Monday, July 27th 2020.

Keunggulan menggunakan SSD dibandingkan HDD pada perangkat PC anda.

keunggulan menggunakan SSD

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai SSD (Solid State Drive).
SSD adalah media penyimpanan seperti hardisk tetapi SSD memiliki kecepatan read/write yang jauh lebih cepat ketimbang hardisk karena SSD sudah memakai 3D Nand sedangkan Hardisk masih menggunakan piringan (disc) untuk memproses data. Untuk SSD terdapat beberapa macam yaitu SSD Sata , m.2 sata, NVME, dsb.

keunggulan menggunakan SSD

SSD SATA

Perbedaan SSD dengan HDD

Pada zaman ini , teknologi sudah semakin berkembang pesat, penggunaan SSD bukanlah hal yang baru lagi. Memang waktu dulu penggunaan SSD untuk komputer ini hanya sebatas komputer tertentu saja, tetapi untuk saat ini komputer biasa bahkan laptop sudah mulai banyak yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan mereka.

SSD bisa digunakan ke PC maupun untuk laptop. Ukuran SSD seperti hardisk pada laptop yaitu 2,5 inch jadi jika anda berniat memasang SSD ke laptop tinggal pasang saja. Namun jika anda ingin memasang SSD ke PC biasanya diperlukan hdd cady untuk bisa dipasang pada PC.

SSD ini sangatlah ringan dibandingkan hardisk dan juga lebih praktis. sangat cocok untuk digunakan pada pc atau laptop anda dan juga SSD tidak menimbulkan suara bising seperti hardisk karena SSD tidak menggunakan piringan hitam seperti hardisk.

Nah, itu dia gambaran sekilas mengenai SSD. Sekarang kita akan membahas kelebihan menggunakan SSD dibandingkan menggunakan hardisk konvensional. Apa Saja sih Kelebihan/keunggulan SSD?

Kelebihan/ keunggulan SSD dibandingkan HDD

1. Untuk performa SSD ini jauh lebih baik daripada HDD dalam segi kecepatan baca dan tulisnya, SSD ini jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Contohnya pada saat proses transfer file, pencarian file, atau misal saat buka suatu program berat, SSD jauh lebih cepat memprosesnya dibandingkan HDD. Pada saat booting windows SSD membutuhkan waktu sebentar saja untuk masuk windows tidak seperti hardisk.

2. Menggunakan SSD tidak menimbulkan suara bising. Karena komponen di dalamnya hanya berisi sekumpulan memori. Makanya SSD ini tidak berisik. Beda dengan Hardisk yang masih menggunakan piringan atau cakram.

3. SSD ini jauh lebih ringan dibandingkan HDD. karena komponen di dalam SSD hanya terdiri dari sekumpulan memori . Berbeda dengan piringan yang lebih berat.

4. Menggunakan SSD lebih menghemat daya listrik. Walau sebenarnya besarnya daya yang digunakan tidak begitu terasa namun yang jelas SSD lebih hemat listrik daripada HDD.

5. SSD lebih tahan terhadap guncangan.Sedangkan HDD yang masih mengandalkan disc di dalamnya. Disc itu lebih sensitif terhadap guncangan atau benturan karena dia berputar dan banyak mekanikal di dalamnya. Berbeda dengan SSD yang tidak ada gerakan/ mekanikal di dalamnya, jadi SSD lebih tahan terhadap guncangan.

 

Sekian artikel tentang Keunggulan Menggunakan SSD. Semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya dan Terima kasih sudah berkunjung!

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.900.000
Rp 700.000
Rp 6.300.000
Rp 1.500.000
sale
Printer Barcode Zebra GC420T

15%

Rp 3.650.000 4.300.000
Rp 1.900.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage