Thursday, July 13th 2023.

Mengenal Cash Register: Sejarah, Fungsi, dan Perkembangannya

 

 

Cash register, atau yang sering disebut juga dengan mesin kasir, merupakan perangkat penting dalam dunia bisnis. Sejak ditemukan pertama kali, cash register telah mengalami perubahan yang signifikan dalam hal desain, teknologi, dan fungsi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah cash register, fungsi utamanya, dan perkembangan terkini yang mengubah cara bisnis beroperasi.

 

 

Sejarah Cash Register

Cash register pertama kali ditemukan oleh James Ritty pada tahun 1879. James Ritty, seorang pemilik bar di Dayton, Ohio, Amerika Serikat, merasa perlu untuk mengendalikan pencurian yang sering terjadi di tempat usahanya. Ia pun menciptakan perangkat mekanis yang dapat merekam dan menyimpan transaksi penjualan. Meskipun belum sepenuhnya otomatis, cash register pertama ini menjadi dasar bagi perkembangan lebih lanjut.

Pada tahun 1884, John H. Patterson membeli paten cash register dari James Ritty dan mendirikan National Cash Register Company (NCR). NCR menjadi salah satu perusahaan pertama yang memproduksi cash register secara massal. Dalam beberapa dekade, cash register semakin populer dan digunakan oleh berbagai jenis bisnis di seluruh dunia.

 

Fungsi Cash Register

Fungsi utama dari cash register adalah untuk merekam dan mengelola transaksi penjualan. Ketika pelanggan melakukan pembelian, kasir akan memasukkan jumlah yang harus dibayar ke dalam cash register. Perangkat ini secara otomatis mengurangi jumlah uang tunai yang ada di laci, mencatat transaksi tersebut, dan mencetak struk sebagai bukti pembayaran.

Selain itu, cash register juga dapat melacak stok barang, menghitung total penjualan harian, mengeluarkan laporan keuangan, dan melakukan fungsi administratif lainnya. Hal ini membantu pemilik bisnis dalam mengelola inventaris, mengontrol keuangan, dan melacak kinerja penjualan.

 

Perkembangan Terkini

Dengan kemajuan teknologi, cash register telah mengalami transformasi yang signifikan. Cash register mekanis digantikan oleh cash register elektronik, yang menggunakan tombol dan layar elektronik untuk mempermudah penggunaan. Kemudian, dengan munculnya komputer dan perangkat lunak kasir, cash register digital semakin umum digunakan.

Cash register modern memiliki fitur-fitur yang canggih, seperti pemrosesan kartu kredit dan pembayaran elektronik, integrasi dengan sistem POS (Point of Sale), perekaman data penjualan secara real-time, dan analisis laporan yang lebih mendalam. Dengan teknologi ini, bisnis dapat mengoptimalkan efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memperoleh wawasan yang berharga dalam mengambil keputusan bisnis.

 

Pastikan anda Membeli Peralatan Kiosbarcode di kiosbarkcode.com yang pasti Original dan sudah terpercaya

 

Jangan lupa cek Youtube Chanel Kami

 

Jalan Lingkar Utara Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan, RT.001/RW.011, Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17123

 

CS 1

-Telp/SMS/WA: 081369101014

CS 2

-Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.300.000
Rp 13.500.000
Rp 4.950.000
Scanner Barcode Cincin Wireless IWARE RS 01 Bluetooth

15%

Rp 1.700.000 2.000.000