani.
  3. Hard disk yang sudah lama atau melemah akan menyebabkan performa laptop menjadi lebih lemot.
  4. Banyaknya temporary files yang memakan ruang hard disk dan menjadikan laptop lebih lambat.
  5. Terdapat program yang cukup berat yang tidak disupport oleh processor laptop sehingga menjadi sangat lemot.
  6. RAM laptop yang cukup kecil.
  7. Laptop yang sudah tua.
  8. Terkena serangan virus.

Itulah kemungkinan penyebab dari menurunnya performa laptop. Mengetahui penyebab pasti mengapa laptop menjadi melambat, pastiny akan sangat membantu sekali saat harus mengatasinya dengan tepat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penggunaan laptop yang sudah melewati batas maksimum pemakaian bisa menyebabkan laptop ngelag atau freeze. Perhatikan cara-cara yang akan dibahas di bawah ini untuk mengembalikan kinerja laptop Anda yang sudah lemot.

1. Gunakan Antivirus

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Alasan yang paling sering ditemui pada saat laptop lemot adalah karena terserang virus atau malware. Untuk mencegah penurunan performa laptop, bagi yang menggunakan windows 7 dan 8 usahakan Anda memasang antivirus terbaik untuk menghindari serangan dari segala macam virus. Pastikan kalian selalu mengeceknya secara rutin dan melakukan update pada antivirus. Karena agar antivirus dapat terus membaca berbagai macam virus yang ingin menyerang laptop Anda.

2. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

 

Ketika Anda ingin membeli laptop, pastikan Anda sudah tahu spesifikasi dan kebutuhan laptop yang akan Anda dibeli. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan penggunaan sesuai yang Anda inginkan. Ada banyak laptop yang dikhususkan untuk support game dengan RAM yang besar atau laptop yang dibutuhkan untuk para editor video atau desain grafis. Dan ada juga laptop yang bisa dibeli dengan harga murah dikhususkan untuk penggunaan aplikasi yang tidak berat contohnya penggunaan anak sekolah.

Untuk menghindari performa laptop yang lambat, gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop atau PC Anda. Kalau bisa pilih aplikasi yang spesifikasinya lebih rendah sehingga tidak akan membuat laptop lemot. Karena hal kalau dipaksakan tidak baik juga untuk kedepannya hehehe..

3. Uninstall Aplikasi Tidak Digunakan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Menginstal aplikasi yang terlalu berlebihan bisa menjadi membuat performa laptop menurun. Agar laptop tidak lemot, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Kapasitas Drive C yang penuh akan membuat sistem pada laptop lebih lama saat mendeteksi file system hard disk.

Gunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan sangat disayangkan jika memori laptop penuh hanya karena aplikasi-aplikasi yang tidak berguna.

4. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Menyimpan terlalu banyak aplikasi di desktop akan menyebabkan laptop menjadi super lemot. Jika spesifikasi laptop mendukung, tidak akan menjadi masalah.

Selain itu, usahakan jangan terlalu banyak software yang berjalan pada saat laptop startup. Kalian bisa menon aktifkan beberapa software tertentu dengan cara membuka task manager, lalu pilih startup.

Selanjutnya, kalian lihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di laptop kalian saat laptop baru dinyalakan. karena aplikasi tersebut akan working in background dan secara diam-diam memakan kapasitas pada RAM.

5. Tambah RAM

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Jika kalian membeli laptop tapi kapasitas RAM yang keceil seperti 4 GB, Anda bisa upgrade menjadi RAM 8 GB atau RAM 16 GB.

Karena akan membantu performa laptop lebih cepat dan tidak mudah lemot. Saat mengupgrade RAM, harap teliti juga untuk spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4). Dan jangan lupa untuk mencari tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang bisa ditambahkan pada laptop Anda.

6. Ganti Memori HDD ke SSD

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut 100% Work

Laptop lemot bisa disebabkan oleh penggunaan hard disk HDD yang mempunyai kecepatan data lebih lambat berbeda dengan penyimpanan SSD. Sebab oleh karena itu, mengganti penyimpanan HDD ke SSD akan membantu proses booting jauh akan lebih cepat. Walaupun harga SSD terbilang lebih mahal, tetapi cara ini sangat efektif, dijamin ampuh membuat laptop kamu menjadi tidak lemot dan lebih responsif.

7. Gunakan Cooling Pad

Suhu laptop yang panas dapat menyebabkan performa laptop menjadi lebih lambat. Jadi Anda bisa menggunakan alat cooling pad sebagai kipas tambahan yang dapat menjaga suhu laptop Anda agar tidak terlalu panas. Anda juga bisa memakai vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas dari dalam laptop. jika Anda memiliki keduanya akan sangat membantu untuk menjaga suhu laptop pada saat digunakan.

8. Bersihkan Drive C

Ketika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 samapi 4 tahun, performa juga pasti akan ikut menurun. Salah satu solusinya adalah dengan rutin membersihkan Drive C. Kalian bisa mengecek dan memilih program yang memberatkan laptop atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Silahkan uninstal agar bisa menmbah kinerja laptop Anda.

9. Lakukan Reset Windows

Reset windows bisa menjadi cara arternatif dan tidak wajib dilakukan hanya dalam kondisi kepepet saja, karena ketika laptop terasa berat dan lemot. Apalagi jika laptop yang digunakan itu laptop yang sudah lawas. Jika memang terpaksa Sebelum Anda melakukan reset Windows, pastikan sudah melakukan back up data Anda terlebih dahulu seluruh data dan file yang ada di laptop Anda.

10. Manfaatkan Disk Defragment Tools

Selanjutnya, cara mengatasi laptop lemot juga bisa diakali dengan memanfaatkan fitur tool Disk Defragment yang ada pada control panel. Dengan melakukan tahap analyze dan optimize, file dan data pada laptop Anda akan ditata sedemikian rupa. Anda akan mengetahui berapa banyak file junk yang tersimpan di laptop sehingga membuat kinerja laptop menjadi lambat.

11. Menggunakan Thermal Paste pada Prosesor

Suhu laptop yang panas bisa menjadi salah satu penyebab laptop terasa lambat. Anda bisa menggunakan thermal paste di tempat tertentu untuk memastikan suhu laptop lebih terjaga saat dioperasikan. Thermal paste akan membantu juga untuk mendinginkan suhu pada prosesor laptop Anda sehingga mencegah kinerja laptop menjadi lambat.

12. Rutin Hapus File di Folder Temporary

File yang terdapat pada folder temp adalah hasil dari ekstrak program seperti editing desain. User laptop biasanya tidak tau atau sering kali lupa jika ada file ini yang tersimpan selama bertahun-tahun di dalam laptop secara otomatis. Jika tidak rutin dibersihkan, pastinya file tersebut akan menumpuk dan menjadikan memori laptop berkurang. Untuk itu, Anda bisa menghapus file tersebut dengan cara ini:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard
  • Ketik %temp% pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.
  • Setelah itu blok semua file dengan tombol CTRL + A.
  • Lalu klik Shift + Delete untuk menghapus semua file yang ada di folder temporary.
  • 13. Rutin Bersihkan File di Folder Prefetch

Selain file pada folder temporary, Kalian disarankan harus untuk menghapus file-file yang ada pada folder prefetch untuk mengatasi laptop yang lambat.

File yang ada di sini aman jika dihapus dan akan meningkatkan kecepatan booting serta kapasitas hard disk. Langkah-langkah untuk menghapus folder prefetch adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard
  • Ketik prefetch pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.
  • Setelah itu klik OK jika ada izin administrator.
  • Lalu hapus seluruh file yang ada di folder tersebut.
  • \14. Stop Visual Effect Yang Berlebihan

Cara lain untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan mematikan visual effect yang tidak diperlukan pada laptop. Bagaimana cara mematikannya? Berikut langkah-langkahnya:

  •  Silahkan buka menu windows explorer.
  • Ketik This PC, lalu klik kanan.
  • Pilih menu properties.
  • Pilih Advanced system settings di bagian performance.
  • Lalu pilih setting.
  • Setelah itu ubah pilihan menjadi custom dan gunakan visual effect yang tidak – memberatkan laptop.

Itu dia beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa dilakukan sendiri. Pastikan untuk merawat laptop secara rutin jika Anda ingin kinerjanya awet dan tidak mudah rusak. Jika sudah melakukan cara-cara di atas dan kinerja laptop masih terasa sangat berat, Anda bisa berkonsultasi dengan servis laptop secara langsung. untuk mendapatkan informasi aktual seputar teknologi, mein kasir, serta sistem security. Software POS bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis online atau offline hanya di kiosbarcode.com.

Youtube Channel
KiosBarcode

Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Irman
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 1.200.000
Rp 200.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 3.300.000
Rp 100.000
Rp 3.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage