(021) 8838 2929 0813-6910-1014 [email protected] 0813-6910-1014
(pcs)
Thursday, November 14th 2019.

Hal-hal tentang sistem Point Of Sales

Segala Hal tentang sistem Point Of Sales

 

 

Salah satu cara yang busa anda lakukan untuk memaksimalkan proses transaksi, terutama pada bisnis retail, adalah dengan menggunakan teknologi sistem point of sales (POS).

Sistem ini memungkinkan anda untuk melakukan berbagai kegiatan administratif, khususnya yang berhubungan dengan kasir, secara lebih mudah sehingga anda bisa hemat waktu. Namun, apa yang sebetulnya dimaksud dengan sistem POS?.

Sistem Poin Of Sales, yang memudahkan proses teransaksi bisnis 

Jika diartikan, Point Of Sales (POS) mempunyai arti titik penjualan di mana transaksi antara penjual dan pelanggan terjadi.

Itu karena pada dasarnya, POS memang merupakan sebuah sistem kasir yang memungkinkan setiap komponennye terintergrasi dengan baik.

Jadi, tak hanya hadir dalam bentuk mesin kasir, sistem POS juga dilengkapi dengan software atau aplikasi untuk memcatat setiap transaksi. Dan biasanya, sistem POS ini diterapkan pada retail seperti restoran,cafe. 

Komponen yang terdapat pada sistem POS

Apa saja komponen-komponen tersebu?, sebagai berikut.

  • Komputer

           Komputer yang digunakan dalam sistem POS merupakan unit yang dilengkapi fitur layar sentuh. Dari komputer inilah anda bisa memantau berbagai data penting seperti transaksi penjualan dan inventori produk.

  • Cash drawer

           Cash drawer pada sistem POS biasanya juga terintegrasi dengan printer sehigga akan terbuka secara otomatis saat transaksi.

  • Printer nota

           Printer nota yang bisa di sebut dengan struk wajib kita berikan sebagai tanda terima. Dan anda bisa menggunakanthernal printer untuk menghindari resiko tinta kering atau susah mencetak.

  • Barcode scanner

            Barcode scanner mampu membaca data produk hanya dengan memindai label produk.Dan teransaksi jadi jauh lebih cepat berlangsung.

  • Terminal pembayaran

            Alat terminal pembayaran inilah yang akan membaca dan memproses kartu-kartu pembayaran tersebut.

Alat terminal pembayaran inilah yang akan membaca dan memproses kartu-kartu

Apa bedanya sistem POS dengan mesin kasir?

perbedaan di antara keduanya terdapat pada software yang melengkapi sistem POS, sedangkan mesin kasir biasa tidak memiliki hal tersebut.

Dengan adanya software ini, laporan teransaksi penjualan dan inventori produk hingga retur barang akan tercatat data-datanya secara lengkap. Dari data tersebut anda bisa mengambil keputusan terbaik demi memuaskan pelanggan. 

Misalkan,Jika anda memiliki bisnis retail berupa butik pakaian, lalu anda menggunakan sistem POS untuk memjalankan teransaksi dengan pelanggan. lalu setelah beberapa bulan menjalankan bisnis tersebut, diketahui bahwa produk celana rop yang paling sering di beli pelanggan.

Semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu, terimakasih sidah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

atau Perangkatkasir
Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,

Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 3.500.000
Rp 1.100.000
Rp 1.100.000
Rp 3.750.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.500
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage