Tuesday, May 9th 2023.

Pengertian NAS Server dan Fungsinya

Pengertian NAS Server dan Fungsinya

NAS Server adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terhubung ke jaringan komputer untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi file secara efisien. NAS Server merupakan singkatan dari Network Attached Storage Server, dimana perangkat ini dapat dihubungkan ke jaringan LAN (Local Area Network) atau WLAN (Wireless Local Area Network) untuk memungkinkan akses dan pengelolaan file yang lebih mudah.

Fungsi dari NAS Server

untuk menyimpan dan mengelola data yang dapat diakses oleh banyak pengguna sekaligus dalam satu jaringan. Berbeda dengan penyimpanan data di dalam komputer atau laptop, pengguna dapat mengakses data pada NAS Server secara terpusat, sehingga memudahkan untuk berbagi data dan kolaborasi dalam sebuah tim.

Selain itu, NAS Server juga memiliki beberapa fungsi tambahan, antara lain:

  1. Backup Data NAS Server dapat dijadikan sebagai perangkat backup data terpusat yang aman dan terpercaya. Dengan menggunakan NAS Server untuk melakukan backup data, pengguna dapat menghindari kehilangan data yang penting akibat kerusakan atau kehilangan perangkat penyimpanan seperti harddisk atau flashdisk.
  2. Media Server NAS Server juga dapat dijadikan sebagai media server untuk mengelola dan memutar file multimedia seperti foto, video, dan musik. Dengan menghubungkan perangkat multimedia seperti TV atau sound system ke NAS Server, pengguna dapat menikmati koleksi multimedia mereka dengan mudah dan nyaman.
  3. Cloud Storage NAS Server juga dapat diintegrasikan dengan layanan cloud storage untuk memungkinkan pengguna mengakses data mereka dari mana saja dan kapan saja. Hal ini dapat mempermudah proses berbagi file dan kolaborasi dalam tim yang terpisah geografis.
  4. Akses Remote NAS Server juga memungkinkan pengguna untuk mengakses data mereka secara remote melalui internet. Pengguna dapat mengakses dan mengelola data mereka dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan perangkat seperti laptop atau smartphone.
  5. Keamanan Data NAS Server juga dapat diatur untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih baik terhadap data yang disimpan. Pengguna dapat mengatur hak akses dan level keamanan untuk setiap pengguna agar hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses data tertentu.

kesimpulannya

NAS Server merupakan perangkat penyimpanan data yang terhubung ke jaringan komputer untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi file secara efisien. NAS Server memiliki beberapa fungsi tambahan seperti backup data, media server, cloud storage, akses remote, dan keamanan data. Dengan menggunakan NAS Server, pengguna dapat menghemat waktu dan biaya dalam mengelola data mereka dan mempermudah proses berbagi file dan kolaborasi dalam tim.

Demikian Artikel Pengertian NAS Server dan Fungsinya semoga bermanfaat, Apabila ada yang kurang paham atau ada yang tidak sesuai mohon maaf.  Pastikan anda Membeli Peralatan kasir  di KiosBarcode yang pasti Original dan sudah terpercaya.

Kontak Kami

Kunjungi laman sosial media kami!

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • cs 1– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • cs 2– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 2.500.000
Mesin Kasir Aster (Paket A)

-11%

Rp 9.000.000 8.100.000
Rp 3.900.000
Rp 1.800.000
Rp 100.000
Rp 20.000.000