Thursday, June 30th 2022.

Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard

Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard

 

Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard

Power supply komputer dengan adaptor 12 volt dan 5 volt yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan elektronik, karena tegangan 12V dan 5V sering digunakan untuk rangkaian elektronik. Anda bisa coba dengan power supply bekas yang masih bisa berfungsi atau tidak kita akan coba test tanpa ribet, baik untuk kebutuhan percobaan dan peralatan yang harus digunakan hanya dengan kabel serabut, panjangnya hanya 5cm dan juga pastinya tanpa harus menyalakan komputer terlebih dahulu apalagi harus memasukan dulu ke komputernya ribet kan.

Mau cerita sedikit saja nih sebenarnya menghidupkan power supply atau bisa di sebut dengan PSU tanpa memakai motherboard ataupun CPU memang bukanlah hal yang mustahil. Apalagi untuk anak lulusan smk teknik komputer dan jarigan (TKJ) atau teknik informatika , yang pastinya sudah merem kalau ada masalah seperti ini.

Tapi bagaimana jika kita tidak mengerti dasar-dasar ilmu ini, sebab memang bukan lulusan komputer atau malah sama sekali tidak bersekolah.

Bahkan, walaupun kita seorang teknisi sekalipun masih ada yang belum tau tentang teknik dasar ini. Sebab memang jarang dijelaskan ketika sedang proses penerapan.

Tapi tenang saja, di era sekarang ini masalah seperti ini sudah bukan hal yang ribet lagi. Tinggal kalian buka embah google lalu ketikkan kata kunci “Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard” sudah langsung ketemu solusinya. Sekali lagi cara ini hanya untuk sekedar cek keadaan dan kesehatan power supply nya ya guys…

Dengan demikian kalian bisa mengetahui keadaan power supply tanpa harus memasang ke cashing PC terlebih dahulu. Baik sekarang langsung saja kita praktekkan Tutorial ini.

Cara Menyalakan Power Supply Tanpa Motherboard :

  • Siapkan power supply yang akan di hidupkan tanpa motherboard.
    Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard
  • Siapkan Kabel yang ukuran kawatnya sama dengan lubang pin kabel pada power supply dengan panjang 5 cm. Catatan: mengunakan kabel atau kawat yang telanjang tanpa karet pelindung atau lapisan kabel karena akan terjadi korslet jika kabel atau kawat telanjang tersebut menyentuh body powersuply yang menyebabkan kerusakan.
  • Kupas kedua ujung kabel dan pasang salah satu ujungnya ke lubang yang memiliki kabel berwarna hijau dan di sebelahnya atau satunya lagi ke lubang yang memiliki kabel berwarna hitam.
    Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard
  • Tekan kawat atau kabel yang telah di masukan ke lubang yang memiliki kabel berwarna hijau dan hitam hingga tidak ada lagi kabel yang telanjang.
  • Setelah kedua ujung sudah tersambung maka secara otomatis power supply akan menyala apabila disambungkan ke listrik.
  • Selesai.

Itulah tutorial tentang Cara Mudah Test Power Supply Tanpa Motherboard yang memang sangat mudah sekali sebetulnya. Mudah-mudahan tutorial diatas dapat bermanfaat buat kalian yang memang sedang membutuhkannya.

Youtube Channel
KiosBarcode

Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Irman
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 300.000
Rp 2.700.000
Rp 3.600.000
Rp 5.600.000
Rp 7.400.000
Rp 75.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage