Tuesday, December 1st 2020.

Definisi dan Kelebihan SSD

Definisi dan Kelebihan SSD

Definisi dan Kelebihan SSD

Jika melihat spesifikasi dari media penyimpanan laptop tentunya kita sering menemukan istilah HDD dan SSD. Sebenarnya apa sih pengertian SSD? Apa perbedaan dan kelebihannya dibandingkan dengan HDD?. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut simak artikel dibawah ini.

Definisi SSD

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, yaitu sebuah perangkat penyimpanan data yang menggunakan rangkaian IC sebagai memori untuk menyimpan data atau informasi. Perangkat SSD menyematkan chip memori berbasis silikon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data persisten. SSD, juga dikenal sebagai flash drive atau flash card, yang dimasukkan ke dalam slot di komputer server (disebut flash sisi server) atau sebagai bagian dari berbagai sistem penyimpanan flash. SSD dapat dikatakan sebagai versi lanjutan dari USB flash drive dengan kapasitas lebih besar dan dapat menggantikan hard drive yang digunakan pada peralatan komputer. Oleh karena itu SSD merupakan perangkat elektronik yang dapat menyimpan data berupa hard disk (HDD: Hard Disk Drive), namun strukturnya mirip dengan USB flash drive yang terdiri dari beberapa IC sebagai penyimpanan.

Perbedaan SSD dengan HDD

Perbedaan paling signifikan antara SSD dengan HDD ada pada penyimpanan utamanya. Dalam hal media penyimpanan data, SSD menyimpan semua data pada microchip bukan menggunakan pelat magnetis yang dapat dilepas seperti HDD. Oleh karena itu, saat menggunakan SSD, Anda tidak akan mendengar suara disk yang berputar. Selain itu, dari segi kecepatan, SSD jauh lebih unggul dari HDD pendahulunya. Menurut situs resmi Samsung, SSD bahkan 8 kali lebih cepat dari HDD. Selain itu, SSD dikatakan lebih tahan terhadap guncangan dan getaran dibanding HDD.

Kelebihan SSD

  • Performa Yang Cepat 

SSD menawarkan performa yang lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Performa dalam hal ini adalah kecepatan baca (read) dan tulis (write) yang lebih cepat. SSD juga membantu dalam mengoptimalkan kinerja multitasking komputer. Jadi, tidak hanya berpengaruh pada kecepatan membuka program atau game tetapi juga SSD memberi pengaruh kecepatan perpindahan aplikasi.

  • Tidak Menimbulkan Bunyi 

Karena tidak menggunakan piringan yang berputar, SSD relatif lebih sunyi ketika digunakan. Berbeda dengan HDD yang menggunakkan piringan saat digunakan, misalnya membuka program di Windows, piringan akan berputar yang menimbulkan bunyi putaran.

  • Lebih Hemat Energi 

Selain tidak bising, SSD juga memiliki konsumsi daya yang lebih hemat. Berbeda dengan HDD yang memiliki komponen yang bergerak yang memiliki dampak seperti membutuhkan lebih banyak energi.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 1.800.000
Rp 5.750.000
Rp 25.000.000
Rp 1.750.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.750.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage