Monday, January 9th 2023.

Mengenal Sistem Kasir Tradisional

Mengenal Sistem Kasir Tradisional

Kita perlu mengenal sistem kasir tradisional. Sistem kasir tradisional merupakan metode pembayaran yang masih banyak digunakan oleh bisnis kecil ataupun usaha menengah. Sistem ini tidak membutuhkan perangkat teknologi tinggi atau sistem informasi yang rumit, sehingga mudah dipahami dan diterapkan oleh pemilik usaha.

Cara kerja sistem kasir tradisional adalah dengan mencatat transaksi pembelian secara manual dalam sebuah buku atau lembar kertas. Pembeli harus mengisi formulir dengan mencantumkan nama barang yang dibeli, jumlah, harga satuan, dan total harga. Setelah itu, pembeli harus membayar dengan menggunakan uang tunai atau cek.

Sistem kasir tradisional memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah mudah dipahami dan diterapkan oleh pemilik usaha, tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli perangkat teknologi atau sistem informasi, dan tidak terlalu tergantung pada teknologi. Kekurangan sistem ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencatat transaksi secara manual lebih lama dibandingkan dengan sistem kasir modern yang menggunakan komputer, tidak ada data yang tersimpan secara elektronik sehingga sulit untuk mengakses data transaksi yang lalu, dan tidak ada pembayaran secara elektronik yang tersedia.

 

Kelebihan

Kelebihan sistem kasir tradisional adalah:

  1. Mudah dipahami dan diterapkan oleh pemilik usaha, tidak membutuhkan pengetahuan khusus tentang teknologi atau sistem informasi.
  2. Tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli perangkat teknologi atau sistem informasi, sehingga cocok untuk bisnis kecil yang memiliki dana terbatas.
  3. Tidak terlalu tergantung pada teknologi, sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi gangguan pada perangkat teknologi.
  4. Dapat digunakan di mana saja, tidak terbatas pada wilayah atau negara tertentu.
  5. Dapat dioperasikan oleh siapa saja, tidak membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan teknologi.
  6. Dapat digunakan untuk bisnis apa saja, tidak terbatas pada bisnis tertentu saja.

 

Kekurangan

Kekurangan sistem kasir tradisional adalah:

  1. Waktu yang dibutuhkan untuk mencatat transaksi secara manual lebih lama dibandingkan dengan sistem kasir modern yang menggunakan komputer.
  2. Tidak ada data yang tersimpan secara elektronik, sehingga sulit untuk mengakses data transaksi yang lalu.
  3. Tidak ada pembayaran secara elektronik yang tersedia, sehingga pembeli hanya bisa membayar dengan menggunakan uang tunai atau cek.
  4. Lebih rentan terhadap kesalahan manual dalam mencatat transaksi, seperti salah menuliskan nama barang atau harga.
  5. Tidak dapat memberikan informasi yang akurat mengenai laporan keuangan, seperti laba atau rugi, karena tidak ada data yang tersimpan secara elektronik.
  6. Sulit untuk memantau perkembangan bisnis secara real time, karena tidak ada sistem yang dapat memberikan laporan secara otomatis.

Walaupun sistem kasir tradisional sudah kalah populer dengan sistem kasir modern yang menggunakan teknologi, sistem ini masih banyak digunakan oleh bisnis kecil atau usaha menengah yang tidak memiliki dana untuk membeli perangkat teknologi atau sistem informasi yang lebih canggih. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi dan semakin mudahnya akses terhadap perangkat teknologi yang lebih canggih, sistem kasir tradisional akan semakin tergantikan oleh sistem kasir modern yang lebih efisien dan memiliki kelebihan tambahan.

Kami menyediakan perangkat kasir terkini dengan teknologi mutakhir serta kualitas terjamin. Hubungi kami untuk informasi lebih rinci.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Rp 8.000.000
Rp 1.250.000
Rp 675.000
Rp 10.800.000
Rp (Hubungi CS)