Monday, August 8th 2022.

Pengertian Jaringan, Beserta Fungsinya Hingga Jenis Jenisnya

Pengertian Jaringan, Beserta Fungsinya Hingga Jenis Jenisnya

 

Pengertian Jaringan, Beserta Fungsinya Hingga Jenis Jenisnya

 

Bisa dibilang bahwa manusia saat ini tidak bisa lepas yang namanya internet. Maka dari itu Internet memang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan manusia, yang berguna untuk mempermudah dalam berkomunikasi, dan mencari sebuah informasi, dan masih banyak lainnya. Dapat dilihat, bahwa hampir semua aspek pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari telah mengandalkan yang namanya internet. Dan sudah bukan rahasia umum lagi untuk mencari segala solusi dan jawaban di internet. Ketika kamu mencari resep masakan, mencari berita yang lagi hangat, bahkan ketika memesan barang ataupun produk tertentu, internet selalu dapat diandalkan. Tidak jarang pula, teknologi canggih yang satu ini dapat memisahkan seseorang dengan orang-orang yang ada disekitarnya. Sebagai pengguna internet, sudahkan kamu mengetahui apa itu jaringan internet?

Apa itu Jaringan Internet?

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Singkatan dari Interconnected Network ini memungkinkan kamu untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari siapa saja dan kapan saja.di mana semua tipe dan jenis komputer yang ada di seluruh dunia bisa terhubung dengan mudah denngan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan, internet merupakan sebagai jaringan yang sangat luas dan bisa digunakan siapa saja. Selain itu, internet juga bisa melibatkan berbagai jenis komputer dan berbagai jaringan yang berbeda-beda.

Apa Fungsi Internet?

Internet pada dasarmya sering digunakan untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi, dan mencari sebuah informasi dan mengerjakan tugas dan lainnya. Kita juga seringkali menggunakan internet bahkan setiap hari tentunya kita sangat membutuhkan internet untuk memudahkan kita sehari hari. diantaranya sebagai berikut:

1. Sebagai media komunikasi

Salah satu bukti begitu kuatnya penggunaan internet sebagai media komunikasi adalah munculnya berbagai situs media sosial, aplikasi whatsapp, twitter, facebook dan lainnya yang bisa semakin memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai media untuk akses informasi

Eranya internet juga bisa dikatakan dengan era keterbukaan, yang artinya kehadiran internet akan membuat orang-orang lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkannya. Bisa dikatakan apapun informasi yang ingin kalian cari, maka bisa dengan mudah didapatkan melalui jaringan internet.

3. Sebagai media bertukar sumber daya

Ada banyak juga orang yang ingin berbagi sumber daya ataupun data pada orang lain di seluruh dunia. Dan hal semacam ini biasanya dengan mudah dilakukan melalui internet. Beberapa data atau sumber daya yang sering dibagikan di internet di antaranya adalah karya tulis, gambar, video, foto, desain, dan lain sebagainya.

4. Sebagai media untuk akses berita

Dengan semakin banyaknya situs berita online, tentunya berbagai peristiwa terbaru yang lagi hangat bisa dengan mudah diketahui dengan mudah tanpa perlu beli koran.

jenis-jenis jaringan komputer

1) Local Area Network (LAN)

LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan seseorang untuk menghubungkan komputer pribadi dengan komputer lainnya dan workstatioan dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-saling bertukar informasi yang masih dalam satu area tersebut.

2) Metropolitan Area Network (MAN)

Hampir sama dengan LAN tetapi yang merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN juga dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat berhubungan kuat dengan jaringan Televisi Kabel. biasanya MAN digunakan dalam area 1 kota tertentu, bukan hanya satu lokasi saja.

3) Wide Area Network (WAN)

Jaringan WAN merupakan jaringan yang bisa mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mancakup sebuah negara atau bahkan antar benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan suatu Program-program (Aplikasi) pemakai, bisa dikatakan jaringan WAN merupakan jaringan internet yang kita kenal saat ini.

4) W.Lan ( Wireless Local Area Network)

Jaringan Nirkabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan tanpa menggunakan kabel. Saat ini jaringan Tanpa Kabel atau wireless sudah marak di gunakan oleh orang-orang dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. dengan adanya jaringan wireless sangat memudahkan penggunaan user untuk mengakses data yang di inginkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan kabel, misal pada saat di mobil / bepergian.

5) PAN (Personal Area Network)
    PAN Merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini tidak jauh hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. misalnya pada saat kita menghubungkan PC dengan Handphone, Heandset ataupun perangkat sejenis lainnya.
 Demikian Pengertian Jaringan pada Komputer, Fungsinya, hingga jenis jenisnya dan mungkin akan terus bertambah dengan seiringnya waktu yang berjalan. Semoga dapat membantu dan menambah ilmu Kamu.

Youtube Channel
KiosBarcode

Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Irman
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 1.500.000
Rp 800.000
Rp 13.500.000
Rp 12.500.000
Rp 700.000
Rp 1.250.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage