Monday, June 29th 2020.

Cara mengatasi laptop yang cepat panas

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

cara mengatasi laptop

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi laptop yang cepat panas. Mungkin mendengar kata laptop sudah tidak asing lagi bukan. Yah, mungkin kita semua sudah mempunyainya, karna laptop sangat membantu untuk sebuah pekerjaan dikantor ataupun tugas dikampus. Maka dari itu kami akan membagikan tips untuk pengguna laptop supaya laptop yang di gunakan tidak cepat panas, simak pembahasanya sebagai berikut.

1. Mengatur jadwal pemakaian laptop

Laptop dapat menjadi cepat panas karena penggunaan yang terus menerus (tanpa henti) dan dalam waktu yang lama, oleh karena itu penting untuk kita mengatur jadwal pemakaian laptop, misalnya laptop di sleep (masuk ke mode tidur) setiap empat jam pemakaian. Namun hati-hati, penggunaan mode sleep terlalu lama dapat menyebabkan beberapa masalah lain pada laptop, sebaiknya laptop di shutdown (turn-off) jika memang memungkinkan secara berkala. 

2. Gunakan cooling pad eksternal

Penggunaan perangkat cooling pad eksternal baik yang digunakan sebagai alas laptop (meniupkan angin ke bagian bawah laptop) atau yang digunakan sebagai penutup lubang ventilasi (membantu mengeluarkan hawa panas dari dalam laptop) sangat efektif mengatasi laptop yang cepat panas. 

Namun, beberapa orang berpendapat penggunaan perangkat ini kurang baik untuk laptop, karena cooling pad eksternal mengambil daya (kurang lebih 5volts) dari salah satu port USB laptop untuk menyalakan motor (dinamo) pada kipasnya, hal itu disinyalir dapat menyebabkan port USB yang digunakan menjadi kelebihan beban

3. Perhatikan alas laptop

Laptop dapat menjadi cepat panas apabila digunakan diatas alas yang menyerap kalor seperti kasur, bantal, selimut dan benda lain yang umumnya bertekstur lunak dan empuk, gunakan alas yang solid, keras dan datar seperti buku yang tebal dan besar, papan dada (meja jalan), tripleks dan benda lain yang serupa. 

4. Bersihkan kipas atau heatsink

Kipas yang digunakan terus – menerus, bukan tidak mungkin menumpuk bedu yang cukup banyak. Hal ini dapat menyebabkan kecepatan putar dari kipas menjadi menurun atau melambat. Untuk mengatasinya, lakukan pembongkaran kemudian bersihkan kipas dan heatsink laptop hingga benar – benar bersih, dan usahakan beri pelumas.

5. Tambahkan thermal pasta

Kinerja dari processor yang terus – menerus menyebabkan panas menumpuk, dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mengering. Padahal thermal paste digunakan sebagai penghatar keluarnya panas dari chip processor. Dengan begitu lebih baik tambahkan thermal paste secara berkala agar panas pada processor bisa dihantarkan dengan baik.

Demikian penbahsan kali ini, Semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu, terimakasih sudah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,

Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Rp (Hubungi CS)
Rp 11.300.000
Rp 2.250.000
Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.200.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage