Wednesday, May 6th 2020.

Penjelasan Mengenai Power Supply LENGKAP!

Penjelasan Mengenai Power Supply

Pengertian Power Supply

Pengertian Power Supply secara umum adalah salah satu hardware yang ada di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya/pemasok listrik.

Power Supply membutuhkan sumber listrik yang setelah itu diubah menjadi energi yang menggerakkan suatu perangkat elektronik. Cara kerjanya sederhana yaitu dengan mengubah daya 120V ke dalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen-komponen tersebut.

Yang mana fungsi utamanya adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang kemudian diubah menjadi daya atau energi yang dibutuhkan komponen-komponen pada komputer seperti motherboard, CD Room, Hardisk, dan komponen lainnya.

Power Supply dibagi menjadi 2 tipe yaitu:

1.Power Supply/ Catu Daya Internal; yaitu power supply yang dibuat terintegrasi dengan motherboard atau papan rangkaian induk. Contohnya: TV, DVD Player,dsb power supply-nya menyatu dengan motherboard di dalam casing perangkat tersebut.

2.Power Supply/ Catu Daya Eksternal; yaitu power supply yang dibuat terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contohnya charger Laptop dan charger HP.

Fungsi Power Supply pada Komputer

Dalam bahasa Indonesia, Power Supply berarti Sumber Daya. Fungsi dari power supply adalah memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware.

Sumber energi listrik yang berasal dari luar masih berbentuk alternating current (AC). Energi listrik yang masuk ke power supply, maka energi listrik akan dikonversi menjadi bentuk Direct Current (DC). Daya DC ini kemudian disalurkan ke semua komponen yang ada di dalam casing komputer agar dapat bekerja.

Umumnya Power Supply terdapat kipas yang berguna untuk mendinginkan dari udara panas yang terdapat pada casing komputer. Pada power supply juga terdapat sebuah port untuk menghubungkan arus listrik ke power supply.

Jenis-Jenis Power Supply

Adapun jenis-jenis power supply adalah sebagai berikut:

1. Power Supply AT

Jenis power supply ini biasanya digunakan pada komputer – komputer jaman dulu seperti pada tipe Pentium II dan Pentium III pada tahun ’97. Sampai sekarang penggunaan Power Supply jenis AT ini sudah jarang digunakan pada perangkat komputer terbaru.

Penjelasan Mengenai Power Supply

Ciri-ciri power supply AT:

– Memiliki 8-12 terminal output yang terhubung pada motherboard komputer
– Biasanya power supply ini memiliki daya di bawah 250 watt
– Tombol on dan off nya terhubung dengan casing komputer, sehingga untuk mematikannya dilakukan secara manual pada saat shutdown di komputer.

2. Power Supply ATX

Power Supply jenis ATX ini merupakan model baru dari jenis AT. Power Supply ini memiliki desain yang lebih bagus dibandingkan jenis AT dan Power Supply jenis ATX ini mempunyai sumber pasokan daya yang lebih efisien dari pada power supply berjenis AT.

Penjelasan Mengenai Power Supply

Power Supply ATX kini sudah banyak digunakan pada komputer generasi terbaru yang pengoperasiannya bisa dikontrol dengan software yang terdapat di komputer. Sehingga bisa diatur dalam beberapa mode seperti sleep mode, standby mode dan Shutdown mode.

Ciri-ciri Power Suplly ATX:

– Memiliki 20 sampai 24 terminal output yang terhubungan dengan motherboard
– Memakai daya yang lebih besar
– Ketika PC di-shuttdown atau dimatikan maka power supply ini akan mati sepenuhnya

Komponen pada Power Supply

Mengingat power supply berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC dan menyalurkan daya kepada komponen-komponen komputer. Untuk itu maka dibutuhkan beberapa komponen, adapun komponen power supply adalah sebagai berikut:                                                                       0

1. Transformator

Komponen Transformator ini digunakan untuk memindahkan tenaga listrik antar dua rangkaian listrik atau lebih melalui induksi elektromagnetik.

2. Dioda

Ini adalah gabungan dari dua kata elektroda, yaitu anoda dan katoda. Sifat dari dioda yaitu menghantarkan arus pada tegangan maju dan menghambat arus pada aliran tegangan balik.

3. Kapasitor

Pada komputer Kapasitor ini berfungsi sebagai penyempurna penyerahan dari tegangan arus AC ke tegangan arus DC.

4. Resistor

Resistor adalah suatu perangkat yang berfungsi membantu Power Supply untuk menurunkan tegangan, membagi tegangan, dan membatasi arus listrik yang masuk, sehingga dapat mengontrol perangkat keras yang ada pada motherboard.

5. IC regulator

IC Regulator ini bertugas untuk mengatur tegangan pada rangkaian elektronika agar selalu tetap stabil

6. LED

LED pada Power Supply adalah komponen sejenis diode semikonduktor yang memiliki keistimewaan.

Penjelasan Mengenai Power Supply

Cara Kerja Power Supply

Ketika user menyalakan power pada komputer, power supply akan melakukan pemeriksaan dan tes terlebih dahulu sebelum menjalakan sistem komputer. Jika tes dan pemeriksaan sudah berjalan dengan baik maka power supply akan mengirimkan sinyal (power good) kepada motherboard sebagai pertanda bahwa sistem komputer siap untuk beroperasi atau siap digunakan.

Selanjutnya, power supply akan memberi daya sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan masing-masing komponen-komponen komputer tersebut. Selain untuk menyalurkan daya listrik ke komponen komputer, power supply juga dapat menjaga stabilitas arus listrik pada berbagai komponen tersebut.

Penjelasan Mengenai Power Supply

 

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

Rp 2.500.000
Rp 1.450.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 21.000.000
Rp 300.000
Rp 1.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage