Thursday, April 29th 2021.

Komponen pada Komputer Kasir

Komponen pada Komputer Kasir

Komponen pada Komputer Kasir      Komputer kasir, sesungguhnya adalah seorang karyawan yang sudah menggunakan komputer sebagai alat untuk membantu/menyimpan data transaksi yang dilakukan. Jenis komputer ini memiliki dua bagian esensial. Dua bagian tersebut adalah perangkat keras (hardware) komputer itu sendiri dan perangkat lunak (software) yang digunakan untuk kasir. Silahkan simak artikel berikut sampai selesai untuk mengetahui tentang komponen komponen pada sistem kasir.

     Sejauh ini, terdapat enam komponen/perangkat yang  ada pada sebuah sistem komputer kasir. Enam komponen ini adalah POS display (Monitor), CPU , Cash Drawer , Printer kasir, Pole Display (Monitor Harga) dan Barcode Scanner.

 

Komponen Penting dalam Komputer untuk Kasir

     Berikut adalah penjelasan mengenai komponen dari komputer kasir. Sistem komputer ini bisa digunakan sebagai komputer kasir di restoran, atau komputer kasir retail dan lainnya.

1. CPU Kasir

Komponen pada Komputer Kasir

     Sebagai inti dari sebuah sistem komputer, tentu saja komponen yang bernama CPU sangat penting. Yang perlu Kalian perhatikan sebagai pemilik usaha adalah ,CPU yang digunakan untuk kasir berbeda dengan CPU untuk kegiatan sehari hari. Meskipun Kalian bisa menggunakan CPU biasa, itu sangant tidak dianjurkan. Why? Karena durasi dari penggunaan mesin kasir sangat lama. Dari waktu buka, sampai tutup.

   Maka dari itu, Kalian harus memilih CPU yang mempunya banyak lubang udara /ventilasi.Hal ini untuk menghindari komponen komputer yang terlalu panas (overheat). Pastikan juga dalam CPU tersebut, memiliki harddisk yang didesain untuk bekerja selama 24 jam. Kapasitas RAM disesuaikan dengan keperluan software.Power Suply (PSU) juga berperan penting terhadap CPU. Pilihlah PSU dengan spesifikasi yang bagus dan cocok untuk CPU kalian.

2. Layar LCD atau POS Display

 

Komponen pada Komputer Kasir

     Karena monitor ini digunakan dalam toko,tentunya kalian tidak perlu menggunakan LCD yang memiliki refresh rate tinggi. Gunakanlah LCD yang beradiasi dan berdaya yang rendah. Layar monitor ukuran 15 inchi sudah cukup memadai untuk dipakai. Untuk merek, Kalian bisa memilih sesuai selera atau kebutuhan anda. Bebas, yang penting dapat berfungsi dengan baik.

3. Printer Kasir

Komponen pada Komputer Kasir

 

    Kalian pasti pernah melihat benda ini di swalayan atau Supermarket. Printer Kasir biasanya digunakan untuk membuat catatan/struk dari  belanjaan. Kertas tersebut dicetak menggunakan printer kasir.Kertas tersebut adalah kertas Thermal.Kalian memang bisa menggunakan printer biasa yang besar, akan tetapi pasti sangat repot dan memakan banyaj tempat. Printer kasir berukuran kecil sehingga tidak memakan banyak tempat. Pastikan Kalian memiliki printer ini di meja kasir.

4. Cash Drawer/ Laci Uang

 

Komponen pada Komputer Kasir

     Kalau Kalian membeli Komputer Kasir yang sudah satu paket, pastinya akan mendapatkan semua komponen, termasuk laci untuk menaruh/menyimpan uang uang.Laci ini akan otomatis terbuka setelah transaksi selesai dan Kalian menyerahkan uang kepada kasir.Laci ini tentunya aman karena sudah tersambung ke komputer. Namun, bila Kalian tidak memiliki laci otomatis, usahakan memiliki laci yang aman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

     Nota Bene, beberapa pemilik usaha melengkapi bagian kasir mereka dengan CCTV. Meski ini tidak termasuk bagian dari sistem komputer kasir, namun CCTV  ini patut Kalian pertimbangkan. Hal ini akan membuat sistem kasir Kalian akan lebih aman dari gangguan  luar dan dalam manajemen.

5. Layar Penunjuk Harga atau Pole Display

      Setelah membeli barang, tentunya kita akan ke meja kasir untuk melakukan pembayaran. Kalian akan melihat nama dan harga dari barang yang kalian beli serta total pembayaran nya di sebuah layar kecil. Layar itu bernama Pole display, atau customer display. Bentuknya kecil, dan seringkali hitam putih (monokrom). Penggunaan pole display ini sangat penting, agar konsumen percaya bahwa Kalian transparan soal harga.

 

6.Barcode Scanner

     Benda ini biasanya ditemukan disamping meja kasir dengan ciri khas mengeluarkan sinar berwarna merah (Infra Red). Barcode scanner terdiri atas decoder, scanner  dan kabel yang menyambungkan decoder dengan komputer. Barcode scanner akan memindai simbol, menangkap dan merubah kode bar menjadi data elektrik lalu mengirimkannya ke komputer.Hampir setiap  supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijual dengan menggunakan teknologi barcode scanner.

 

Kesimpulan

     Demikianlah artikel tentang Komponen pada Komponen Kasir.Walaupun sekarang sudah tersedia paket mesin kasir android, namun perangkat komputer kasir masih banyak digunakan di supermarket/swalayan. Yang jelas, sesuaikan semua dengan kepentingan atau kebutuhan bisnis Kalian.Yang biasanya menggunakan sistem Kasir Android adalah usaha yang scope nya tergolong kecil, seperti kios, cafe ,warung dll. Sementar itu, swalayan besar yang membutuhkan pencatatan detail serta memiliki banyak antrian biasanya menggunakan sistem Kasir Komputer seperti di atas. Sekian dari Artikel ini.Trimakasih!!!

Silakan klik disini untuk informasi lebih lanjut.tentang Software Toko atau silahkan hubungi kami :

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode

Alamat :                                                                                                                                                                                                  Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123                                                                                                                Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Telp. (021)8838 2929

  • CS1
    – Telp/SMS/WA : 081369101014
  • CS2
    – Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 3.750.000
Rp 16.500.000
Rp 2.500.000
Rp 2.500.000
Rp 28.000.000
Rp 1.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage