Thursday, December 29th 2022.

Keberadaan Surat Bisa Digantikan?

Ilustrasi Keberadaan Surat Bisa Digantikan?

Sebagai sarana pergantian dan penyebaran informasi, menggunakan surat sudah mulai jarang, lantas apakah keberadaan surat bisa digantikan? Sajian informasi berisi tulisan yang memuat banyak hal sudah kita jumpai dengan berbagai bentuk yang beraneka ragamnya, hal ini demikian mengiringi eksistensi sebuah surat sebagai bagian di dalamnya. Manusia biasa menggunakan komunikasi secara lisan dalam praktik sehari-hari, hal ini juga biasa ditemui dalam penggunaan tulisan yang mana sifatnya tetap sama yakni menyebarkan informasi. Untuk menjamin apakah sebuah surat bisa lebih berarti, dibutuhkan keterampilan membaca dan menulis yang baik sehingga kualitas surat yang dihasilkan bisa ditampilkan dengan baik.

Berkaca dari beberapa ratus tahun ke belakang, akses informasi demikian terbatas. Sebuah surat memerlukan jarak tempuh dan waktu yang beragam dikarenakan terpisahnya pengirim dan penerima yang berjauhan. Menggunakan perangkat yang tidak lain ialah jasa pengiriman surat, sebuah ongkos atau biaya pengiriman demikian terbatas sehingga untuk mengaksesnya, surat demikian tidak dapat menjangkau banyak kalangan sebagaimana internet di masa sekarang.

 

Surat di Masa Sekarang

Penggunaan surat yang beberapa tahun belakangan telah dimodernisasi dan beralih bentuk dalam bentuk digital menjadi sebuah keramaian tersendiri. Surat yang sejak dahulu dikenal dengan kertas dan pena serta prangko, kini menjelma sebuah format tersendiri untuk dikirim secara daring. Sehingga, untuk membuat berbagai jenis komunikasi dan kebahasaan yang hendak dilakukan, sudah tidak perlu lagi demikian bersusah payah mencari banyak kantor pos atau jasa layanan antar surat. Bahkan menggunakan ponsel, segalanya bisa diakses secara fleksibel.

Kita hidup di era informasi yang sudah seperrti udara karena aksesnya yang mudah, hal demikian menjadi perkembangan alur bertukar kabar serta informasi. Surat dalam bentuk apapun tidak lagi digunakan sebagai sebuah alat komunikasi utama. Melainkan menggunakan banyaknya program aplikasi seperti telepon, segalanya menjadi hal baru tersendiri untuk hidup di masa sekarang. Lantas, apakah keberadaan surat semakin tersingkirkan? Tentunya dengan menganalisa apa yang terjadi sekarang, surat masih digunakan dan diperlukan sebagai sebuah alat komunikasi formal dan resmi. Tentunya hal ini menambah nilai ekslusif tersendiri.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 3.300.000
Rp 800.000
Rp (Hubungi CS)
Software Restoran 3.0

33%

Rp 1.000.000 1.500.000
Rp 5.750.000
Rp 700.000