Tuesday, November 7th 2023.

Cara Mengatasi Masalah Overheating  pada Komputer

Cara Mengatasi Masalah Overheating atau Panas Berlebih pada Komputer

Hallo sobat, kembali lagi dengan kami di kiosbarcode.com pada kesempatan  kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengatasi Masalah Overheating atau Panas Berlebih pada Komputer. Keberadaan komputer saat ini memungkinkan siapapun untuk melakukan berbagai aktivitas di dalamnya. Mulai dari urusan pekerjaan, mencari informasi, menikmati hiburan, dan masih banyak lagi. Tidak heran, jika orang-orang bisa betah berlama-lama di depan komputer hingga berjam-jam. Hal ini yang menjadi salah satu munculnya permasalahan overheat pada komputer.

Suhu panas memang menjadi musuh utama komputer karena jika dibiarkan lama-lama bisa mempengaruhi kesehatan komponen-komponen di dalamnya. Oleh karena itu, penting mengetahui cara mencegah overheat pada komputer sehingga bisa memiliki usia yang panjang.

Berikut beberapa tips yang harus dilakukan untuk mengatasip panas berlebih pada komputer.

Menggunakan Pendingin Tambahan

 

Tips pertama untuk mencegah overheat pada komputer yaitu menggunakan pendingin tambahan. Di mana, ada beberapa jenis pendingin yang bisa digunakan seperti heatsink, kipas, nitrogen cair, pendingin cair, hingga termoelektrik. Namun, cara paling mudahnya adalah dengan menggunakan kipas atau fan lebih banyak. Penting untuk mengetahui jumlah kipas yang kamu gunakan berdasarkan jenis VGA seperti jenis VGA eksternal sebaiknya menggunakan jumlah kipas banyak mencapai 4 hingga 6 unit.

Cara kerjanya adalah kipas bagian depan dan bawah pada casing harus menghisap udara segar. Kemudian, kipas belakang dan atas harus mengeluarkan hawa panas. Dengan begitu, hal ini bisa mencegah overheat pada komputer. Kamu harus memastikan semua kipas bekerja normal, jika tidak coba cari penyebabnya atau ganti bila memang sudah tidak berfungsi. Sementara untuk laptop, kamu bisa menggunakan kipas tambahan yang diletakkan di bagian bawah laptop.

 

Membersihkan Komputer Secara Rutin

Cara selanjutnya untuk mencegah overheat pada komputer adalah dengan membersihkannya secara rutin. Hanya saja, untuk membersihkan komputer kamu membutuhkan jasa mekanik atau yang ahli dalam membuka bagian tersebut. Namun, jika memang kamu biasa membongkar dan memasangnya kembali, tidak ada salahnya untuk melakukannya sendiri.

Pastikan untuk membersihkan debu-debu yang menempel menggunakan bantuan blower dengan kecepatan angin sedang atau vakum portabel. Hal ini memungkinkan kamu untuk membersihkan bagian dalamnya tanpa melepas komponen. Jika ingin lebih bersih, kamu bisa menambahkannya dengan menggunakan kuas halus. Namun, jika tidak ingin repot-repot membersihkannya, kamu bisa menggunakan bantuan jasa pembersih komputer profesional.

Mengganti Pasta Termal Secara Rutin

Pasta termal atau thermal paste yang diganti secara rutin ternyata bisa mencegah overheat pada komputer yang digunakan. Pada dasarnya, thermal paste sendiri tidak langsung mendinginkan komputer terutama pada beban kerja yang tinggi. Namun, tugas utamanya sendiri adalah merambatkan panas menuju ke heatsink sehingga panas mudah dilepas.

Selain itu, pasta termal bisa membuat komponen bekerja menggunakan kapasitas penuh tidak bakal tersiksa karena kepanasan. Setidaknya, pasta termal diganti sekali per 6 sampai 12 bulan terutama komputer dengan penggunaan berat. Kamu bisa mengganti pasta thermal ini secara sendiri atau menggunakan jasa mekanik komputer agar mampu mencegah overheat.

 

Memperhatikan Suhu Ruangan

Beraktivitas menggunakan komputer di ruangan ber-AC dengan durasi yang lama ternyata bisa mempengaruhi kinerjanya terutama dalam mencegah overheat. Jika tidak memiliki AC, setidaknya menjaga udara ruangan tidak panas dan pengap, apalagi dipenuhi oleh asap rokok. Hal ini berkaitan dengan sirkulasi udara segar yang memengaruhi suhu di dalam komputer.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa menggunakan bantuan pendingin seperti kipas, maka membuat ruangan dengan udara dingin dan segar atau memiliki temperatur stabil menjadi hal penting yang harus dilakukan. Dengan begitu, mencegah overheat bisa dilakukan semakin mudah yang membuat komputer memiliki usia panjang.

 

Menggunakan Komputer Secara Rutin

Tips terakhir yang penting untuk dilakukan dalam mencegah overheat pada komputer adalah dengan menggunakannya secara rutin. Di mana, hal tersebut akan membuat kinerja komputer menjadi lebih optimal. Mengingat, komputer yang jarang digunakan justru membuat komponennya menjadi lebih mudah rusak.

Di mana, komponen kelistrikan pada komputer bakal menyimpan banyak uap air maupun kelembapan karena tidak pernah menghasilkan panas. Ketika kamu mengaktifkan komputer setelah jarang dilakukan, maka debu dan kotoran yang menumpuk di sela-sela sirkuit chip maupun motherboard bisa membuat arus listrik di dalamnya menjadi tidak stabil sehingga memberikan dampak komputer yang mudah overheat.

Oleh karena itu, penting menjaga komputer yang digunakan agar tidak mudah rusak karena permasalahan overheat. Dengan mengetahui sejumlah cara mencegah overheat pada komputer yang kamu gunakan, maka hal tersebut akan mudah dihindari. Apalagi bagi kamu yang memiliki aktivitas gaming dengan durasi hingga berjam-jam, maka penting untuk merawat komputer yang digunakan.

Sekian artikel dari saya tentang Mengatasi Masalah Overheating pada Komputer

Untuk info lebih lanjut,anda dapat mengunjungi situs web kami di kiosbarccode.com. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai produk peralatan kiosbarcode yang kami tawarkan dan memeriksa spesifikasinya. Kami yakin Anda akan menemukan apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk follow dan subscribe channel YouTube kami, agar anda tidak ketinggalan update an terbaru kami, yang di mana kami dapat membagikan berbagai informasi berguna tentang penggunaan, perawatan, dan pemeliharaan peralatan kiosbarcode.

Alamat kami:

Jalan Lingkar Utara Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan, RT.001/RW.011, Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17123

Jika Kamu memiliki sebuah pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut,  bisa hubungi tim Customer Service kami yang siap membantu:

Customer Service 1:

Telepon/SMS/WhatsApp: 081369101014
Customer Service 2:

Telepon/SMS/WhatsApp: 081259417100

Terima kasih telah menjadikan kami sebagai mitra Anda dalam menghadirkan solusi kiosbarcode yang handal dan andal. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Anda.

Mesin Penghitung Uang ZSA 5000S

1%

Rp 19.300.000 19.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.300.000
Rp 6.200.000
Rp 700.000
Rp 15.000.000