Monday, July 20th 2020.

Keunggulan Menggunakan Teknologi Barcode

Keunggulan Menggunakan Teknologi Barcode

Penahkah ada memperhatikan kemasan produk yang anda beli? Terdapat semacam kode batang yang biasanya berada dibagian belakang kemasan dari suatu produk. Kode batang inilah yang dikenal dengan sebutan Barcode. Kode Barcode mulai dimanfaatkan dalam pendataan produk.

Keunggulan Menggunakan Teknologi Barcode

Pada masa kini Teknologi Barcode sudah mulai meluas ke berbagai dunia usaha, sudah banyak tempat usaha yang menerima keberadaan teknologi ini serta sudah mulai mengaplikasikannya dalam membantu usaha mereka. Hanya dengan perangkat sederhana seperti sistem barcode scanner, teknologi ini mampu meningkatkan keakuratan, kecepatan, dan efesiensi tanpa pengeluaran yang signifikan dalam sebuah bisnis.

Keunggulan Menggunakan Teknologi Barcode

1. Akurasi

Saat teknologi barcode belum banyak yang menggunakan, banyak sekali bisnis bergantung pada sistem manual dalam kegiatan menginputkan informasi tentang produk mereka. Produk yang masuk dan keluar ditulis secara manual, sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan dalam penginputan informasi tersebut, kesalahan tersebut dapat saja terjadi karena human error. Berbeda dengan teknologi barcode, teknologi ini menawarkan cara yang sangat realistis untuk keakuratan informasi yang dibaca. Teknologi tersebut dapat mengurangi berbagai kesalahan yang mungkin dilakukan saat penginputan data dengan sistem manual.

2. Kecepatan

Penginputan informasi dengan cara manual akan menghabiskan waktu yang cukup lama dalam proses penyelesaiannya. Dan hal ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Berbeda sekali saat mulai menggunakan teknologi barcode, proses registrasi produk dapat diselesaikan dengan cepat. Banyak produk dapat diregistrasi dalam hitungan menit. Teknologi barcode mampu menghemat waktu anda dalam menyelesaikan pekerjaan, suatu hal yang baik bukan? Mengingat ada ungkapan “Time is money”.

3. Inventory Control

Karena setiap produk itu memiliki label barcode, maka hal ini juga bisa dimanfaatkan dalam Software Inventory untuk pengelolaan ketersedian barang. Contohnya untuk kegiatan digudang, semua produk yang masuk dan keluar dapat discan barcode sehingga dapat terdata dengan benar. Inventory dianggap sebagai nyawa dalam sebuah bisnis sehingga data inventory harus terdata dengan benar tanpa kesalahan sedikitpun, pilihan untuk menggunakan barcode dalam proses mendata barang-barang yang masuk dan keluar adalah pilihan terbaik untu saat ini, tak perlu difikir dua kali.

4. User friendly

Saat mulai mengimplementasikan sebuah teknologi baru, hal yang perlu diperhatikan apakah anda atau pekerja anda dapat mengoperasikan teknologi tersebut atau tidak? Teknologi barcode sangat mudah sekali untuk digunakan, sehingga anda tidak perlu membuang biaya untuk training pekerja. Karena penggunaan teknologi ini sangat mudah. Biaya yang plotkan untuk training pekerja dapat anda alihkan pada hal lain untuk meningkat pelayanan terhadap pelanggan anda.

5. Biaya

Teknologi ini tidak membuat anda khawatir dengan soal biaya, sebab untuk dapat menggunakan teknologi barcode ini tidak perlu menghabiskan dana yang cukup besar. Teknologi barcode ini harganya cukup terjangkau, sehingga sangat mungkin untuk digunakan dalam bisnis anda. Bahkan bisnis kecil-kecilan juga mampu menggunakan teknologi ini.

6. Mampu Meningkatkan Pelayanan

Pemanfaatan teknologi barcode biasanya ditemukan pada kasir di supermarket, dengan memanfaatkan teknologi barcode ini proses penghitungan jumlah yang harus dibayarkan oleh pelanggan anda itu akan lebih cepat dan akurat dibandingkan jika harus melakukan secara manual, hal ini juga mengurangi kemungkinan resiko terjadinya kesalahan perhitungan. Selain itu juga akan mengurangi antrian pelanggan di meja kasir, sebagian pelanggan sangat merasa tidak nyaman jika harus mengantri terlalu lama di kasir. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan sistem kasir berbasis barcode scan akan meningkatkan pelayanan anda terhadap pelanggan.

Keunggulan Menggunakan Teknologi Barcode

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Mesin Kasir Touchscreen EDELWEISS Type B (Cafe & Resto)

6%

Rp 6.700.000 7.150.000
Mesin Kasir Anyelir Minimalis Cocok Untuk Resto dan Cafe type A

4%

Rp 8.600.000 9.000.000
Rp 16.500.000
Rp 2.250.000
Rp 1.450.000
Rp 12.500.000