Wednesday, May 3rd 2023.

PENGERTIAN CCTVPengertian CCTV, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

CCTV (Closed Circuit Television) adalah suatu sistem pengawasan berupa kamera yang terpasang dan terhubung dengan monitor atau perangkat lainnya. Sistem ini digunakan untuk memantau suatu area tertentu dan merekam aktivitas yang terjadi di dalamnya. CCTV dapat ditemukan di berbagai tempat seperti di rumah, perkantoran, toko, dan tempat-tempat umum seperti bandara atau stasiun.

FUNGSI CCTV

Fungsi utama dari CCTV adalah untuk mengawasi dan merekam aktivitas yang terjadi di suatu area tertentu. CCTV juga digunakan untuk memperbaiki keamanan dan keselamatan di area tersebut.

Beberapa manfaat dari penggunaan CCTV antara lain:

  1. Mencegah tindak kriminal dan pelanggaran hukum
  2. Mengidentifikasi pelaku kejahatan
  3. Meningkatkan keamanan dan keselamatan di tempat kerja
  4. Mengawasi anak-anak dan orang tua yang membutuhkan pengawasan
  5. Meningkatkan efektivitas pengawasan dan pengendalian di suatu area

JENIS-JENIS CCTV

  1. Analog CCTV CCTV analog menggunakan kabel koaksial untuk mengirimkan sinyal video dari kamera ke monitor. Sinyal analog ini kemudian dikonversi menjadi gambar oleh monitor. CCTV analog lebih murah daripada CCTV digital dan mudah digunakan.
  2. Digital CCTV CCTV digital menggunakan teknologi IP (Internet Protocol) untuk mengirimkan sinyal video melalui jaringan internet atau jaringan lokal. CCTV digital lebih fleksibel daripada CCTV analog karena dapat diakses dan dikontrol dari jarak jauh.
  3. Wireless CCTV CCTV wireless menggunakan teknologi nirkabel untuk mengirimkan sinyal video dari kamera ke monitor. CCTV wireless lebih mudah dipasang dan tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan kamera dan monitor.
  4. IP CCTV CCTV IP menggunakan teknologi jaringan IP untuk mengirimkan sinyal video melalui jaringan internet atau jaringan lokal. CCTV IP lebih fleksibel daripada CCTV analog karena dapat diakses dan dikontrol dari jarak jauh.

CARA KERJA CCTV

Cara kerja CCTV adalah sebagai berikut:

  1. Kamera CCTV mengambil gambar atau merekam aktivitas yang terjadi di suatu area tertentu.
  2. Sinyal video dari kamera dikirimkan ke DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder) melalui kabel atau jaringan internet.
  3. DVR atau NVR merekam dan menyimpan sinyal video dari kamera.
  4. Monitor menampilkan gambar atau video yang direkam oleh kamera.

Kamera CCTV juga dapat dilengkapi dengan sensor gerak atau detektor suara untuk memicu perekaman saat terdeteksi gerakan atau suara di suatu area. Selain itu, beberapa CCTV juga dilengkapi dengan fitur pengiriman alarm atau notifikasi ke pengguna ketika terdeteksi aktivitas mencurigakan di suatu area.

Kesimpulan :

CCTV merupakan sistem pengawasan yang digunakan untuk mengawasi dan merekam aktivitas di suatu area tertentu.Apabila ada yang kurang paham atau ada yang tidak sesuai mohon maaf.  Pastikan anda Membeli Peralatan kasir  di KiosBarcode yang pasti Original dan sudah terpercaya.

Kontak Kami

Kunjungi laman sosial media kami!

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • cs 1– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • cs 2– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 25.000.000
Rp 12.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.750.000