Monday, November 28th 2022.

Mengenal Ram Berserta Jenis-Jenisnya

Pada  kali ini saya akan mengenalkan secara singkat tentang RAM

Mengenal Ram Berserta Jenis-Jenisnya

Pengertian RAM

Mengenal Ram Berserta Jenis-Jenisnya

RAM berasal singkatan dari Random Accsess Memory, Definisi RAM yaitu suatu memori yang terdapat pada komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan berbagai instruksi program, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).

Penjelasan Singkat Mengenai RAM

Fungsi RAM (Random Accsess Memory)

1. Membaca Data
Data yang tersimpan pada hardisk akan diproses lebih lambat , karena hardisk merupakan media penyimpanan data yang berkerja cukup lambat.

Hal ini terjadi karena didalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya . setelah suatu file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca dan disimpan didalam RAM secara sementara sehingga data tersebut akan menjadi lebih cepat pada saat diakses program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

2. Penyimpanan Sementara
RAM tersebut juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan,
Karena penyimpanan pada RAM yaitu menyimpan data sementara, jadi, kalian jangan lupa untuk menyimpan data dengan permanen agar tidak kejadian yang tidak kita inginkan contohnya listrik padam atau hal-hal lain bisa menyebabkan data hilang dan tidak bisa diakses kembali.

Cara kerja RAM

RAM pada umumnya merupakan penyimpanan dengan kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses data sementara komputer. RAM bekerja dengan menyimpan data umum yang digunakan program secara konstan atau saat dibuka.

Jenis-jenis RAM

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

 mengenal ram berserta jenis-jenisnya

DRAM merupakan memori semi konduktor yang masih memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk merefresh data yang ada di dalamnya. RAM ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan EDO RAM.akan Tetapi kedudukannya lebih rendah dibandingkan SRAM. DRAM memiliki frekuensi yang bermacam-macam antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

SDRAM merupakan RAM yang mempunyai kecepatan lebih tinggi dibandingkan jenis ram lainnya yaitu mempunyai kecepatan sampai 100 – 133 Mhz. RAM ini merupakan jenis RAM yang mempunyai 168 Pin channel transfer data. Ciri-ciri RAM ini memiliki dua celah dibagian kakinya. RAM ini dapat menampung dengan kapasitas 16 MB hingga 1 GB.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Mengenal Ram Berserta Jenis-Jenisnya

 

RDRAM diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600 MB/s. Pada tahun 1997, kecepatan RDRAM ini meningkat hingga 700 MB/s, dan tahun 1998 menjadi 1,6 GB/s. RAM ini awalnya dikembangkan untuk keperluan perangkat gaming. Slot memori untuk RDRAM adalah 184 pin.

4. SRAM (Static Random Access Memory)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

SRAM terbuat dari semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kinerja bisa lebih cepat. Hal ini disebabkan karena komponen ini hanya menggunakan transistor tanpa kapasitor.

SRAM menggunakan cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi. Namun, SRAM mempunyai kekurangan yaitu biaya produksinya yang sangat mahal. Tidak heran juga, RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan digunakan untuk bagian yang benar-benar penting. Chip ini sering digunakan untuk cache memori.

5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

RAM ini mempunyai kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibanding jenis RAM lainnya. Slot untuk EDORAM adalah 72 pin. Bentuk  dari komponen ini lebih panjang dari pada RAM SIMM. RAM ini sangat cocok untuk dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 Mhz.

6. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

Jenis RAM yang satu ini merupakan bentuk asli atau bentuk awal dari DRAM. Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 yakni 176 MB/s. FPM bekerja pada frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50s.

7. Flash RAM

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

Flash RAM merupakan jenis memori berkapasitas kecil yang digunakan pada perangkat elektronika seperti TV, VCR, hingga ponsel lawas. Memori ini dipasang pada perangkat yang memerlukan refresh dengan konsumsi daya yang kecil.

8. VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan file pixel bagi sebuah paparan grafis. Penggunaan chip ini akan memberikan performa video dengan kualitas baik serta mengurangi tekanan pada CPU. VGRAM ini biasanya terdapat pada VGA Card.

9. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

DDR SDRAM menjadi salah satu yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis RAM lainnya. RAM yang satu ini digunakan diberbagai perangkat saat ini. keunggulan RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Memori ini memiliki 184 pin. RAM ini mempunyai konsumsi daya yang sangat rendah .

Jenis-jenis RAM berikutnya seperti DDR2 RAM hingga DDR3 RAM merupakan pengembangan dari DDR SDRAM. Kedua jenis RAM ini digunakan dibanyak komputer saat ini karena lebih menghemat daya dan lebih optimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar hingga 4 GB per chipnya.

10. SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

Memori ini merupakan jenis memori yang digunakan pada perangkat notebook atau laptop. Bentuk fisiknya cukup kecil, kira-kira setengah dari besaran DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang. Jenis memori ini biasanya mengikuti perkembangan RAM untuk komputer desktop.

Proses Pembersihan RAM

Setelah RAM sudah siap dibersihkan dengan penghapus pencil yang sudah tersedia. Mari memulai membersihkan pin-pin RAM yang kotor.

mengenal ram berserta jenis-jenisnya

Cukup gosok bagian permukaan pin yang berdebu atau kotor sehingga bersih. Hal ini dapat terlihat dari warna kuning-keemasannya yang kembali cerah. Setelah dibersihkan, cobalah pasangkan kembali RAM ke slot di mainboard. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Demikian, penjelasan singkat mengenai Pengertian, fungsi, Cara kerja, dan jenis-jenis RAM. Semoga Bermanfaat untuk anda dan    Terima Kasih sudah berkunjung!

Penjelasan Singkat Mengenai RAM

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

 

 

Rp 1.000.000
Rp 2.500.000
Rp 16.500.000
Rp 12.600.000
Rp 600.000
Rp 7.800.000