Tuesday, June 15th 2021.

Motherboard!! Pahami setiap bagiannya

Motherboard!! Pahami setiap bagiannya

Motherboard!! Pahami setiap bagiannya

Motherboard!! Pahami setiap bagiannya Cepatnya perkembangan tehnologi membuat beberapa orang telah tergantung pada gadget. Smartphone, laptop, dan computer adalah gadget yang sering dipakai oleh beberapa orang sekarang ini untuk membantu pekerjaan mereka setiap hari.Walau computer seringkali ditemui, apakah anda ketahui bagian-bagian dari computer itu? Salah satunya sisi penting computer ialah hardware, dan dalam hardware ada elemen penting yang dimaksud motherboard.Motherboard adalah sisi paling penting dari mekanisme computer. Disini banyak bagian utama lain dari komputer digabungkan, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), memory dan connector untuk piranti input dan output.

Peranan Motherboard

  • Peranan motherboard yang pertama yakni sediakan tatanan letak terbaik, karena semua elemen pemrosesan yang perlu dari computer, seperti Central Processing Unit (CPU), memory mekanisme (RAM) dan kartu grafis, tertancap di motherboard. Dan, motherboard menyambungkan semua elemen ini. Ini dikenali sebagai Hub Elemen.
  • Motherboard mempunyai papan circuit, dan pada papan circuit ini direncanakan dengan lajur yang lain, yang dikenali sebagai buses. Peranan motherboard lewat lajur itu bermanfaat untuk mentransfer data ke semua elemen computer.
  • Peranan motherboard yang selanjutnya yakni mengendalikan dalam mengedarkan daya untuk beberapa bagian computer sesuai keperluan tiap sisi.
  • Peranan motherboard yang seterusnya sebagai pusat komunikasi ke semua elemen computer yang tersambung, baik langsung maupun tidak langsung. Motherboard menolong mengirim semua jalan raya data untuk semuanya sisi computer sama sesuai keperluan per sisi.
  • ROM (Read Only Memori) dipasang pada motherboard. ROM yang tersimpan pada praprogram dikenali sebagai BIOS (Basic Input / Output Sistem). Dan lewat BIOS ini peranan motherboard memberinya dana untuk proses booting saat menghidupkan daya computer Anda.
  • Peranan motherboard yang paling akhir yakni memungkinkannya menyambungkan bermacam elemen computer langsung atau mungkin tidak langsung. Ada banyak periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive, dan mouse. Yakni menyambungkan langsung ke motherboard lewat bermacam port, socket, dan connector.

Beberapa bagian Motherboard

1. Soket CPU

Soket CPU atau Prosesor Soket ini salah satunya sisi dari motherboard. Ada dua type soket yang umum dipakai, yakni LIF dan ZIF. LIF sendiri adalah soket mode lama ringkasan dari Low Insertion Force.
Sedang ZIF sebagai soket mode baru. ZIF sendiri sebagai ringkasan dari Zero Insertion Force. Sedang pada processor AMD memakai istilah sendiri yakni soket A.

2. Connector Power Suplai Unit

Connector power suplai unit adalah sebuah pin yang menghubungkan di antara motherboard dan power suplai pada suatu computer. Disamping itu, ada dua tipe connector power suplai, yakni AT dan ATX.
Untuk AT sendiri terdiri dari dua kabel atau baggian dari power suplai yang jadi satu. Sedang untuk ATX sendiri sebagai satu kabel power suplai yang ada pada satu header. Umumnya motherboard terkini sudah menggubnakan connector power suplai dengan type ATX.

3. BIOS atau Basic Input- Output Sistem

BIOS sendiri sebagai program dasar yang selalu dipakai di antara mekanisme operasi dan motherboard. BIOS sendiri ada pada ROM atau Read Only Memori. BIOS berikut yang mengendalikan bagaimana satu elemen dapat bekerja dengan tersambung pada motherboard.

4. North bridge controller

Peranan dari north bridge controller sendiri adalah untuk menyambungkan di antara soket CPU, Slots RAM dan slots AGP. Disamping itu, letak dari north bridge controller ini juga dekat sama processor, hingga north bridge controller sebagai salah satunya bagian utama yang ada di motherboard.

5. South bridge controller

Untuk south bridge controller mempunyai peranan untuk mengendalikan kerja paeripheral yang berada di computer. Seperti IDE controller, ROM BIOS, keyboard, mouse, USB, LAN, Modem dan peranan yang lain. South bridge controller juga sama dengan north bridge controller. Mereka adalah piranti atau bagian utama yang ada pada motherboard.

6. Slots RAM

Sama dengan namanya, bagian dari motherboard ini berperan untuk menyelipkan atau menempatkan RAM. Pada motherboard baru, mereka akan memakai tipe DDR3.

7. CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor

CMOS ini ialah battery yang ada di motherboard. Battery ini mempunyai peranan untuk memberinya daya pada suatu memory di motherboard yang mempunyai peranan sebagai seting komposisi.

8. Slots IDE dan SATA

IDE sendiri sebagai ringkasan dari Integrated Piranti Elektronik. Slots IDE sendiri mempunyai peranan untuk memberikan dukungan perangkay harddisk atau floppy disk.Sedang SATA atau Seri Advance Tecnology Attachment bermanfaat untuk menyambungkan seri ATA. Tetapi, di saat ini pada suatu motherboard ada ke-2  slots ini. Karena awalnya pada suatu motherboard cuman ada salah satunya slots saja.

9. Slots PCI

Slots ini kepanjangan dari Peripheral Component Interconnect. Peranan dari slots PCI ini adalah untuk menyelipkan Add-on Card LAN atau sound bahkan juga TV Tunner.

10. Slots AGP

Accelerated Graphics Port sebagai slots untuk memasukkan AGP Card yang berperan tampilkan grafis pada monitor computer. Letak dari slots AGP ini juga berdekatan dengan slots PCI. Bahkan juga ke-2  slots ini juga hampir serupa bila kamu tidak dapat membandingkannya.

Itulah tadi beberapa bagian dari motherboard serta fungsi fungsinya. Demikian Artikel kali ini trimakasih!

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Rp 2.900.000
Rp 2.700.000
Rp 1.800.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.300.000
Rp 1.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage