Monday, July 27th 2020.

Cara mengkonfigurasikan BIOS

cara mengkonfigurasikan bios

Pada artikel kali ini kami akan membagikan tutorial cara mengkonfigurasikan BIOS dan CMOS, tanpa lama-lama lagi simak tutorialnya sebagai berikut

Jika kalian ada yang belum tahu apa itu bios maka, Bios adalah suatu software yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. Bioas tertanam dalam sebuah chip memory. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

fungsi utama dari bios adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

Langkah-langka mengkonfigurasi BIOS

1. Konfigurasi BIOS

  • Pertam-tama masuk ke bios dengan menekan tombol delete/f2 pada saat PC mulai dinyalakan (dalam keadaan booting untuk menyala PC)
  • Sesudah masuk bios, hal yang harus dilakukan adalah men-setting waktu yang akan digunakan oleh sistem komputer. Atur melalui menu >main >System time. Untuk mengubahnya, gunakan tombol [+], [-] dan tombol [tab] pada keyboard.
  • Selanjutnya, dengan cara yang sama, ubahlah tanggal pada sistem komputer anda melalui menu [system date].
  • Lanjut dengan memasang password bios agar orang lain tidak dapat mengubah setelan bios yang anda buat. Caranya > pilih menu supervisior password, > lalu tekan tombol [+] pada keyboard. Lalu masukan password pada boks enter password, klik enter, sekarang status opsis supervisorpass word sudah menjadi enabled.
  • Sekarang bukalah menu [advanced], lalu pilih [i/o device configuration] kemudian enter.
  • Lanjut pilih opsi [pci configuration] lalu tekan enter. kemudian agar slot USB anda berfungsi set opsi [USB function] menjadi (enabled). jika belum, anda bisa mengubah dengan menekan tombol [+]. lalu kembali lagi ke menu [advanced] dengan menekan tombol [esc]
  • Selanjutnya buka menu boot. untuk memudahkan penginstalan, ubahlah pengaturan boot dari pc, kemudian set cdrom sebagai boot device pertama, jika anda ingin melakukan penginstalan dara flash disk ganti cdrom dengan flash disk. Kemudian hard disk sebagai boot device ke-2 dan floopy boot device ke-3 (disable jika anda tidak memilihnya), dengan menggunakan tombol [+] atau [-].
  • Masukkan cd instalasi windows xp ke cd-rom drive. Setelah itu, pilih menu [exit], [exit saving changes] untuk keluar dari bios dan menyimpan pengaturan yang anda buat tadi. Selanjutnya komputer akan restart. Dan jika anda tadi mengaktifkan user password, maka akan muncul kotak password. Isi password tersebut agar komputer dapat melanjutkan proses booting.

Demikian pembahasan kali ini, Semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu, terimakasih sudah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,

Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp (Hubungi CS)
Rp 2.450.000
Rp 1.900.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 16.500.000
Rp 15.500.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage