Monday, December 12th 2022.

Pencurian Digital di Masa Sekarang

Ilustrasi peretas

Pencurian digital di masa sekarang sudah bukan lagi jenis tindak kriminalitas yang biasa kita ketahui ketika mendengar kata ‘pencurian’. Tinndakan yang sekarang telah menjadi kabar berita sehari-hari ini ialah sebuah tindakan kriminalitas yang menyangkut keamanan data atau perangkat internet. Tindakan ini menyangkut keamanan data dan jaringan yang terhubung dengan koneksi internet. Pencurian data memang tetap dan masih saja dianggap sebelah mata oleh para pengguna internet masa sekarang. Jika kita telaah lebih dalam, data-data diri seperti identitas merupaka hal yang krusial kerahasiaannya. Kita tidak dapat dan tidak boleh dengan sembarangan memotret diri sembari menunjukkan kartu tanda penduduk di depan kamera. Hal ini bertujuan untuk nantinya identitas yang kita miliki tidak disalahgunakan untuk keuntungan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal demikian membuat geram tentunya tidak ada yang mau identitasnya tersebar begitu saja tanpa adanya persetujuan dan digunakan untuk merugikan. Kita bisa memanggilnya dengan sebutan peretas. Mereka menyelinap masuk ke dalam suatu koneksi internet yang terhubung dengan perangkat yang tersedia sehingga ini membuat data yang ada di dalamnya berada dalam ancaman bahaya.

 

Perlindungan Data Secara Digital

Melindungi data yang tersedia pada perangkat yang kita punya sudah menjadi semacam kewajiban tersendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sudah tentunya kita bisa membuat berbagai spekulasi mengenai hal ini yang menjadi suatu ketakutan tersendiri bagi kita sebagai pengguna. Mungkin ada yang menganggap remeh hal ini. Namun perlu untuk diingatkan sekali lagi bahwa identitas dan data yang kita miliki merupakan hal yang sungguh penting untuk dijaga setiap pergerakannya.

Kita perlu untuk dengan sadar secara penuh bahwa data yang kita miliki benar-benar berharga. Misalnya, mempertanyakan secara kritis mengapa kita perlu menyerahkan data identitas yang kita punya. Hal demikian merupakan langkah awal untuk keamanan data yang lebih dan tidak dengan smebarang tersebar.

 

Kontak Kami

View larger map kios barcode

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 6.200.000
Rp 10.500.000
Rp 1.400.000
Rp 4.800.000
Mesin Kasir Touchscreen EDELWEISS Type C (Cafe & Resto)

8%

Rp 7.500.000 8.150.000
Rp 7.000.000