Tuesday, July 7th 2020.

Komponen yang ada pada motherboard

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang komponen-komponen apa saja yang ada pada motherboard. Mungkin beberapa dari kalian hanya tahu sekilas-sekilas saja tentang motherboard dan tidak tahu komponen-komponen apa saja yang ada didalamnya.

Apa sih Motherboard itu ? , Motherboard merupakan salah satu hardware komputer yang terdapat di dalam CPU. Motherboard merupakan hardware berbentuk papan yang berfungsi sebagai tempat berbagai macam hardware komputer yang saling terhubung. Motherboard memiliki komponen-komponen yang fungsinya berbeda-beda, maka dari itu kami akan memberi tahukan apa saja komponen yang ada pada motherboard.

  1. CPU Socket/ Socket ProsessorSlot Processor adalah tempat peletakan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Yang berfungsi untuk meletakan processor ke motherboard.
  2. Slot Memory RAMkomponen yang adaSlot Memory RAM berfungsi untuk memasang memory card (RAM), Memory atau RAM ada beberapa Jenis seperti SDRAM,DDR1,DDR2,DDR3 dan DDR4.
  3. Slot IDA dan Slot SATASlot IDE dan Slot SATA berbeda bentuk tapi fungsinya sama, yaitu untuk menghubungkan Hard Disk atau CD/DVD-ROM ke motherboard. Bentuk keduanya disesuaikan dengan kabel yang digunakan masing-masing slot tersebut.
  4. Slot AGP dan Slot PCIkomponen yang adaSlot AGP dan Slot PCI memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat Graphic Card atau VGA card terpasang. AGP biasanya digunakan untuk VGA card lama dan komputer-komputer sekarang sudah semakin jarang yang menggunakan VGA card AGP. 
  5. BIOS (Basic Input Output System) dan UEFI ChipBIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah chip yang memiliki fungsi sebagai kontrol seluruh perangkat (hardware) yang ada di komputer. BIOS inilah yang bertanggung jawab pada saat komputer booting.
  6. Battery CMOSBattery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah batrai kecil yang berfungsi untuk memberikan daya kepada BIOS. Selain itu, battery CMOS juga berfungsi untuk menyimpan setingan-setingan yang ada di dalam BIOS. Bentuknya mirip seperti batrai jam tangan, tapi ukurannya lebih besar.
  7. Power Connectorkomponen yang adaPower Connector merupakan kompenen motherboard yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya. Berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan power supply.
  8. I/O Ports (Input/Output Ports)I/O ports merupakan sekumpulan port sebagai tempat ‘nyolok’ beragam perangkat (hardware) input maupun output komputer, seperti port LAN, USB, PS/2 , VGA, dsb.
  9. Pin Front Panel

    Pin Front Panel ini berfungsi sebagai konektor dari casing ke motherboard sehingga kita bisa menyalakan komputer melalui casing.

  10. Pin CPU Fan

    Pin CPU Fan berfungsi untuk  memberikan daya ke kipas processor agar dia dapat menyala sehingga bisa mendinginkan processor.

Demikian pembahasan kali ini, Semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu, terimakasih sudah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,

Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Printer Barcode IWARE PB420T Termurah

14%

Rp 3.000.000 3.500.000
Rp 4.700.000
Rp 8.900.000
Rp 2.700.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 23.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage